Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PUSAT PENELITIAN DAN PELATIHAN IRIGASI ITRC California Polytechnic State University San Luis Obispo, California 93407 USA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PUSAT PENELITIAN DAN PELATIHAN IRIGASI ITRC California Polytechnic State University San Luis Obispo, California 93407 USA."— Transcript presentasi:

1 PUSAT PENELITIAN DAN PELATIHAN IRIGASI ITRC California Polytechnic State University San Luis Obispo, California USA

2 PERISTILAHAN DALAM MODERNISASI SALURAN Oleh : Ketua, Pusat Penelitian dan Pelatihan Irigasi (ITRC) Universitas Politeknik Negeri California Charles M. Burt, P.E., Ph.D.

3 Bangunan Pengontrol (atau juga disebut “Cross Regulator”) Suatu bangunan yang berada melintang di saluran untuk mengontrol baik ketinggian muka air (hulu/upstream atau hilir/downstream) atau debit aliran air Bangunan pengontrol tidak selalu mempunyai bagian yang bisa digerakkan. Air mungkin mengalir diatas bangunan, atau diatas/dibawah pintu bangunan tersebut.

4 Pintu Penyadapan (disebut juga “offtake”) Suatu bangunan yang mengalirkan debit aliran yang direncanakan dari suatu saluran atau pipa. Atau bisa disebut titik penyaluran (delivery point)

5 Manual Operasi atau pengamatan yang dilakukan oleh manusia (secara langsung). Disebut juga “pengamatan terbuka (open loop)” apabila mengacu ke fungsi pengendalian.

6 Otomatis Operasi atau pengamatan dilakukan tanpa campur tangan manusia. Disebut juga “pengamatan tertutup (closed loop)” apabila mengacu ke fungsi pengendalian.

7 Remote (Jarak Jauh) Suatu operasi atau tata kerja yang dilakukan dari jauh. Dengan modernisasi, hal ini biasa lebih dipahami melibatkan peralatan, bukan pada aksi yang dilakukan manusia di lapangan. Suatu sistim “remote” mempunyai signal terhubung dari lapangan ke kantor pusat atau dari kantor lapangan atau kedua arah

8 Pengamatan dari jarak jauh (Remote Monitoring) Merupakan aktifitas satu arah. Biasanya peralatan di kantor menampilkan atau mencatat beberapa aktifitas dilapangan. Sebagai contoh, yang biasa dilakukan adalah memonitor ketinggian muka air disatu titik dari jarak jauh. Hal ini tidak tentang “FREKUENSI” dari jumlah pengamatan. Bisa saja sekali dalam semenit atau sekali dalam sehari. Ada perbedaaan utama didalam peralatan dan kebutuhan komunikasi, tergantung dari frekuensi pengamatannya.

9 Contoh pengamatan dari jauh : CIMIS stasiun cuaca di California

10 Pengendali Jarak Jauh Pengendali yang menggerakan suatu alat dilapangan dari lokasi yang jauh (umumnya dari kantor) Hal ini dapat berupa otomatis atau manual.

11 Aquaduct di California adalah manual, pengendali jarak jauh dengan pengamatan dari jarak jauh.

12 Pengendalian Lokal Pengendalian untuk menggerakkan peralatan lapangan yang dilakukan ditempat tersebut (on-site). Hal ini dapat berupa otomatis atau manual

13 SCADA Pengawasan, Pengendalian dan Pengumpulan Data Ini mengacu pada suatu sistim dengan komponen ada di kantor dan di lapangan. Tetapi judul diatas tidak menunjukkan apakah hal ini : •Hanya pengamatan jarak jauh, atau •Pengamatan dan pengendalian, atau •Otomatis vs. kontrol manual

14 PLC Pengendalian Logika yang Terprogram Suatu perlatan komputer lokal yang mengambil data di lapangan (lokasi), untuk untuk mengendalikan dan memonitor kegiatan. Sensor, switch, modems, dan sumber tenaga (power suplay) dipakai pada PLCs.

15 HMI Hubungan antara Mesin dan Manusia Monitor dan keyboard digunakan operator untuk membaca nilai dan memasukkan nilai baru pada sistim SCADA. Hal ini juga sering menyesuaikan dengan software yang digunakan dalam komputer di kantor proyek untuk membangun tampilan dan mengorganisir data.

16 Kontrol Penyaluran •Apabila diaplikasikan untuk saluran dan rencana pemompaan, caranya : - Di kantor, petugas * Memonitor lokasi lahan yang direncanakan * Mampu merubah target kedalaman, tekanan, aliran dsb. •Pengontrol logika terprogram (PLC) dilapangan akan melakukan pengendalian secara aktual dan secara otomatis.

17 (lanjutan) Kontrol Penyaluran ITRC menggunakan filosopi ini untuk hampir seluruh sistim SCADA, hal ini disebabkan : •Peralatan lapangan terus bekerja secara otomatis sekalipun hubungan komunikasi terputus •Umumnya, seseorang memperoleh cukup alat pengontrol lokal dan independen •Ini relatif mudah bekerjanya.

