Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN KEUANGAN AGRIBISNIS. KONSEP DASAR Tinjauan Umum Manajemen Keuangan Tinjauan Umum Manajemen Keuangan Pasar Finansial dan Teori Suku Bunga Pasar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN KEUANGAN AGRIBISNIS. KONSEP DASAR Tinjauan Umum Manajemen Keuangan Tinjauan Umum Manajemen Keuangan Pasar Finansial dan Teori Suku Bunga Pasar."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN KEUANGAN AGRIBISNIS

2 KONSEP DASAR Tinjauan Umum Manajemen Keuangan Tinjauan Umum Manajemen Keuangan Pasar Finansial dan Teori Suku Bunga Pasar Finansial dan Teori Suku Bunga Risiko dan Keuntungan Risiko dan Keuntungan Analisis Nilai Waktu Uang Analisis Nilai Waktu Uang Penilaian Obligasi Penilaian Obligasi Penilaian Saham Penilaian Saham

3 TINJAUAN UMUM Keuangan memperhatikan 2 hal : penilaian dan pengambilan keputusan. Keuangan memperhatikan 2 hal : penilaian dan pengambilan keputusan. Akuntansi keuangan : laporan keuangan (Neraca, Rugi/Laba, Laporan Arus Kas). Akuntansi keuangan : laporan keuangan (Neraca, Rugi/Laba, Laporan Arus Kas). Perbedaan : Akuntansi memiliki wawasan historis, Manajemen Keuangan fokus pada pembuatan keputusan untuk waktu y.a.d. Perbedaan : Akuntansi memiliki wawasan historis, Manajemen Keuangan fokus pada pembuatan keputusan untuk waktu y.a.d.

4 Tiga Bidang Keuangan 1. Keuangan perusahaan 2. Investasi 3. Pasar keuangan dan perantara (perbankan)

5 Keuangan Perusahaan (Corporate Finance) Adalah bidang keuangan yang berhubungan dengan operasi suatu perusahaan dari sudut pandang perusahaan tersebut. Ada 2 bagian: Adalah bidang keuangan yang berhubungan dengan operasi suatu perusahaan dari sudut pandang perusahaan tersebut. Ada 2 bagian: Sisi Aktiva (Assets) Sisi Aktiva (Assets) Sisi Pasiva (Liabilities) Sisi Pasiva (Liabilities) Sisi aktiva meliputi keputusan investasi, sisi pasiva meliputi keputusan pendanaan. Sisi aktiva meliputi keputusan investasi, sisi pasiva meliputi keputusan pendanaan.

6 Investasi Adalah bidang keuangan yang juga berhubungan dengan keputusan pendanaan perusahaan, dilihat dari sudut pandang pemberi modal (investor) Adalah bidang keuangan yang juga berhubungan dengan keputusan pendanaan perusahaan, dilihat dari sudut pandang pemberi modal (investor)

7 Pasar Keuangan dan Perantara Adalah bidang keuangan yang juga berhubungan dengan pendanaan perusahaan, dilihat dari sudut pandang pihak ketiga. Pasar keuangan : surat berharga. Perantara (intermediary institution) = bank.

8 Tujuan Manajemen Keuangan Perusahaan Tujuan umum: Memaksimumkan kemakmuran pemegang saham atau pemilik perusahaan. Tujuan umum: Memaksimumkan kemakmuran pemegang saham atau pemilik perusahaan. Perwujudan: dengan memaksimumkan nilai perusahaan  memaksimumkan nilai pasar  memaksimumkan harga saham  pemegang saham tambah makmur. Perwujudan: dengan memaksimumkan nilai perusahaan  memaksimumkan nilai pasar  memaksimumkan harga saham  pemegang saham tambah makmur.

9 Pasar Keuangan dan Teori Suku Bunga Jenis Sekuritas Finansial Jenis Sekuritas Finansial Fungsi Pasar Finansial Fungsi Pasar Finansial Penentuan Tingkat Suku Bunga Penentuan Tingkat Suku Bunga Hubungan antara Inflasi dan Suku Bunga Hubungan antara Inflasi dan Suku Bunga

10 Jenis Sekuritas Finansial Aktiva Finansial Aktiva Finansial Investasi LangsungInvestasi tdk langsung (misal: Reksa Dana) (misal: Reksa Dana) InstrumenInstrumenInstrumen Pasar uangPasar modalturunan InvestasiInvestasi Penghasilan tetapmodal sendiri

11 Sekuritas Pasar Uang Sekuritas Pasar Uang terdiri dari instrumen hutang jangka pendek yang dijual oleh pemerintah, institusi keuangan dan perusahaan. Usianya ≤ 1 tahun. Contoh : SBI, Commercial paper. Sekuritas Pasar Uang terdiri dari instrumen hutang jangka pendek yang dijual oleh pemerintah, institusi keuangan dan perusahaan. Usianya ≤ 1 tahun. Contoh : SBI, Commercial paper. Sertifikat Bank Indonesia adalah surat hutang BI yang berjangka < 1 th. SBI digunakan oleh BI sebagai salah satu alat untuk mengelola tingkat suku bunga. Sertifikat Bank Indonesia adalah surat hutang BI yang berjangka < 1 th. SBI digunakan oleh BI sebagai salah satu alat untuk mengelola tingkat suku bunga. Commercial Paper adl surat berharga jangka pendek yang diterbitkan perusahaan atau lembaga keuangan. Syarat hutang ini tanpa jaminan sehingga reputasi penerbit harus bagus. Commercial Paper adl surat berharga jangka pendek yang diterbitkan perusahaan atau lembaga keuangan. Syarat hutang ini tanpa jaminan sehingga reputasi penerbit harus bagus.

