Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOGO www.themegallery.com INTRODUCTION TO THE MARKET FINANCIAL MARKET COMMUNITY.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOGO www.themegallery.com INTRODUCTION TO THE MARKET FINANCIAL MARKET COMMUNITY."— Transcript presentasi:

1 LOGO INTRODUCTION TO THE MARKET FINANCIAL MARKET COMMUNITY

2 LOGO Financial Markets Secara umum, pasar keuangan (financial market) dapat dibagi menjadi pasar moneter (monetary market) dan pasar turunan (derivative market) meskipun masih banyak terdapat jenis pasar yang termasuk pasar keuangan.

3 LOGO Monetary Market PP asar uang (money market) Pasar keuangan yang memperdagangkan instrumen keuangan berjangka pendek (satu tahun atau kurang) dengan risiko relatif rendah. Contoh: tabungan, deposito PP asar modal (capital market) Pasar keuangan yang memperdagangkan instrumen keuangan berjangka panjang (lebih dari satu tahun) dengan risiko lebih tinggi. Contoh: saham, obligasi

4 LOGO Pasar Modal (Capital Market) Undang-Undang Pasar Modal No. 8 tahun 1995 tentang Pasar Modal mendefinisikan pasar modal sebagai “kegiatan yang bersangkutan dengan Penawaran Umum dan perdagangan Efek, Perusahaan Publik yang berkaitan dengan Efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan Efek”  Instrumen keuangan yang diperdagangkan di pasar modal merupakan instrumen jangka panjang (jangka waktu lebih dari 1 tahun) seperti saham, obligasi, waran, rights issue, dan reksadana.

5 LOGO Suatu hari di bursa efek...

6 LOGO Contoh Instrumen 1. Saham merupakan instrumen pasar modal yang paling populer. Saham merupakan bukti kepemilikan suatu perusahaan(ekuitas) dan bukan surat utang. 2. Obligasi adalah surat utang dengan jangka waktu tertentu. Obligasi dapat diterbitkan oleh perusahaan, pemerintah ataupun lembaga lainnya. Imbalan dari obligasi adalah modal pokok investasi plus kupon bunga. 3. Reksadana adalah wadah yang menghimpun dana dari para investor untuk kemudian dikelola oleh Manajer Investasi ke berbagai instrumen investasi.

7 LOGO Struktur Pasar Modal Indonesia

8 LOGO Sekilas Profil BEI  CEO: Ito Warsito  Jumlah emiten terdaftar: 425 (Mei 2011)  Market capitalization: US$ 367 billion (April 2011)  Kode composite index: IHSG  Alamat: Indonesia Stock Exchange Building, 1st Tower Jl. Jend. Sudirman Kav Jakarta Selatan 12190, Indonesia  Pada awal berdirinya yaitu 1912, BEI bernama Netherlands East Indies Stock Exchange. BEI yang sekarang adalah hasil merger antara Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya pada 2007 silam.

9 LOGO

10 Saham  Satuan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia adalah lot, di mana satu lot berjumlah 500 lembar.  Di pasar reguler, investor berdagang dalam kelipatan 500 lembar tersebut. Investor tidak dapat membeli atau menjual 1 lembar atau 1851 lembar saham.  Pertukaran saham dengan uang dilakukan pada T+3, disebut juga settlement date. Ini berbeda dengan waktu kesepakatan yaitu T+0 atau hari itu juga.

11 LOGO Jenis Saham

12 LOGO Jenis Saham  Selain itu terdapat sejumlah saham lain yang dikenal:  Blue Chip: saham unggulan yang biasanya menjadi penopang atau penggerus utama indeks. Misalnya saham BRI, Mandiri, Astra Internasional, Unilever, Mitra Adiperkasa.  Saham gorengan: saham murah yang biasanya dimainkan (dinaik-turunkan harganya) oleh investor bermodal besar untuk mendapat keuntungan.

13 LOGO Profit Saham Bagaimana memperoleh keuntungan dari saham?  Capital gain: selisih harga beli dan harga jual suatu saham. Jika harga beli lebih tinggi dari harga jual maka disebut capital loss.  Dividen: sebagian keuntungan perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham.

14 LOGO Matematika Saham  Dalam jual beli saham, sekuritas (institusi keuangan yang menjadi perantara perdagangan) selalu mengenakan fee transaksi. Biasanya yang ditulis adalah fee beli/jual.  Jadi, jika tercantum 0,15%/0,25%, berarti fee beli sebesar 0,15% dari nilai transaksi, sedangkan fee jual sebesar 0,25%-nya.

15 LOGO  Contoh: Tanpa menghiraukan pajak, pada sekuritas di atas, pembelian sebesar Rp ,00 berarti investor membayar total sebesar Rp ,00.  Sedangkan investor yang melakukan penjualan senilai Rp ,00, hanya akan menerima uang sebesar Rp ,00, tanpa menghiraukan pajak.

16 LOGO Analisis “Trading without knowledge is gambling.”  Setidaknya terdapat dua jenis disiplin analisis utama yang dapat dimanfaatkan investor dalam berdagang saham.  Analisis fundamental: bergaul dengan statistika.  Analisis teknikal: bergaul dengan grafik.

17 LOGO Fundamental Analysis

18 LOGO Fundamental Analysis  Analisis fundamental membantu menentukan “saham mana” yang sebaiknya dibeli seorang investor.  Analisis ini berkaitan dengan kondisi ekonomi makro dan internal perusahaan.  Seorang analis fundamental sebaiknya menguasai konsep makroekonomi dan cermat membaca laporan keuangan.

19 LOGO Technical Analysis

20 LOGO Technical Analysis  Analisis teknikal membantu menentukan “kapan membeli/menjual saham” tertentu oleh seorang investor.  Analisis ini berkaitan dengan candlestick dan indikator teknikal lainnya seperti stochastic, bollinger bands, short moving average, Relative Strength Index, dan lainnya.  Seorang analis teknikal sebaiknya menguasai konsep pembacaan grafik dan indikator teknikal.

21 LOGO Istilah Penting  Emiten  RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham)  IPO (Initial Public Offering)  Go public  Prospektus  Auto rejection  Price-earning Ratio  Candlestick  Primary, Secondary, Tertiary Market  Underwriter

22 LOGO


Download ppt "LOGO www.themegallery.com INTRODUCTION TO THE MARKET FINANCIAL MARKET COMMUNITY."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google