Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUSDALIFAH DJ. Jika anda mempertimbangkan untuk mempekerjakan pihak luar agar membangun dan memerihara situs web Anda, Anda harus memutuskan apakah akan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUSDALIFAH DJ. Jika anda mempertimbangkan untuk mempekerjakan pihak luar agar membangun dan memerihara situs web Anda, Anda harus memutuskan apakah akan."— Transcript presentasi:

1 MUSDALIFAH DJ

2 Jika anda mempertimbangkan untuk mempekerjakan pihak luar agar membangun dan memerihara situs web Anda, Anda harus memutuskan apakah akan mempekerjakan pihak luar untuk keseluruhan proyek atau hanya sebagian saia (jika demikian, bagian yang mana). Anda juga harus memutuskan apakah akan menggunakan pemasok atau sumber daya dari perusahaan Anda sendiri.

3 Bekerja dengan pemasok dalam industri e-commerce memiliki keluaran dan masukan, dan mengetahui cara menemukan dan bekerja dengan perusahaan yang baik merupakah hal yang hakiki. Anda perlu mengetahui untuk menyajikan kebutuhan Anda dengan baik, sehingga calon pemasok bisa memberikan usulan yang baik, cara menaksir pengalaman mereka, dan cara membangun hubungan yang baik sehingga proyek berjalan mulus. Menjaga hubungan dengan pemasok juga penting jika Anda ingin pemasok itu memelihara situs Anda, atau mendukung Anda ketika Anda siap untuk melakukan pemelihara an daram perusahaan Anda sendiri.

4 Menaksir Kebutuhan Anda Jenis toko yang Anda butuhkan (atau Anda sama sekali tidak membutuhkannya) bergantung pada faktor-faktor, seperti jangkauan proyek (proyek yang lengkap dari awal hingga akhir, atau hanya membuat beberapa modifikasi, meningkatkan fungsionalitas, atau membuat grafis baru). Ukuran anggaran Anda (dan bagaimana dibandingkan dengan iangkauan proyek Anda) harus dipertimbangkan bersamaan dengan tingkat keahlian yang bisa Anda atau tim Anda berikan kepada proyek.

5 Mempertimbangkan Sumber Luar dan Sumber Dalam Ingat bahwa dalam perusahaan yang memiliki banyak bagian, sebagai tambahan untuk opsi sumber luar (mempekerjakan perusahaan luar untuk suatu tugas), Anda memiliki opsi sumber dalam (menugaskan bagian proyek ke bagian di dalam perusahaan. Misalnya, mungkin Anda memiliki bagian grafis sendiri untuk melakukan grafis dan bagian teknik untuk menggarap pemrogramannya.)

6 Menggunakan Produk Microsoft untuk Memudahkan Kolaborasi Produk-produk Microsoft menawarkan seiumlah solusi untuk meniaga agar kelompok keria tetap berada di jalurnya dan berkomunikasi. Microsoft Exchange Seruer menyediakan program untuk komunikasi bisnis dan menawarkan administrasi yang murah seraya memungkinkan fasilitas kolaboratif. Microsoft Office dan komponennya, Microsoft Outlook, Project, dan Microsoft NetMeeting menawarkan akses online untuk berbagi jadwal, daftar kontak, dan tanggung jawab proyek. Project itu sendiri bisa merupakan alal manajemen yangberharga; fasilitas manajemen proyek akan membantu Anda melacak tugas dan proyek secara efektif. Anggota tim atau petugas kantor yang bekerja pada lingkungan Project bisa dengan mudah berbagi jadwal, perangkat lunak, informasi, dan dokumen. Fasilitas penjadwalan harian dari Outlook juga bisa disimpan untuk dilihat melalui intranet. (Lihat Lampiran untuk mengetahui lebih banyak tentang intranet.)

7 Pada tingkat yang lebih tinggi, Microsoft Visual SourceSafe menyediakan alat kolaborasi untuk digunakan anggota tim ketika pembangunan. Menggunakan Visual SourceSafe, anggota tim bisa mengembangkan isi web. Kode, dan file pendukung dalam lingkungan yang sama, kemudian menyebarkan file secara langsung ke situs web. Kontrol versi adalah isu utama dalam kolaborasi tim anggota tim yang mengerjakan dokumen atau file yang sama, perlu memastikan bahwa mereka tidak mengaduk perubahan yang mereka buat ketika mereka sedang menggarapnya. Visual SourceSafe menyediakan kemampuan kontrol versi yang mudah digunakan dan menghasilkan juga peta situs serta link penguji secara otomatis.

