Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

METODOLOGI YANG DIPAKAI DALAM PENGEMBANGAN KOSA KATA ( ISO 9000:2008) OLEH: ARY ARDIANSYAH (NIM : 122111031) MAGISTER MANAJEMEN PROGRAM PASCA SARJANA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "METODOLOGI YANG DIPAKAI DALAM PENGEMBANGAN KOSA KATA ( ISO 9000:2008) OLEH: ARY ARDIANSYAH (NIM : 122111031) MAGISTER MANAJEMEN PROGRAM PASCA SARJANA."— Transcript presentasi:

1

2 METODOLOGI YANG DIPAKAI DALAM PENGEMBANGAN KOSA KATA ( ISO 9000:2008) OLEH: ARY ARDIANSYAH (NIM : ) MAGISTER MANAJEMEN PROGRAM PASCA SARJANA UNIVERSITAS TRISAKTI 2013 DOSEN : PROF. DR. SYAMSIR ABDUH

3 A1. Pendahuluan A1. Pendahuluan  Keuniversalan aplikasi standar kelompok ISO 9000 mensyaratkan dipakainya - Uraian teknis tetapi tanpa pemakaian bahasa teknik, dan kosakata yang logis, dan - Konsisten serta harmonis mudah difahami oleh semua pemakai standar sistem manajemen mutu yang potensial

4 A.2 Isi lema kosakata dan aturan substitusinya A.2 Isi lema kosakata dan aturan substitusinya  Konsep membentuk satuan transfer antar bahasa, bukan pendekatan sastra pada penerjemahan yang dipilih.  Suatu definisi dibentuk dengan hanya menguraikan karakteristik yang penting untuk mengetahui konsepnya. Informasi tentang konsep yang penting tetapi tidak memerlukan uraian diletakkan pada satu atau lebih catatan pada definisi itu.  Tidak ada perubahan pengertian naskah bila sebuah istilah disubstitusikan oleh definisinya, tetapi bila definisinya rumit dalam pengertian bahwa definisi tersebut berisi sejumlah istilah, substitusi terbaik dilakukan dengan mengambil satu, atau tidak lebih dari dua definisi sekaligus.

5 A.3 Keterkaitan antar konsep dan gambaran grafisnya A.3 Keterkaitan antar konsep dan gambaran grafisnya A.3.1 Umum  Hubungan antar konsep didasarkan pada formasi hirarki dari karakteristik suatu spesies sehingga uraian yang terekonomis dari suatu konsep dibentuk dengan menamakan spesiesnya serta menguraikan karakteristik yang membedakannya dari konsep induk atau anaknya.  Terdapat tiga bentuk dasar dari hubungan konsep yang ditunjukkan dalam lampiran ini: generik (A.3.2), partitif (A.3.3) dan asosiatif (A.3.4).

6 A.3 Keterkaitan antar konsep dan gambaran grafisnya (cont’d) A.3 Keterkaitan antar konsep dan gambaran grafisnya (cont’d) A.3.3 Hubungan partitif  Konsep subordinat dalam hirarki merupakan bagian unsur dari konsep superordinatnya, misalnya musim semi, panas, gugur dan dingin dapat didefinisikan sebagai bagian dari konsep tahun. Sebagai pe mbanding, tidak patut untuk mendefinisikan cuaca cerah (salah satu karakteristik dari musim panas) sebagai bagian dari tahun.  Hubungan partitif digambarkan oleh garu tanpa anak panah (lihat Gambar A.2). Bagian tunggal digambarkan oleh satu garis, bagian ganda oleh garis ganda.

7 A.3 Keterkaitan antar konsep dan gambaran grafisnya (cont’d) A.3 Keterkaitan antar konsep dan gambaran grafisnya (cont’d) A.3.4 Hubungan asosiatif  Hubungan asosiatif tidak dapat memberikan keuntungan ekonomi dalam uraian seperti yang ada dalam hubungan generik dan partitif, tetapi hubungan asosiatif membantu dalam menunjukkan sifat hubungan antara konsep satu dengan yang lain dalam sistem konsep,misalnya sebab dan akibat, kegiatan dan tempat, kegiatan dan hasil, alat dan fungsi, bahan dan produk.  Hubungan asosiatif digambarkan oleh garis panah pada tiap ujungnya (lihat Gambar A.3)

8 A.4 DIAGRAM KONSEP KONSEP YANG BERKAITAN DENGAN MUTU  Konsep Mutu adalah berawal dari tujuan memuaskan Pelanggan secara mutu dimana terdapat derajat / kategori yang telah dipenuhi persyaratannya.  Pemenuhan persyaratan, derajat dan mutu tidak terlepas dari kompetensi dan kapabilitas suatu individu dan organisasi, sehingga dengan demikian kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama dapat terpenuhi.

9 A.4 DIAGRAM KONSEP KONSEP YANG BERKAITAN DENGAN MANAJEMEN  Konsep berkaitan dengan Manajemen adalah berawal dari perumusan sistem manajemen mutu yang didalamnya berisi kebijakan mutu dan sasaran mutu yang ditetapkan oleh top manajemen.  Manajemen mutu yang telah ditetapkan terbagi menjadi beberapa bagian / strategi diantaranya perencanaan mutu, pengendalian mutu, pemastian mutu (melihat efektivitasnya), dan perbaikan mutu yang berkesinambungan (melihat efektivitas dan efisiensinya).

