Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS 1.Buatlah program menghitung luas persegi panjang! 2.Buatlah program menghitung luas lingkaran dengan jari-jari dimasukkan user. 3.Hitung jarak tempuh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS 1.Buatlah program menghitung luas persegi panjang! 2.Buatlah program menghitung luas lingkaran dengan jari-jari dimasukkan user. 3.Hitung jarak tempuh."— Transcript presentasi:

1 TUGAS 1.Buatlah program menghitung luas persegi panjang! 2.Buatlah program menghitung luas lingkaran dengan jari-jari dimasukkan user. 3.Hitung jarak tempuh S, dengan kec v, dan waktu t (detik), dengan rumus S = v * t. 4.Buatlah program konversi detik ke hari, jam, menit! – Rumus : 1 hari = detik; 1 jam = 3600 detik dan 1 menit = 60 detik.

2 PENGAMBILAN KEPUTUSAN ~PERCABANGAN~ Teknik Elektro – UIN Sunan Gunung Djati Bandung

3 Setelah ini, mahasiswa : •Menjelaskan tentang operator kondisi (operator relasi dan logika) •Menjelaskan penggunaan pernyataan if •Menjelaskan penggunaan pernyataan if-else •Menjelaskan penggunaan pernyataan if dalam if •Menjelaskan penggunaan pernyataan switch

4 Topik •Percabangan if •Percabangan if-else •Percabangan if-else if-else •Percabangan switch

5 PERCABANGAN/PENGAMBILAN KEPUTUSAN •Percabangan (branch) di dalam pemrograman digunakan oleh komputer untuk menentukan langkah kerja • Percabangan menggunakan operator kondisional yang akan menghasilkan nilai benar/true/1 atau salah/false/0. •Jika nilai yang dihasilkan benar, maka perintah akan dilaksanakan, •sedangkan jika salah, maka perintah tidak akan dilaksanakan.

6 Pengambilan Keputusan/percabangan •Pernyataan-pernyataan yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan/percabangan: – Pernyataan if –Pernyataan if-else –Pernyataan switch •Pernyataan-pernyataan diatas memerlukan suatu kondisi -> dibentuk dengan operator relasi dan/atau operator logika.

7 Contoh Kondisional •5 > 3 • 6 < 2 • 45 != 34 • (5 + 4) <= (3x3) • 6/7 >= 12/17 • 1 == 2 • 1 • 0 •bernilai benar (TRUE) •bernilai salah (FALSE) •bernilai benar (TRUE) •bernilai salah (FALSE) •bernilai benar (TRUE) •bernilai (FALSE)

8 Operator Relasional •Operator relasi menghasilkan kondisi BENAR atau SALAH

9 Contoh operator relasional

10 Operator Logika

11

12 Prioritas Operator Relasional

13 Perintah If •Perintah if dibedakan menjadi 3 bentuk : 1.If sederhana 2.If-else 3.Nested-if

14 If Sederhana •if sederhana adalah bentuk if dengan 1 cabang. •Pola : •Aturan: Jika kondisi bernilai 1 maka statement akan dikerjakan. 14 if (kondisi) statement

15 Flowchart If Sederhana

16 if sederhana : contoh 1 •Program untuk menentukan kelulusan. Dinyatakan lulus apabila nilai >= 60.

17 if sederhana : contoh 2 •Program menentukan cuaca. Apabila suhu > 27 maka cuaca panas.

18 if sederhana : contoh 3 •Program untuk memeriksa jawaban. Jika jawab = 0 berarti benar.

