Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama Kelompok: Wahyu Elvira Varuq Mini. E-PROCUREMENT Definisi: Apa itu e-procurement? Beli atau pengadaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama Kelompok: Wahyu Elvira Varuq Mini. E-PROCUREMENT Definisi: Apa itu e-procurement? Beli atau pengadaan."— Transcript presentasi:

1 Nama Kelompok: Wahyu Elvira Varuq Mini

2 E-PROCUREMENT Definisi: Apa itu e-procurement? Beli atau pengadaan

3 E-PROCUREMENT Artinya: “' pengadaan “' umumnya memiliki makna yang lebih luas. ”Pengadaan “' mengacu pada semua kegiatan yang terlibat dengan mendapatkan barang dari pemasok Ini juga termasuk pembelian, tetapi juga logistik masuk seperti transportasi, barang dan pergudangan sebelum item tersebut digunakan.

4 INFORMASI KUNCI KEGIATAN PENGADAAN DAN TERKAIT ARUS DALAM SEBUAH ORGANISASI Dalam hal ini kita fokus pada kegiatan ini yang meliputi pencarian dan spesifikasi produk oleh pengguna akhir, pembelian oleh pembeli, pembayaran dengan account, dan penerimaan dan distribusi barang di dalam gudang.E - procurement harus diarahkan untuk meningkatkan kinerja untuk masing-masing

5 INFORMASI KUNCI KEGIATAN PENGADAAN DAN TERKAIT ARUS DALAM SEBUAH ORGANISASI

6 LIMA HAK PEMBELIAN DALAM E-PROCUREMENT  1 dengan harga yang tepat  2 disampaikan pada waktu yang tepat  3 dari kualitas yang tepat  4 dari jumlah yang tepat  5 dari sumber yang tepat.

7 APAKAH E-BELI? E - beli adalah sinonim untuk e -procurement. Ini adalah bagaimana Chartered Institute of Pasokan dan Pembelian ( CIPS, ) menjelaskan e - beli kepada anggotanya :

8 E-BELI Artinya: Penggunaan gabungan teknologi informasi dan komunikasi melalui elektronik berarti untuk meningkatkan pembelian dan pasokan manajemen eksternal dan internal proses. Alat- alat ini dan solusi memberikan berbagai pilihan yang akan memfasilitasi meningkatkan pembelian dan pasokan manajemen

9 PROSES PENGADAAN E-PROCUREMENT Memahami proses pengadaan Sebelum munculnya e-procurement, proses pembelian organisasi telah tetap sama selama beberapa dekade. Hal ini dapat dilihat bahwa itu melibatkan pengguna akhir dari item memilih item dengan melakukan pencarian dan kemudian mengisi kertas formulir permintaan yang dikirimkan ke pembeli di departemen pembelian. Pembeli kemudian mengisi formulir pemesanan yang dikirim ke pemasok.

10 STRATEGI DAN APLIKASI E-PROCUREMANT Bagian 2 Strategi dan aplikasi Mari kita mulai kita dengan meninjau apa yang dibeli oleh perusahaan. Sebuah perusahaan B2B mungkin membeli segalanya dari baja untuk produk manufaktur, melalui peralatan untuk membantu produk mesin, untuk klip kertas dan pena untuk penggunaan kantor

11 STRATEGI DAN APLIKASI E-PROCUREMANT Kategori besar pengadaan: 1. Sourcing sistematis 2. Spot sourcing

12 MENGEMBANGKAN STRATEGI E -PROCUREMENT Sistem E -procurement dapat membantu dalam pembelian jika mereka membuat rebuys lebih mudah. Peserta pengadaan secara online. Dalam Bab 2 kita menunjukkan bagaimana berbagai jenis perantara online seperti perbandingan harga situs mengubah pilihan pasar bagi konsumen. Pemahaman serupa baru calon peserta atau pelaku dalam e -procurement sangat membantu.

13 MENGEMBANGKAN STRATEGI E -PROCUREMENT Riggins dan Mitra ( 2007) mengidentifikasi delapan jenis perantara yang perlu ditinjau untuk memahami pilihan untuk perubahan untuk pengadaan sebagai bagian dari mengembangkan strategi e –procurement. 8 mengembangkan strategi e –procurement:

14 MANFAAT STRATEGIS E -PROCUREMENT Manfaat strategis adalah vendor dikelola persediaan ( VMI ) di mana mitra rantai suplai akan mengelola pengisian bagian-bagian atau item untuk dijual: Ada 6 manfaat dari strategi e-precurement:

15 ESTIMATING FOCUS ON E-PROCUREMENT COSTS Memperkirakan Fokus pada biaya e – procurement Sementara penghematan biaya yang sering dikutip sebagai manfaat utama dari e –procurement. Pendekatan umum untuk memperkirakan biaya pengadaan secara langsung. Pertama, kita menghitung biaya pengadaan rata-rata per item, kemudian kita kalikan dengan jumlah rata-rata permintaan resmi.

16 RISIKO DAN DAMPAK DARI E-PROCUREMENT Risiko dan dampak dari e-procurement. Manajer pembelian harus hati-hati menjelaskan alasan memperkenalkan sistem baru, menekankan keuntungan bagi perusahaan secara keseluruhan dan bagaimana seharusnya memungkinkan lebih banyak variasi untuk diperkenalkan kepada peran beli. Karena penghematan biaya e -procurement yang dicapai melalui pemberdayaan pencetus seluruh bisnis untuk langsung membeli barang- barang mereka sendiri daripada melalui pembelian sebuah departemen ada risiko bahwa beberapa pencetusnya dapat mengambil keuntungan dari ini.

17 MENERAPKAN E-PROCUREMENT Menerapkan e -procurement memiliki tantangan manajemen perubahan yang terkait dengan sistem informasi yang dibahas dalam Bab 10. Jika pelaksanaan dapat cermin praktek yang ada, maka akan sangat mudah, namun banyak manfaat tidak akan diperoleh dan penggunaan teknologi baru sering memaksa proses baru yang harus dipertimbangkan.

18 MASA DEPAN E -PROCUREMENT Di masa depan, beberapa menyarankan bahwa tugas mencari pemasok dan produk dapat diambil alih oleh agen perangkat lunak yang telah ditetapkan aturan atau tingkat kecerdasan yang mereplikasi kecerdasan pada manusia. Seorang agen adalah program perangkat lunak yang dapat melakukan tugas-tugas untuk membantu manusia.

19


Download ppt "Nama Kelompok: Wahyu Elvira Varuq Mini. E-PROCUREMENT Definisi: Apa itu e-procurement? Beli atau pengadaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google