18 Pengukuran Aliran Pengukuran debit aliran (volume/waktu) Pengukuran per satuan volume Pengukuran suatu volume air yang melalui titik tertentu. Beberapa alat meter aliran mampu menghitung total volume air; dibandingkan dengan cara lain yang harus memperkirakan volume air dengan asumsi bahwa debit aliran air konstan selama pengukur aliran.

19 Pengendalian Aliran Pengendalian debit aliran (sebagai kebalikan dari pengendalian muka/ketinggian air). Debit keluaran yang diinginkan diketahui, yaitu debit aliran sasaran.

20 Pengontrol Hulu (Upstream) Suatu bentuk pengontrol saluran (manual atau otomatis) yang berfungsi sebagai bangunan pengendali yang mempertahankan ketinggian muka air di bagian hulu (upstream) konstan/tetap.

21 Pengontrol Hilir (Downstream) Suatu bentuk pengontrol saluran (manual atau otomatis) yang berfungsi sebagai bangunan pengendali yang menjaga ketinggian muka air di bagian hilir (downstream) konstan/tetap.

22 Strategi mengontrol air

23 Dalam prakteknya

24 Ketinggian muka air Muka air tetap

25 Pelayanan Penyaluran Air Karakteristik dari suatu sistem penyaluran air ke konsumen di titik manapun pada suatu sistem Konsumen dari saluran utama adalah saluran sekunder. Konsumen dari saluran sekunder adalah saluran tersier, dan seterusnya.

26 Komponen Pelayanan Penyaluran Air •Keadilan (Equity) •Kepastian (waktu & jumlah) (Reliability) •Kemudahan (Flexibility) - Frekuensi - Debit Aliran - Durasi (lama penyaluran)

27 Pelayanan Penyaluran Air -Keadilan (Equity)- •Apakah semua pengguna (konsumen) menerima jumlah yang sama ? -Di sebagian besar areal dalam proyek ? -Didalam sub areal dalam proyek ? -Sepanjang saluran lateralnya ?

28 Pelayanan Penyaluran Air Kepastian (Ketepatan Waktu & Jumlah) •Jika “dijanjikan” apakah air pasti tersedia ? -Tanggal dan jam penyaluran air -Debit aliran dan volumenya •Ada dua skala waktu -Tahunan (volume/tahun, atau bulan dari operasi pertahun -Hari ke hari.

29 Pelayanan Penyaluran Air -Kemudahan (Flexibility)- •Frekuensi -Sekali dalam seminggu ? -Kapanpun diminta ? Apakah ini terjadwal tetap ? Seberapa lama permintaan/pemberitahuan sebelum air akhirnyadatang ? Seberapa Sering ? •Durasi Apakah debit aliran selalu sama tiap waktu penyaluran ? Apakah dimungkinkan debit diubah selama waktu penyaluran? Apakah ini kelipatan dari 24 jam ? Dapatkah irigasi dihentikan setiap saat ? •Debit aliran

30 Untuk suatu proyek irigasi •Keadilan (Equity) dan tepat waktu & jumlah (Reliability) adalah sangat penting dalam menciptakan keharmonisan di masyarakat •Flexibility adalah sangat penting untuk memberikan -Pemakaian air secara efisien -Hasil tanaman yang baik dengan penggunaan air yang minimum FLEXIBILITY di saluran utama juga perlu untuk memberikan keadilan (Equity) dan kepastian waktu & jumlah (Relability) di sebagian besar sistim saluran.

31 Schedule Penyaluran (umumnya menyesuaikan dengan penyaluran air pada penyadapan/turnout tingkat paling akhir) •Rotasi •Diatur •Sesuai Kebutuhan (permintaan)

32 Schedule Penyaluran - Rotasi - •Suatu penyaluran hanya dapat dibuat untuk satu orang sekali dalam suatu waktu. •Umumnya, ada jadwal waktu seorang per 10 harian atau lebih. •Biasanya, debit aliran dan durasinya tetap (fixed).

33 Schedule Penyaluran - Diatur- •Seseorang mengajukan permintaan penyaluran air pada tanggal dan waktu yang ditentukan •Seseorang dapat menentukan, sesuai aturan yang disepakati, berapa banyak debit aliran dan durasi yang diinginkan.

34 Schedule Penyaluran - Sesuai Kebutuhan - •Air dapat diperoleh oleh pengguna tanpa harus memberitahu siapapun. •Ini adalah seperti yang kita punya di kota (air PAM). Mungkin ada keterbatasan debit aliran, tetapi tidak ada pembatasan di dalam frekuensi atau durasinya.

35 Kebutuhan Komunikasi untuk Berbagai Schedule •Rotasi (Rotation) Hampir tidak diperlukan •Sesuai Kebutuhan (Demand) Komunikasi yang sangat baik diperlukan Hampir tidak diperlukan Peralatan harus sangat baik : mempunyai persyaratan khusus. •Diatur (Arranged) -Antara konsumen dan agen penyaluran -Antara kantor dan petugas lapangan

36 Sekian Perbendaharaan Modernisasi


Download ppt "PUSAT PENELITIAN DAN PELATIHAN IRIGASI ITRC California Polytechnic State University San Luis Obispo, California 93407 USA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google