8 Apa, Siapa di Antara Toko dan Pengembang Apakah Anda memilih kontraktor pembangunan untuk memodel ulang rumah, atau kontraktor web untuk membangun situs web Anda, Anda akan mendapatkan kenyataan bahwa perusahaan itu terentang di antara yang berukuran besar hingga kecil. Mereka semua menawarkan derajatlayanan yang bervariasi. Masing-masing mendekati proses pembangunan dari sudut pandangnya sendiri yang unik, dan akan memberikan rekomendasi tentan g apa yang perlu dilakukan di situs Anda. Marilah kita melihat selintas pada kategori umum toko web dan kontraktor.

9 Apakah ISP dan IPP? Andabarangkali memiliki ISP. ISP Anda itu merupakan perusahaan yang menyediakan akses ke Internet. Perusahaan tersebut juga menawarkanperangkat lunak yang bisa Anda gunakan untuk mem-browse web, atau serta barangkali layanan lainnya. Mungkin Anda mengenali nama ISP besar seperti Earthlink, MindSpring, dan America Online; ISP regional yang lebih kecil juga terdapat di berbagai area. Kebanyakan ISp menawarkan opsi kepada pelanggan mereka untuk membuat situs web gratis yang host di server ISp itu. Banyak orang membuat situs web pribadi menggunakan layanan ini namun, membuat pajangan yang tampil lengkap untuk usaha e-commerce berukuran menengah dan besar bukanlah opsinya. Ruang server yang ditawarkann ISP tidak cukup untuk menampung situs besar, dan biasanya ISp tidak akan mengizinkan pelanggan mencakupkan jenis pemrograman dan fasilitas front end yang diperlukan untuk meniual serta e-commerce jenis lain.

10 Internet Presence Provider (IPP) menawarkan rerrtangan layanan yang lebih luas kepada klien mereka dibanding ISp. Biasanya mereka menawarkan opsi yang dahsyat untuk hosting, seringkali disertai dengan rancangan, pelaksanaan, bahkan layanan konsultasi. Jadi, Ipp menyediakan sajiandi Internet, bukannya sekadar layanan untuk sampai ke Internet. Kadang-kadang perusahaan yang menyebut dirinya IPP hanya menyediakan host yang lebih menyeluruh, tetapi tanpa pengembangan rancangan, atau implementasi. Jika begitu, Anda bisa mengontrak perusahaan lain untuk layanan itu atau dilakukan sendiri oleh karyawan Anda.

11 Jika Anda mengharapkanlayanan penuh dari Ipp untuk melakukan pengembangan, perancangan, dan implementasi, tanyalah perusahaan bersangkutan apakah telah memiliki rim perancang (dan barangkali juga rim isi) yang bekerja secara terpisah dari tim hosting dan implementasi teknis. Teknisi bukanlah perancang, dan meminta pemrogram yang merancang untuk membuat tata letak

12 Situs web tampaknya tidak akan memberikan hasil tampilan yang prof-esional. Beberapa pertanyaan kunci yang perlu diajukan ke Ipp:  Layanan apa yang diberikan Ipp bersangkutan?  Berapa persen waktu yang dihabiskan untuk layanan yang mana?  Berapa banyak anggota staf yang ada pada rayanan kreatif seperti rancangan dan isi? siapa saja dan seberapa jauh jangkauan tanggung jawab jawab mereka dalam sebuah proyek?  Keterampilan dan p.rgrtr_u. apa yangmereka gunakan dalam peran mereka? Untuk mendapatkan manfaat dari layanan kreatif, perlukah mengontrak layanan host?  Adakah paket yang memadai untuk keduanya atau untuk masing-masing?

13 Apa yang Dilakukan Agen pemasaran dan lklan Agen pemasaran dan iklan sering memiliki bagian, kreatif yang mengolah kata dan image menjadi kampanye dahsyat untuk menjual segala sesuatunya, dari popok hingga kandidat politik. (Kadang-kadang mereka melakukan sub kontrak untuk tugas aktual kepada perusahaan perancangan dan hanya menyediakan strateginya.)

14 Karena mereka juga melihat web sebagai medium (sebagai tambahan untuk teve, media cetak, atau radio) yang memiliki audiensi besar untuk dijadikan sasaran pasar. kebanyakan agen iklan besar sekarang memiliki bagian, atau men subkontrakkan pada perusahaan yang mengkhususkan diri pada pembuatan sajian Internet. Mempekerjakan agen iklan atau pemasaran untuk membuat pesan branding e-commerce bermanfaat bagi perusahaan yang memiliki anggaran untuk itu. Jika sebelumnya Anda telah memakai paru agen mereka, dan memiliki orang-orang yang kreatif, maka mereka mungkin tahu pesan dan gaya Anda.

