Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rancang Bangun Aplikasi Pada Toko Sembako Muhammad Faris Zati Waridi Program Studi Sistem Informasi STIKOM Surabaya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rancang Bangun Aplikasi Pada Toko Sembako Muhammad Faris Zati Waridi Program Studi Sistem Informasi STIKOM Surabaya."— Transcript presentasi:

1 Rancang Bangun Aplikasi Pada Toko Sembako Muhammad Faris Zati Waridi Program Studi Sistem Informasi STIKOM Surabaya.

2 Abstract • Farila Shop is a business in the sale of food or daily necessities. Farila shop have two types of customers are regular customers and businesses, as the growing customer Farila shop area, is a potential in providing daily needs for its customers. Over time of course, the store owner wants farila supported by an application that is able to present the report in realtime. With the support of the role of information technology today is very help provide the results needed by the store Farila in presenting the report. • Keywords : daily necessities

3 Latar Belakang • Toko Farila adalah usaha yang bergerak dibidang penjualan sembako atau barang kebutuhan sehari-hari. Barang yang disediakan adalah barang dengan kebutuhan primer misal beras, minyak goreng, sabun mandi, sampo rambut, pasta gigi, mie instan, dll yang intinya menjadi kebutuhan utama dari setiap orang dan tidak menyediakan snack, minuman ringan dan kebutuhan-kebutuhan yang tidak memiliki reapeat order cepat. Dalam pemasarannya, toko Farila membagikan brosur di daerah sekitar. • Toko Farila memiliki 2 jenis pelanggan, pelanggan rumah tangga dan pelanggan usaha contohnya seperti rumah makan. Seiring bertambahnya penghuni didaerah sekitar toko akan menjadi potensi bagi toko Farila dalam menyediakan kebutuhan pokok yang lebih banyak lagi karena akan berdampak juga pada omset toko Farila. Selama perjalanannya ternyata pemilik usaha kesulitan dalam mengumpulkan data pelanggan, mencatat berapa kali pelanggan bertransaksi dengan toko Farila, melihat laporan keuangan dalam periode tertentu dan jumlah stok barang secara realtime. Dengan permasalahan yang dialami oleh pemilik usaha, maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat membantu pemilik usaha dalam melayani kebutuhan pelanggan dan meningkatkan omset penjualannya. • Saat ini peranan teknologi informasi diperlukan dalam dunia bisnis sebagai alat bantu dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan, sehingga teknologi informasi banyak digunakan para usahawan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja, karena keuntungan menerapkan teknologi informasi diantaranya adalah proses otomatisasi dalam hal penyimpanan data dan penyajian informasi yang lebih cepat. Penerapan IT ini akan sangat menghemat biaya di semua aspek, baik tenaga kerja, proses, maupun manajemen. • Peran dari aplikasi tersebut adalah menyimpan semua daftar transaksi pada toko dan proses otomatisasi dari seluruh data yang ingin dipakai oleh toko Farila dalam menyajikan laporan penjualan berdasarkan periode tertentu, laporan penjualan dan omset berdasarkan tanggal, laporan penjualan berdasarkan pelanggan, laporan penjualan berdasarkan barang dan kategorinya, laporan stok barang yang tersedia, laporan stok opname, laporan profit berdasarkan periode tertentu. • Dengan menerapkan aplikasi tersebut diharapkan mempermudah pemilik usaha dalam melayani kebutuhan pelanggan dan meningkatkan omset penjualannya.

4 Metode Teknologi Informasi • Teknologi informasi (Information Technology) biasa disingkat TI, IT atau infotech. Teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu pengguna bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi. Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim dan menyebarkan informasi. • Dari definisi diatas terlihat bahwa teknologi informasi baik secara implicit maupun eksplisit tidak sekedar berupa teknologi komputer, tetapi juga teknologi komunikasi. Dengan kata lain, yang disebut teknologi informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi.

5 Metode Pembelian • Pembelian adalah sebuah proses untuk mendapatkan suatu produk baik secara tunai maupun kredit yang dilakukan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk memenuhi kebutuhannya. Kebutuhan yang dimaksud bisa untuk dikonsumsi atau dijual kembali.

6 Metode Penjualan • Dalam dunia perdagangan, faktor kunci yang sangat menentukan dalam mendukung aktifitas usaha, adalah penjualan. Faktor inilah yang menjadi kunci sekaligus indikator apakah sebuah usaha perdagangan dapat dikatakan mengalami kemajuan atau sebaliknya, mengalami kemunduran. Bahkan bila dikaitkan dengan proses produksi dalam suatu perusahaan, hampir bisa dipastikan tanpa adanya penjualan atau pemasaran dari produk yang dihasilkan, perusahaan tersebut akan mengalami kerugian. • Penjualan adalah suatu kegiatan yang terpadu untuk mengembangkan rencana-rencana strategis yang diarahkan pada usaha pemuasan kebutuhan dan keinginan pembeli, guna mendapatkan penjualan yang menghasilkan laba.

7 Metode Persediaan • persedian adalah suatu aktiva yang meliputi barang- barang milik perusahaan dengan maksud untuk dijual dalam suatu periode usaha yang normal. Setiap perusahaan, apakah perusahaan itu perusahaan perdagangan ataupun perusahaan pabrik serta perusahaan jasa selalu mengadakan persediaan. • Tanpa adanya persediaan, para pengusaha akan dihadapkan pada resiko bahwa perusahaannya pada suatu waktu tidak dapat memenuhi keinginan pelanggan yang memerlukan atau meminta barang/jasa. Persediaan diadakan apabila keuntungan yang diharapkan dari persediaan tersebut hendaknya lebih besar daripada biaya biaya yang ditimbulkannya.

8 Rancangan Sistem


Download ppt "Rancang Bangun Aplikasi Pada Toko Sembako Muhammad Faris Zati Waridi Program Studi Sistem Informasi STIKOM Surabaya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google