Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN UANG  Setiap benda yang mudah dibawa, mudah dibagi, tahan lama, dan stabil serta berfungsi sebagai alat tukar, penyimpan kekayaan, dan satuan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN UANG  Setiap benda yang mudah dibawa, mudah dibagi, tahan lama, dan stabil serta berfungsi sebagai alat tukar, penyimpan kekayaan, dan satuan."— Transcript presentasi:

1 PENGERTIAN UANG  Setiap benda yang mudah dibawa, mudah dibagi, tahan lama, dan stabil serta berfungsi sebagai alat tukar, penyimpan kekayaan, dan satuan hitung.

2 PENGERTIAN UANG  Karakteristik Uang:  Protability (mudah dibawa)  Divisibility (mudah dibagi)  Durability (tahan lama)  Stability (stabil)  Fungsi Uang:  Alat penukar (Medium of Exchange)  Penyimpan kekayaan (Store of Value)  Alat satuan hitung (unit of account)

3 Kartu Kredit  Penggunaannya telah meluas, sehingga banyak orang menyebut sebagai “Uang plastik”. Secara teknis kartu kredit tidak termasuk uang, tetapi bisnis kartu kredit ini telah menjadi bisnis besar, karena kartu kredit menjadikan transaksi dapat lebih cepat, lebih dipercaya dan dapat mengurangi kesalahan.  Kartu kredit menguntungkan bagi perusahaan penerbitnya, karena:  Beberapa kartu memberlakuan biaaya tahunan bagi pemegang kartu. Seluruhnya memberlakukan bunga pada setiap saldo yang belum dibayar.  Merchant yang menerima kartu kredit membayar fee kepada penerbit kartu kredit.

4 Bentuk-bentuk penyediaan uang negara  Penawaran uang negara ditentukan oleh dua ukuran:  M-1:  Ukuran penawaran uang yang hanya mencakup bentuk uang yang paling likuid (dapat dibelanjakan), mencakup: currency, demand deposit dan checkable deposits.  Currency (mata uang): Uang kertas dan unag logam yang dikeluarka oleh pemerintah.  Demand Deposits (Cek): Suatu perintah yang meminta suatu bank membayar sejumlah uang kepada penerima (payee).  Checkable Deposits lain: Deposit yang dapat dicairkan dengan mengeluarkan cek – termasuk rekening anjungan tunai mandiri (ATM)

5 Bentuk-bentuk penyediaan uang negara  Broad Money (M-2):  Ukuran penawaran uang yang mencakup seluruh komponen M-1 plus bentuk-bentuk uang yang dengan mudah dapat dikonversikan menjadi bentuk yang dapat dibelanjakan.  Yang termasuk dalam katagori M-2:  Deposit berjangka (Time Deposit): Dana bank yang tidak dapat ditarik tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak dapat ditransfer melalui cek.  Tabungan Harian (Saving Deposit).  Reksa dana pasar uang (Money Market Mutual Funds): Bentuk sekuritas finasial jangka pendek dan beresiko rendah yang dibeli dengan aset investor dan dikumpulkan pada lembaga non bank.  Overnight Transactions.

6 PASAR SEKURITAS (SECURITIES MARKET)  Stock (Saham) Para pemegang saham berhak atas beberapa asset suatu korporasi karena setiap lembar saham yang dimilikinya mewakili bagian kepemilikan.  Bonds (Obligasi) Obligasi memiliki hak- hak finansial yang tegas terhadap uang yang dipinjam suatu perusahaan kepada para pemegang saham. Perusahaan menjual obligasi untuk memperoleh dana jangka panjang.