15 Akan tetapi bila Anda hanya berencana agar mereka melakukan implementasi untuk situs, tanyalah kepada diri sendiri dan agen itu tentang latar belakang mereka dalam e-commerce. Ada perbedaan besar antara membuat iklan atau brosur dengan menghasirkan situs web yang menarik dan berfungsi mulus Banyak perancang yang telah merancang bertahun-tahun untuk media cetak, ketika melihat situs web tetnyata berpikir, tidak bisa melakukannya karena web secara keseluruhan merupakan binatang dengan tantangan dan keterbatasan yang khas. Pertanyakan kepada agen dan perancang dengan Anda. Nanti, dalam bab ini juga, Anda memperalajari lebih banyak tentang pertanyaan yang seharusnya Anda ajukan dalam menaksir siapa pun yang cocok dengan usaha Anda.

16 Jika agen iklan yang telah bekerja dengan Anda pada dasarnya memang ahli mengenai web, mempekerjakan mereka untuk membuat situs Anda merupakan jalan sukses untuk membuat saiian branding menyeluruh dengan pesar tepat yang disampaikan di semua media.

17 Apa yang Dilakukan Toko Web Khusus Beberapa perusahaan mengkhususkan dirinya dalam pembuatan atau pembangunan situs web (tanpa menawarkan host atau menyediakan keseluruhan kampanye iklan atau pemasaran). perusahaan-perusahaan ini mempunyai berbagai konfigurasi dan rentangan dalam ukurannya, dari yang besar (dikenal sebagai toko web yang melayani klien besar) hingga yang kecil, bahkan mereka yang hanya berupa operator independen. Beberapa perusahaan kecil dan independen di-backup oleh organisasi 'virtual, dalam arti mereka mengumpulkan para freelancer, atau perusahaan kecil lainnya sesuai dengan kebutuhan proyek tertentu. Memilih opsi di sini perlu melihat anggaranAnda, berapa lama yang Anda miliki untuk mengelola layanan sumber luar. Sepertibiasanya Iuga, perlu melihat pada apa yang Anda tentukan sebagai sasaran situs Anda.

18 Perusahaan perancangan yang eksklusif dan inovatif (organic online, Razorfish, dan lainnya) menyertakan staf yang berbakat, dan terlatih serta tahu trik rancangan yang ampuh. Mereka juga mempunyai banyak pesanan dan mahal, sefia bisa saja menolak pekerjaan yang mereka rusa tidak akan memperkuat klien portfolio mereka. Perusahaan besar (yang terkenal maupun tidak) seringkali menyefiakan account managetl personil pemasaran dan kreatif, pemrogram, pengembang database, produser video dan suata, seniman, tiporafer, dan perancanglain, serta secara umum kru dari pembuat kode HTML. Meskrpun korporasi yang memiliki anggaran besar mungkin memilih perusahaan macam ini, tetapi perusahaan kecil (atau yangtidak menyediakan anggaran besar untuk itu) secara umum seyogianya memilih opsi yang lebih

19 Toko web yang lebih kecil, barangkali dengan lima hingga 20 karyawan terap, kadang berfokus pada gaya tancangan khusus, atau paii jenis klien rerrentu. Barangkali mereka melakukan tugas teftentu, seperti merancang dan mengimplementasikan, hanya dengan staf tetap. Mereka bisa juga menjadi subkontrak untuk tugas tertentu, seperti konversi dari file suara dan video menjadi format yang sesuai dengan web, pelaksanaan pemrogfaman dan pengembangan database, atau pengkodean HTML. Ketika Anda membuat kontrak dengan toko macam ini, mereka mungkin membentuk tim kecil yang ditugaskan untuk menghasilkan situs Anda. Tim ini mungkin mencakup spesialis manapun yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas, seperti:

20  Produser dan manajer proyek untuk mengelola proses perancangan dan produksi  Perancang atau direktur kreatif untuk membuat look and feel situs seniman untuk membuat atau menyunting grafis situs (dengan pengarahan dari perancang)  Pemrogram untuk mengkodekan script yang diperlukan untuk membuat formulir, papan pesan, area chatting, dan aplikasi lain yang dijalankan di situs staf produksi, atau pembuat kode HTML, untuk mengkonversikan kerja perancang, seniman, dan penulis naskah ke HTML.

21 Kebanyakan inisiatif e-commerce akan memilih bekerja dengan toko web kecil, sedang, atau besaq ketimbang dengan agen iklan yang besar. Untuk melakukan pemilahan tentang cara pendekatan, mendapatk an manfaat, memilih, dan bekerja dengan toko web dari ukuran atau jenis apapun, simak terus pembahasan berikut.

