Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pasar uang dan pasar modal. Herman Darmawi, Pasar finansial dan Lembaga-lembaga Finansial, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pasar uang dan pasar modal. Herman Darmawi, Pasar finansial dan Lembaga-lembaga Finansial, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006."— Transcript presentasi:

1 Pasar uang dan pasar modal

2 Herman Darmawi, Pasar finansial dan Lembaga-lembaga Finansial, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.

3 Pasar uang (money market) Mekanisme untuk memperdagangkan dana jangka pendek, yaitu dana berjangka waktu kurang dari satu tahun. Dalam praktik pasar uang konvensional, yang ditransaksikan adalah hak untuk menggunakan uang dalam jangka waktu tertentu.

4 Tujuan pasar uang Pihakyang membutukan dana di pasar uang 1)Untuk memenuhi kebutuhan dana jangka pendek, seperti membayar hutang yang segera akan jatuh tempo. 2)Untuk memenuhi kebutuhan likuiditas, karena kekurangan uang kas. 3)Untuk memenuhi kebutuhan modal kerja, yaitu membayra biaya-biaya, upah karyawan, gaji, pembelian bahan dan kebutuhan modal kerja lainnya. 4)Sedang mengalami kalah kliring, hal ini terjadi di lembaga kliring dan harus segera dibayar.

5 Tujuan pasar uang Pihak yang bermaksud menanamkan dananya di pasar uang 1)Untuk memperoleh penghasilan dengan tingkat suku bunga tertentu bagi lembaga keuangan konvensional, sedangkan bagi lembaga keuangan syariah tergantung dari akad yang digunakan. 2)Membantu pihak yang benar-benar mengalami kesulitan keuangan. 3)Spekulasi, dengan harapan akan memperoleh keuntungan besar dalam waktu yag relatif singkat dan dalam kondisi ekonomi tertentu.

6 Instrumen pasar uang (surat berharga yang ditawarkan di pasar uang) Interbank Call Money; pinjaman antar bank yang terjadi dalam proses kliring. Sertifikat Bank Indonesia; suart berharga yang diterbitkan oleh Bank Sentral (Bank Indonesia). Setifikat Deposito; merupaka alternatif utama bagi pihak perbankan untuk memenuhi kebutuhan dan ajangka pendeknya. Surat Berharga Pasar Uang (SBPU); merupakan surta berharga yang diperkenalkan oleh BI tahun 1985 sebagai salah satu alat untuk melakukan operasi pasar terbuka dalam rangka ikut menstabilkan nilai rupiah. dll

7 Pelaku dalam pasar uang Bank-bank Yayasan Dana pensiun Perusahaan asuransi Perusahaan-perusahaan besar Lembaga pemerintah Lembaga keuangan lain Individu masyarakat

8 Risiko berinvestasi di pasar uang Risiko pasar; risiko yang berkaitan dengan turunnya harga surat berharga dan tingkat bunga/bagi hasil naik, mengakibatkan investor mengalami capital loss. Risiko reinvestment; investor terpaksa menempatkan pendapatan yang diperoleh dari bunga kredit/bagi hasil pembiayaan atau surat-surat berharga ke investasi lain yang berpendapatan rendah akibat turunnya tingkat bunga/bagi hasil. Risiko gagal bayar; risiko yang terjadi akibat peminjam (debitor) atau pengguna pembiayaan tidak memenuhi kewajibannya sesuai dengan yang diperjanjikan.

9 Risiko berinvestasi di pasar uang Risiko inflasi; adanya kenaikan harga-harga barang dan jasa-jasa yang akan menurunkan daya beli atas pendapatan yang diterima. Risiko valuta; adanya perubahan terhadap kursmata uang asing apabila mengalami perubahan yang merugikan. Risiko politik; berkaitan denga perubahan peraturan yang mengakibatkan turunnya pendapatan suatu investasi atau akan terjadi kerugian total dari modal yang diinvestasikan. Atau bisa juga karena pergantian presiden atau gubernur bank sentral yang dianggap kurang melindungi nilai investasi para investor. Risiko likuiditas; apabila instrumen yang dimiliki sulit untuk dijual kembali sebelum jatuh tempo.

10 Pasar modal Pasar modal (capital market) menyediakan fasilitas untuk menanam dan atau mendapatkan modal untuk investasi jangka panjang. Alasan utama orang memilih meminjam dana jangka panjang ialah untuk mengurangi risiko naiknya tingkat suku bunga sebelum ia melunasi utangnya.

11 Pelaku pasar modal Pelaku utama yang menerbitkan sekuritas pasar modal adalah pemerintah dan perusahaan. Pemerintah biasanya menerbitkan promes jangka panjang dan obligasi untuk memperoleh dana pembangunan, misal jalan dan fasilitas umum lainnya. Perusahaan-perusahaan menerbitkan obligasi (surat utang jangka panjang dengan tingkat bunga tetap) dan saham (surat bukti kepemilikan/ekuitas terhadap perusahaan yang bersangkutan) untuk membiayai pertumbuhan perusahaan. Harapan pemilik saham adalah pembagian laba (dividen) dari perusahaan yang bersangkutan.