7 Pasar Sekuritas dan sekunder  Pasar sekuritas Primer (primary securities markets) Pasar yang memperjualbelikan saham dan obligasi baru. Kadang-kadang sekuritas baru dijual kepada pembeli tunggal atau sekelompok kecil pembeli (private placemants/ penempatan terbatas). Cara ini lebih disukai karena memungkinkan para penerbit menjaga kerahasiaan rencana-rencana perusahaan. Sebagian besar saham dan obligasi dijual di pasar yang luas. Suatu sekuritas baru jika ingin masuk kepasar, perusahaan penerbit harus mendapatkan persetujuan BAPEPAM.  Pasar Sekuritas Sekunder Pasar yang memperdagangkan saham dan obligasi yang sudah ada

8 SAHAM (STOCK)  Common Stock (Saham Biasa) Orang membeli saham karena mengharapkan kenaikan nilainya (capital gain) dan diveden.  Nilai saham dinyatakan dalam 3 bentuk yang berbeda:  Par Value (Nilai pokok) Nilai nominal dari selembar saham yang ditetapkan oleh dewan direksi perusahaan yang menerbitkannya.  Market Value ( Nilai Pasar) Nilai selembar saham pada waktu tertentu di pasar saham  Book Value(nilai Buku) Nilai sebuah saham biasa yang dinyatakan sebagai total modal para pemegang saham dibagi dengan jumlah lembar saham. Untuk perusahaan yang sukses, umumnya nilai pasar lebih besar dari nilai bukunya.

9 SAHAM (STOCK)  Sifat investasi Saham Biasa Comman Stock termasuk saham yang paling beresiko dari semua sekuritas. Ketidakpastian tentang pasar saham dapat mengubah nilai saham pada saat tertentu. Jika perusahaan rugi, dividen bisa tidak dibayarkan.

10 SAHAM (STOCK)  Preffered Stock (Saham Preferen) Umumnya diterbitkan dengan par value yang telah ditetapkan dan dividennya dinyatakan sebagai persentase dari par value.  Beberapa saham preferen dapat ditarik (callable) Perusahaan penerbit dapat menarik kembali saham- sahamnya dengan mewajibkan para pemegang saham preferen menyerahkan sebagai penukaran pembayaran tunai. Jumlah pembayaran ini disebut harga penarikan (call price) ditetapkan dalam perjanjian pembelian antara perusahaan dengan para pemegang saham preferen.  Sifat investasi saham preferen Karena saham preferen mempunyai hak pertama untuk dividen, pendapatan lebih kecil dari pendapatan saham biasa dari perusahaan yang sama. Saham preferen bersifat cumulative preffered stock yaitu setiap pembayaran dividen yang terlewatkan harus dibayarkan segera setelah perusahaan mampu melakukannya.

11 Stock Exchange ( Bursa Efek)  Organisasi individu yang dibentuk untuk menyediakan suatu penetapan instituasional dimana saham dapat diperdagangkan.  Bursa menjalankan peraturan tertentu untuk mengatur kegiatan dagang para anggotanya. Untuk menjadi anggota, seorang individu harus membeli satu dari sejumlah keanggotaan terbatas yang disebut seats “tempat duduk” di bursa efek. Hanya para anggota (walinya) yang diperbolehkan berdagang di bursa efek. Keanggotaan dapat diperjualbelikan seperti asset.

12 BONDS (OBLIGASI)  Sekuritas dengan penerbit berjanji untuk membayarkan sejumlah uang kepada pembeli pada tanggal yang telah ditentukan, biasanya dengan bunga yang dibayarkan pada jarak waktu tertentu.

13 Jenis-Jenis Obligasi  Obligasi Pemerintah (Government Bond) Obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah.  Obligasi Kotapraja (Municipal Bond Obligasi yang diterbitkan oleh negara bagian atau pemerintah lokal.  Obligasi Korporasi (Corporate Bond) Obligasi yang diterbitkan oleh suatu perusahaan sebagai suatu sumber pendanaan jangka panjang.  Obligasi atas nama (Registered Bond) Obligasi yang menanggung nama pemegang dan tercatat dengan nama perusahaan  Obligasi atas rujuk atau Kupon (Bearer /Coupon bond) Obligasi yang mensyaratkan pemegang untuk menggunting dan menyerahkan sebuah kupon agar dapat menerima suatu pembayaran bunga.


Download ppt "PENGERTIAN UANG  Setiap benda yang mudah dibawa, mudah dibagi, tahan lama, dan stabil serta berfungsi sebagai alat tukar, penyimpan kekayaan, dan satuan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google