22 Tentang Kontraktor lndependen operator independen yang sangat kecil dalambisnis toko web kadanghanya terdiri dari pemiliknya sendiri, satu-satunya orang yang melakukannya orang itu mungkin punya kemampuan yang sama dengan freelancer dari toko web kelas menengah.

23 Jika Anda memutuskan untuk bekerja dengan memutuskan untuk berunding, menawar 10 hingga 30 persen dari usulan toko merupakan hal yang masuk akar, dibandingkan dengan toko yang memberi tawaran lebih rendah Akan tetapi, menawar rendah yang seringkali bisa membuat segala sesuatunya menuju ke tempat yang salah. Untuk membuat negosiasi lebih mudah, Anda bisa meminta perkiraan biaya untuk berbagai bentuk (terlalu banyak untuk bagian ini, berapa untuk itu, dan sebagainya)

24 Anda bisa meninjau ulang rencananya selain itu, jika Anda men dapatkan tawaran yang melampaui anggaran tetapi Anda ingin bekerya dengan pemasok tersebut karena alasan tertentu, Anda bisa memint bantuan pemasok itu untuk melakukan peninjauan ulang dan menentukan di manakah Anda harus mengadakan penyesuaian agar pas dengan anggaranAnda. Mungkin Anda bisa melakukan sendiri scan terhadap hiasan Anda, misalnya, atau mengandalkan proses persetujuan dua langkah ketimbang harus mondar-mandir untk mendapatkan persetuiuan dari empat kepala bagian lebih dulu.

25 Mendapatkan Rujukan yang Berharga Kepada calon pemasok, mintalah untuk memasok tiga atau lebih rujukan yang mencakup klien terbaru yang proyeknya serupa dengan proyek Anda. Anda bisa melakukannya pada masa seleksi awal atau menunlggu setelah penyisihan dan hanya tersisa satu atau dua calon yang paling unggul. Ketika Anda meminta rujukan, tanyakan nama pengambil bersama dengan sicalon, alamat, dan nomor telepon mereka, serta tint proyeknya. Dengan memperhatikan situs web itu

26 Lalu kontak orang yang dirujuk dan wawancarai, aiukan pertanyaan seperti:  Siapa yang mengelola proyek Anda setelah diserahkan pemasoknya? Nama dan iabatan orang itu? Bagaimana profesionalismenya didemonstrasikan? Bagaimana ia menangani tantangan atau masaTah? Apakah Anda berurusan secara langsung dengan orang lain lagi? siapa, dan bagaimana hal itu berlangsung?  Apakah deriuerabre (item tertentu yang harus terwuiud pada hari tertentu) datang tetap pada saatnya, dan dan dalam bentuk yang Anda inginkan? Bagaimana si pemasok mengerola jadwalnya? Kalau jadwal tidak ditepati, mengapa, dan bagaimana menyelesaikan masalah itu?  Apakah proyek diselesaikan sesuai dengan anggaran? Apa yang mempengaruhi anggaran? Apakah perubahan ciri tertentu menjadi salah satu faktor? Apakah pihak toko tampak lebih prihatin untuk bertahan pada anggarannya, atau justru menekankan pentingnya ciri ekstra dan penguatannya?

27  Secara umum, apakah si pemasok berkinerja seperti diharapkan? Apakah mutu kerja melebihi keahlian yang dinyatakan si pemasok?  Apakah Anda akan mempekerjakan pemasok itu untuk proyek lain  Mengapa atau mengapa tidak? Bagaimana Anda akan bekerja sama secara lain dengan pemasok ini di masa depan?

28 Menyampaikan Spesifikasi dan Memastikan Rincian Setelah Anda memilah tawaran, berbicara dengan rujukan, dan akhirnya menentukan pemasok, tiba saatnya menyerahkan spesifikasi yang rinci. Anda juga perlu menyiapkan beberapa rincian lagi. Jelaskan hal- hai berikut dengan pemasok:

29 Proses proyek. setiap perusahaan memiliki cara sendiri dalam bekerja dan Anda perlu memastikan bahwa Anda men gerai cara pemasok itu mengerjakan sesuatu. Mungkin juga Anda perlu meminta sejumlah penyesuaian dalam prosedur untuk mengakomodasikan cara Ancla mengerjakan sesuatu. sebagai contoh, jika Anda mempunyai toko yang memberikan layanan penuh untuk membuat situs Anda, Anda perlu tahu bagaimana situs akan diletakkan di seruer Anda. Bisakah toko itu melakukannyabagi Anda? Atau akankah file Anda diserahkan dalam disk atau medium penyimpanan porta bel lain? (Lihat Bab 10 unruk informasi lebih lanjut tentang opsi host dan server.)