12 Sekuritas Pasar Modal Sekuritas Pasar Modal terdiri dari instrumen dengan usia > 1 tahun. Terdiri dari : Sekuritas Penghasilan Tetap, misalnya obligasi dengan bunga tetap. Sekuritas Penghasilan Tetap, misalnya obligasi dengan bunga tetap. Sekuritas Partisipasi Kepemilikan, misalnya saham biasa. Sekuritas Partisipasi Kepemilikan, misalnya saham biasa. Saham preferen (gabungan dari kedua di atas) Saham preferen (gabungan dari kedua di atas)

13 Sekuritas Pasar Modal Obligasi (bond) adalah surat tanda hutang yang diterbitkan oleh suatu korporasi atau lembaga keuangan. Pembeli obligasi akan menerima bunga pada waktu yang telah ditentukan serta uang sejumlah nilai nominal obligasi pada saat jatuh tempo. Obligasi (bond) adalah surat tanda hutang yang diterbitkan oleh suatu korporasi atau lembaga keuangan. Pembeli obligasi akan menerima bunga pada waktu yang telah ditentukan serta uang sejumlah nilai nominal obligasi pada saat jatuh tempo. Saham biasa adalah sekuritas kepemilikan atas penghasilan dan aktiva perusahaan. Laba bersih setelah pajak dialokasikan untuk dividen dan investasi. Pemegang saham biasa memiliki kewajiban terbatas. Saat perusahaan bangkrut, pemilik saham biasa menanggung kerugian maksimum sebesar nilai saham yang dibeli. Saham biasa adalah sekuritas kepemilikan atas penghasilan dan aktiva perusahaan. Laba bersih setelah pajak dialokasikan untuk dividen dan investasi. Pemegang saham biasa memiliki kewajiban terbatas. Saat perusahaan bangkrut, pemilik saham biasa menanggung kerugian maksimum sebesar nilai saham yang dibeli.

14 Sekuritas Pasar Modal Saham Preferen (preferred stock) merupakan gabungan antara saham biasa dan obligasi. Saham Preferen (preferred stock) merupakan gabungan antara saham biasa dan obligasi. Sifat seperti saham adalah tidak ada jatuh tempo dan memperoleh dividen. Sifat seperti saham adalah tidak ada jatuh tempo dan memperoleh dividen. Sifat seperti obligasi adalah dividen yang diberikan bersifat tetap (% terhadap nilai nominalnya). Perbedaannya jika suatu saat perusahaan tidak membayarkan dividen maka dividen dapat diakumulasi tahun mendatang, atau diganti dengan hak suara dalam RUPS. Sifat seperti obligasi adalah dividen yang diberikan bersifat tetap (% terhadap nilai nominalnya). Perbedaannya jika suatu saat perusahaan tidak membayarkan dividen maka dividen dapat diakumulasi tahun mendatang, atau diganti dengan hak suara dalam RUPS.

15 Sekuritas Turunan (Derivative Sekurities) Adalah sekuritas yang nilainya dikaitkan dengan aktiva atau sekuritas lainnya (obligasi dan saham). Terdiri dari: Option dan Futures. Adalah sekuritas yang nilainya dikaitkan dengan aktiva atau sekuritas lainnya (obligasi dan saham). Terdiri dari: Option dan Futures. Sekuritas Turunan ditujukan untuk mengurangi risiko. Namun pada perkembangan lebih lanjut banyak digunakan untuk spekulasi. Sekuritas Turunan ditujukan untuk mengurangi risiko. Namun pada perkembangan lebih lanjut banyak digunakan untuk spekulasi. Option: kontrak antara dua pihak (option writer dan option holder) untuk melakukan transaksi jual atau beli suatu aktiva tertentu. Option: kontrak antara dua pihak (option writer dan option holder) untuk melakukan transaksi jual atau beli suatu aktiva tertentu. Futures adalah kontrak antara 2 pihak untuk melakukan transaksi terhadap suatu aktiva dimasa mendatang, dimana harga telah disepakati saat ini. Futures adalah kontrak antara 2 pihak untuk melakukan transaksi terhadap suatu aktiva dimasa mendatang, dimana harga telah disepakati saat ini.

16 Fungsi Pasar Finansial Mengalokasikan dana secara efisien dari pihak yang kelebihan dana kepada pihak yang kekurangan dana. Mengalokasikan dana secara efisien dari pihak yang kelebihan dana kepada pihak yang kekurangan dana. Pada proses langsung, pihak yang memberikan dana membeli sekuritas yang ditawarkan perusahaan (Rp mengalir ke perusahaan). Pada proses langsung, pihak yang memberikan dana membeli sekuritas yang ditawarkan perusahaan (Rp mengalir ke perusahaan). Pada proses tidak langsung melalui perantara keuangan (bank), Rp mengalir ke bank, bank menyalurkan Rp tsb ke perusahaan. Pada proses tidak langsung melalui perantara keuangan (bank), Rp mengalir ke bank, bank menyalurkan Rp tsb ke perusahaan. Pada proses tidak langsung melalui perusahaan investasi, investor membeli sekuritas dari perusahaan reksadana. Pada proses tidak langsung melalui perusahaan investasi, investor membeli sekuritas dari perusahaan reksadana.

17 Penentuan Tingkat Suku Bunga E Sf Df Suku bunga Jml Loanable Funds

18 Faktor-faktor yang mempengaruhi supply dan demand dari loanable funds (Sf) Rumah tangga Rumah tangga Sektor usaha Sektor usaha Pemerintah Pemerintah Investor asing Investor asing


Download ppt "MANAJEMEN KEUANGAN AGRIBISNIS. KONSEP DASAR Tinjauan Umum Manajemen Keuangan Tinjauan Umum Manajemen Keuangan Pasar Finansial dan Teori Suku Bunga Pasar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google