19 if sederhana : contoh 4

20 If-else •If-else adalah Bentuk if dengan 2 cabang. •Pola : •ATURAN : –Jika kondisi bernilai 1, maka Statement-1 yang dikerjakan. –Jika kondisi bernilai 0, maka Statement-2 yang akan dikerjakan. if (kondisi) statement-1 else statement-2

21 Flowchart If-else

22 If-else: contoh 1 •Program menentukan lulus/gagal.

23 If-else: contoh 2 •Program menentukan jawaban.

24 If-else: contoh 3 •Program menentukan vokal/konsonan

25 Percabangan if-else if-else •adalah bentuk if dengan banyak cabang. •Pola : if (kondisi-1) statement-1 else if (kondisi-2) statement else if (kondisi-n) statement-n else statement

26 Percabangan if-else if-else •Aturan –Jika kondisi-1 bernilai 1, maka statement-1 akan dikerjakan –Jika kondisi-1 bernilai 0, maka akan mengecek kondisi-2 –Jika kondisi-2 bernilai 1, maka akan mengerjakan statement-2 –Jika kondisi-2 bernilai 0, maka akan mengerjakan kondisi yang ada dbawahnya (begitu seterusnya sampai percabangan ke-n) –Dan jika pada kondisi-n bernilai 0 maka statement didalam else yang akan dikerjakan

27 Flowchart Percabangan if-else if-else 27 Logical expressio n Statements Y N Statements 2 Logical expressio n Statements 3 Y N

28 Percabangan if-else if-else: contoh 1 •Program menentukan cuaca.

29 Percabangan dengan switch •Perintah ini digunakan sebagai alternatif pengganti dari sintaks if … else secara sederhana dimana alternatif pilihan bisa lebih dari satu. • Namun switch tidak bisa digunakan untuk pilihan yang mengandung suatu kondisi tertentu. • Dengan perintah ini program percabangan •akan semakin mudah dibuat dan dipelajari

30 Statement switch switch (ekspresi) { case item-1 : statement-1; break; case item-2 : statement-2; break; statement-n; default : statement; 30

31 Evaluasi switch •Ekspresi akan dievaluasi, kemudian akan dicari item yang nilainya sama dengan nilai ekspresi. •Jika ditemukan item yang cocok, maka statement item tsb dieksekusi. •Jika tidak ada item yang cocok, maka statement default yang dieksekusi. •Item hanya boleh berupa konstanta. 31

32 Flowchart Switch

33 Contoh switch 33

34 Contoh switch 2 34

35 Nested IF •Pernyataan if di dalam if •Di dalam suatu pernyataan if (atau if-else) bisa saja terdapat pernyataan if (atau if else) yang lain. Bentuk seperti ini dinamakan sebagai nested if.

36 Nested If (IF bersarang)

37

38

39

40 Lets Practice.... Jangan hanya membayangkan kodingnya Lets Practice.... Jangan hanya membayangkan kodingnya Latihan.... Mencoba

41 Latihan 1. Buatlah program yang akan menerima 2 buah angka integer dan menentukan bilangan terbesar dari kedua angka tsb. 2. Buatlah program yang akan menentukan posisi saklar lampu (ON/OFF). Apabila user memasukkan nol berarti kondisi OFF, sedangkan jika memasukkan satu berarti ON. 41

42 5. Buatlah program yang akan meminta user memasukkan 3 harga barang. Apabila jumlah ketiga barang tersebut > , maka akan diberikan potongan 10% dari total harga. Setelah itu, tuliskan ke layar total harga yang harus dibayar user. 42

43 6. Buatlah program untuk memeriksa sebuah angka masukan user (tidak nol), termasuk negatif/positif dan genap/ganjil 43

44 Tugas 1.Buatlah program untuk mengecek apakah suatu segitiga sama sisi atau bukan, dengan input sisi dari user! 2.Buatlah program untuk mengetahui kuadran dari inputan koordinat x dan y! 3.Buatlah sebuah program untuk menentukan kondisi pintu air. User akan memasukkan sebuah nilai pecahan yaitu tinggi air (dalam meter). Apabila tinggi air 650m status SIAGA 1. 4.Buatlah algoritma dan flowchart untuk 3 soal di atas. (Ditulis tangan)

45 •No 1- 3 di demokan pada saat pertemuan selanjutnya. •No 4 dikumpulkan

46 Next Week •Perulangan (Looping)


Download ppt "TUGAS 1.Buatlah program menghitung luas persegi panjang! 2.Buatlah program menghitung luas lingkaran dengan jari-jari dimasukkan user. 3.Hitung jarak tempuh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google