12 Pengertian Yang diperjualbelikan adalah modal berupa hak pemilikan perusahaan dan surat pernyataan utang perusahaan. Pembeli modal adalah individu atau organisasi/lembaga yang bersedia menyisihkan kelebihan dananya untuk melakukan kegiatan yang menghasilkan pendapatan melalui pasar modal. Penjual modal adalah perusahaan yang memerlukan modal untuk keperluan usahanya.

13 Pasar modal adalah pasar yang dikelola secara terorganisir dengan aktivitas perdagangan surat berharga, seperti saham, obligasi, option, warrant, right, dengan menggunakan jasa perantara, komosioner, dan underwritter.

14 Fungsi pasar modal syariah Memungkinkan bagi masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan bisnis dengan memperolah bagian dari keuntungan dan resikonya. Memungkonkan para pemegang saham menjual sahamnya guna mendapatkan likuiditas. Memungkinkan perusahaan meningkatkan modal dari luar untuk membangun dan mengembangkan lini produksinya. Memisahkan operasi kegiatan bisnis dari fluktuasi jangka pendek pada harga saham (yang merupakan ciri umum dari pasar modal konvensional). Memungkinkan investasi pada ekonomi itu ditentukan oleh kinerja kegiatan bisnis sebagaimana tercermin pada harga saham.

15 Instrumen pasar modal Jenis efek yang umumnya diperdagangkan di pasar modal adalah saham, obligasi, dan surat pernyataan utang lainnya seperti option, warrant, dan right. Semua efek yang diperdagangkan berjangka panjang.

16 Saham Adalah tanda penyertaan modal pada suatu Perseroan Terbatas (PT). Manfaat yang diperoleh dari pemilikan saham adalah 1)Deviden; bagian dari keuntungan yang dibagikan kepada pemilik saham. 2)Capital gain; keuntungan yang diperoleh dari selisih positif harga beli dan harga jual saham. 3)Manfaat nonfinansial, yaitu mempunyai hak suara dalam aktivitas perusahaan.

17 Saham yang diterbitkan emiten ada 2 macam Saham biasa (common stock) Saham istimewa (preferred stock) Perbedaan saham tersebut berdasarkan pada hak yang melekat pada saham tersebut. Meliputi hak atas menerima deviden, memperoleh bagian kekayaan jika perusahaan dilikuidasi setelah dikurangi semua kewajiban- kewajiban perusahaan.

18 Obligasi Surat pengakuan hutang suatu perusahaan yang akan dibayar pada waktu jatuh tempo sebesar nilai nominalnya. Penghasilan yang diperoleh dari obligasi berupa tingkat bunga yang akan dibayarkan oleh perusahaan penerbit obligasi tersebut pada saat jatuh tempo. Obligasi diterbitkan dapat berupa atas unjuk (bearer bonds) dan juga dapat berupa atas nama (registered bonds).

19 Surat berharga lainnya Option; surat pernyatan yang dikeluarkan oleh seseorang/lembaga untuk memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham dan menjual saham pada harga yang tela ditentukan sebelumnya. Warrant; surat pernyataan yang dikeluarkan oleh perusahaan yang memeberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli saham perusahaan dengan persyaratan yang telah ditentukan sebelumnya (biasanya mengenai harga, jumlah, dan masa berlakunya warrant tersebut).

20 Right; surat yang diterbitkan oleh perusahaan yang memberikan hak kepada pemegangnya (pemilik saham biasa) untuk membeli tambahan saham pada penerbitan saham baru.

21 Persamaan pasar uang dan pasar modal Sebagai sarana bagi investor dalam melakukan investasi, di samping sebagai sarana mobilisasi dana bagi pihak yang membutuhkan dana.

22 Perbedaan pasar uang dan pasar modal Pasar Uang Dana yang diperdagangkan pada umumnya berjangka pendek. Transaksi/perdagangan dilakukan tanpa terikat pada tempat tertentu. Pasar yang tidak terorganisasi. Tujuannya untuk memenuhi kebutuhan modal jangka pendek, seperti untuk keperluan modal kerja. Pasar Modal Dana yang diperdagangkan bejangka panjang. Tempat transaksinya ditentukan, seperti di Indonesia adalah di BEI. Pasar yang terorganisasi (memiliki tempat transaksi khusus). Tujuannya lebih ditekankan pada tujuan investasi atau untuk ekspansi perusahaan.


Download ppt "Pasar uang dan pasar modal. Herman Darmawi, Pasar finansial dan Lembaga-lembaga Finansial, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google