10 A.4 DIAGRAM KONSEP KONSEP YANG BERKAITAN DENGAN ORGANISASI  Konsep berkaitan dengan Organisasi adalah berupa struktur organisasi yang dibentuk, prasarana, dan lingkungan kerja atas dasar desakan dari pihak2 yg berkepentingan terhadap organisasi tersebut.  Adapun pihak2 yang berkepentingan adalah dapat berupa pelanggan dan pemasok yang diikat dengan perjanjian kontrak dengan organisasi yang terkait.

11 A.4 DIAGRAM KONSEP KONSEP YANG BERKAITAN DENGAN PROSES DAN PRODUK  Konsep berkaitan dengan proses dan produk berawal dari target produk yang ingin dihasilkan dilihat dari perspektif mutu pelanggan yang berawal dari suatu proses produksi.  Meliputi proses desain dan pengembangan, prosedur hingga proses suatu proyek dalam mewujudkan suatu hasil produk yang memenuhi harapan pelanggan.

12 A.4 DIAGRAM KONSEP KONSEP YANG BERKAITAN DENGAN KARAKTERISTIK  Konsep yang berkaitan dengan karakteristik merupakan konsep yang menjelaskan karakteristik mutu yang berkaitan dengan suatu persyaratan, dimana di dalamnya terkandung karakteristik ketergantungan (kinerja keandalan, mampu rawat, dan dukungan perawatan) dan ketertelusuran (mampu ditelusuri riwayat, aplikasi atau lokasi yang sedang dipertimbangkan).

13 A.4 DIAGRAM KONSEP KONSEP YANG BERKAITAN DENGAN KESESUAIAN  Konsep dimana persyaratan yang ditetapkan telah dipenuhi (kesesuaian), namun kadangkala terdapat ketidaksesuaian terhadapa persyaratan yang ditetapkan. Hal ini dapat disebabkan oleh adanya cacat produk yang tidak sesuai dengan persyaratan.  Ada beberapa tindakan dalam hal ketidaksesuaian yaitu: 1.tindakan pencegahan 2.tindakan korektif yang berupa penyingkiran dan koreksi (reparasi, rework, regrade). 3.konsesi (berupa izin penyimpangan dan pelepasan)  Lihat gambar 4 tentang konsep yang berkaitan dengan kesesuaian

14 A.4 DIAGRAM KONSEP KONSEP YANG BERKAITAN DENGAN KESESUAIAN

15 A.4 DIAGRAM KONSEP KONSEP YANG BERKAITAN DENGAN DOKUMENTASI  Konsep yang berisi informasi manajemen mutu yang tertuang dalam dokumen dan berisi spesifikasi, pedoman mutu, rencana mutu, rekaman, dan prosedur.

16 A.4 DIAGRAM KONSEP KONSEP YANG BERKAITAN DENGAN PEMERIKSAAN  Konsep determinasi pemeriksaan manajemen mutu dimana didalamnya terdapat bukti obyektif yang terverifikasi atau tervalidasi.  Determinasi pemeriksaan dapat juga berupa tinjauan kegiatan, inspeksi atau uji.

17 A.4 DIAGRAM KONSEP KONSEP YANG BERKAITAN DENGAN AUDIT  Suatu konsep yang berupa program pengauditan sistem manajemen mutu yang telah diterapkan suatu organisasi.  Audit dilaksanakan atas permintaan dari klien audit kepada auditi dan dilakukan oleh tim auditor yang berkompeten di bidangnya (didalamnya terdapat tenaga ahli teknis).  Proses audit berawal dari penentuan ruang lingkup audit, rencana audit, dan kriteria audit.  Setelah pelaksanaan audit, maka dikemukakan temuan audit beserta dengan bukti audit (yang relevan dan telah diverifikasi) dari tim auditor kepada auditi dan atau klien audit yang berakhir dengan kesimpulan audit untuk ditindak lanjuti  Lihat gambar A.12 Gambar Konsep yang berkaitan dengan Audit

18 A.4 DIAGRAM KONSEP KONSEP YANG BERKAITAN DENGAN AUDIT

19 A.4 DIAGRAM KONSEP KONSEP YANG BERKAITAN DENGAN PEMASTIAN MUTU UNTUK PROSES PENGUKURAN  Konsep ini berkaitan dengan sistem manajemen pengukuran yang didalamnya berupa konfirmasi metrologik peralatan ukur, proses pengukuran, fungsi metrologik, dan karakteristik metrologik.

20 A.4 DIAGRAM KONSEP KONSEP YANG BERKAITAN DENGAN PEMASTIAN MUTU UNTUK PROSES PENGUKURAN  Konsep ini berkaitan dengan sistem manajemen pengukuran yang didalamnya berupa konfirmasi metrologik peralatan ukur, proses pengukuran, fungsi metrologik, dan karakteristik metrologik.

21 Terima kasih


Download ppt "METODOLOGI YANG DIPAKAI DALAM PENGEMBANGAN KOSA KATA ( ISO 9000:2008) OLEH: ARY ARDIANSYAH (NIM : 122111031) MAGISTER MANAJEMEN PROGRAM PASCA SARJANA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google