30 Bagaimanakah kontingensi akan diliput. selalu saja ada yang berubah, dan selalu saja ada yang salah.Itulah hidup. Tentu saja semakin Anda siap akan semakin sedikit yang tidak beres. Bagian dari persiapan adalah mengantisi pasi cara Anda menghadapi ketidakberesan. Terapkan beberapa petunjuk tentang siapa yang akan melakukan apa bila dan saat terjadinya sesuatu yang tidak terduga.

31 Berdasarkan apa pembayaran dilakukan. Pembayaran sering terikat kencang dengan hal-hal seperti penyerahan irem terrentu (deliverable). Akan retapl merundingkan pembay aran berbasis penerimaan deliv erable harus memberi Anda kepastian bahwa Anda hanya akan membayar untuk apa yang Anda inginkan, bukannya karena ada sesuatu yang diserahkan. Hal ini juga menye- diakan pengangkatanyangmungkin Anda perlukan untuk mendapatk an zpa yang Anda inginkan. Jadi, persetujuannya adalah Anda akan membayar jlka Anda mendapatkan apa yang Anda tentukan. Ingat, kalau pembayaranLnya didasarkan pada penerimaan, Anda juga perlu menetapkan sejak awar tentang persetujuan apa yang perlu dijalani pemasok.

32 Bagaimana pembay aran dilakukan. Kebanyakan perusahaan mengandaikan pembayaran akan dilakukan dalam sebulan setelah faktur clibuat. Akan tetapi, misalnya,bLla pencairan cek Anda hanya dirakukan satu bulan sekali atau setiap dua minggu, berafii pembayaran kadang butuh waktu satu setengah bulan. Hal itu harus Anda beritahukan kepada pemasok sejak awal. Hal ini akan membuatharapan setiap orang sejalan dengan realitasnya.

33 Mengingat Pemeliharaan Setelah Peluncuran Situs Anda tidak akan menjaga dirinya sendiri setelah peluncuran. Seperti bisnis manapun, diperlukan pemeliharaan. Anda harus membersihkan link yang buruk, memelihara dan meningkatkan layanan, menempatkafi tawaran produk baru, menyingkirkan produk dan halaman lama, serta mengubah situsnya untuk penyesuaian terhadap perubahan pasaf. Anda juga harus mempromosikan situs e- cofiunerce Anda untuk menarik lalu lintas dan membuat laris bisnis Anda. Siapayang akan melakukan semua ini dan bagaimana?

34 Mudah untuk berfokus pada peluncuran situs, tetapi Anda lupa apa yang akan teladi hari berikutnya. Ada perangkap umum. Urgen untuk mempefiimbangkan siapa yang menyelesaikan kegiatan rutin dan pemeliharaan khusus setelah peluncuran-Anda ata:u pemasok? Toko web yang Anda bayar mungkin hanya tertarik dalam memproduksi situs Anda, dan akan membiarkan Anda mengatasi semua masalah yang muncul kemudian. Jika Anda dan staf Anda punya keterampilan untuk menghadapi masalah ini tentu bagus. Akan tetapi tetap dibutuhkan jaminan atau periode tertentu agar pihak toko bertanggung ia:wab untuk melakukan perbaikan bila teriadi masalal;r. Anda juga bisa meminta pelatihan dasar bagi staf Anda;

35 toko web mungkin setuju, umpamanya, untuk menyerahkan situs, lalu melatih orang di pihak Anda untuk membuat perubahan dan menangani tugas-tugas pemeliharaan. Pihak toko mungkin menyediakan template, menulis instruksi, atau bahkan pelatihan langsung di situs. Ini bisa menjadi solusi yang bagus. Akan tetapi, bila Anda menialani itu, hams disetujui juga bagaimana permintaan bantuan Anda akan ditangani setelah pelatihan dasar itu. Dalam skenario layanan yang lebih penuh, toko web menyerahkan dan menginstal situs, mengumumkannya dan barangkali mendaftarkan URL-nya ke mesin pencarian, dan bahkan melaksanakan pemeliharaan harian setelah peluncuran. Pihak toko juga mungkin melaksanakan update harian terhadap isi


Download ppt "MUSDALIFAH DJ. Jika anda mempertimbangkan untuk mempekerjakan pihak luar agar membangun dan memerihara situs web Anda, Anda harus memutuskan apakah akan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google