Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

APLIKASI KOMPUTER DALAM MANAJEMEN KONSTRUKSI 3 batagem.com.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "APLIKASI KOMPUTER DALAM MANAJEMEN KONSTRUKSI 3 batagem.com."— Transcript presentasi:

1 APLIKASI KOMPUTER DALAM MANAJEMEN KONSTRUKSI 3 batagem.com

2 Aplikasi Komputer dalam MK2 Perangkat Lunak (Software)  System Software  Operating System  Utility  Programming Languages  Applications  Horizontal  Vertical

3 Aplikasi Komputer dalam MK3 Operating System (OS)  Program paling penting  Melakukan tugas utama:  Input data  Output data  Kelola file dan direktori  Kontrol peripheral devices  Kontrol instruksi  Kelola memori

4 Aplikasi Komputer dalam MK4 Klasifikasi OS  Multi User -- dua atau lebih user run program pada bersamaan  Multiprocessing -- lebih dari satu CPU  Multitasking -- lebih dari satu program  Multithreading -- beberapa bagian dari satu program berjalan bersamaan  Real Time -- response langsung thd input

5 Aplikasi Komputer dalam MK5 Bagian OS  Kernel  Supervisor program  Memory resident  User Interface / Shell  Command line  Menu-driven  Graphical User Interface (GUI)

6 Aplikasi Komputer dalam MK6 OS yang Populer  UNIX  Xerox PARC  MS DOS  Mac OS  Microsoft Windows (3.x, 95, 98, 2000, CE, NT)  Linux

7 Aplikasi Komputer dalam MK7 Utility Software  Back-up  Antivirus  File Compression  Disk Defragmentation  File Protection  Cleaner  Dll.

8 Aplikasi Komputer dalam MK8 Bahasa Pemrograman  Perangkat lunak komputer dibuat dengan bahasa pemrograman  Merupakan bahasa buatan (artificial) yang digunakan untuk memerintahkan komputer untuk melakukan sesuatu proses  Dengan menggunakan kata-kata/notasi dan aturan tertentu (syntax)

9 Aplikasi Komputer dalam MK9 Generasi I  Disebut sebagai bahasa mesin (machine language) karena berdasarkan pada 0 dan 1 (binary numbers)  Harus ditulis sesuai dengan perangkat keras yang digunakan (machine-dependent)  Untuk mempermudah pembacaan digunakan notasi octal atau hexadesimal

10 Aplikasi Komputer dalam MK10 Generasi I (lanjutan)  Seorang system programmer perlu mengetahui ini untuk menbaca keluaran komputer yang muncul dalam format ini  Contoh: atau 8B 05 yang berarti menambahkan sesuatu konstan pada variabel A

11 Aplikasi Komputer dalam MK11 Generasi II  Disebut sebagai bahasa assembly yang mencoba untuk machine-independent  Bahasanya hampir mirip bahasa mesin (low- level language)  Programer dengan bahasa assembly harus mengetahui cara komputer bekerja

12 Aplikasi Komputer dalam MK12 Generasi II (lanjutan)  Menggunakan singkatan perintah yang disebut mnemonics, contoh: ADDA  Program ditulis dalam text file (source code) dan untuk dijalankannya harus diterjemahkan ke dalam bahasa mesin dengan assembler

13 Aplikasi Komputer dalam MK13 Generasi III  Bahasa permograman prosedural: memerintahkan komputer apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya  High-level language: mengurangi kebutuhan akan pengetahuan detail bagaimana komputer bekerja  Mengunakan kata-kata/notasi yang lebih/telah dikenal oleh manusia, contoh: A = A + x

14 Aplikasi Komputer dalam MK14 Generasi III (lanjutan)  Satu baris bahasa ini merupakan gabungan beberapa bahasa assembly atau machine code  Programer membuat source code. Untuk digunakan pada jenis komputer tertentu, maka diperlukan penterjemah: compiler atau interpreter

15 Aplikasi Komputer dalam MK15 Generasi III (lanjutan)  Compiler : Menterjemahkan seluruh source code kepada object code (sebuah file yang mengandung perintah dalam bentuk/mirip bahasa mesin jenis komputer tertentu). Pada compiler tertentu diperlukan linker atau assembler yang merubah object code menjadi program yang dapat dieksekusi pada jenis komputer tertentu  Interpreter tidak menghasilkan object code, melainkan menterjemahkan satu baris source code dan mengeksekusi perintah yang diterjemahkannya secara satu per satu. Lebih lambat dibandingkan program yang menggunakan compiler, tetapi berguna untuk debugging

16 Aplikasi Komputer dalam MK16 Generasi III (lanjutan)  Contoh:  BASIC (Beginner’s All-Purpose Symbolic Instruction Code) -> interpreted  Fortran (Formula Translation) -> compiled  COBOL (Common Business-Oriented Language) - > compiled  Masalah bahasa prosedural awal ini adalah perintah GOTO: spaghetti code  Response dari masalah GOTO di atas, maka dikembangkan bahasa pemrograman terstruktur (structured programming). Dalam bahasa ini, tidak menggunakan perintah GOTO, tetapi menggunakan control structures, seperti IF-THEN-ELSE

17 Aplikasi Komputer dalam MK17 Generasi III (lanjutan)  Structured language sulit digunakan untuk proyek pengembangan aplikasi yang besar, maka muncul modular programming  Dalam modular programming, program dibagi dalam beberapa modul yang mempunyai fungsi, input, proses, dan output tertentu.  Contoh:  Pascal  C  Ada  Visual Basic (event-driven programming) •VBScript (client side program u/ Web browsers) •ActiveX controls (server side program u/ Web browser)

18 Aplikasi Komputer dalam MK18 Perbandingan Bahasa Pemrograman ToolIndex of Cost and Difficulty Index of Efficiency Application Flexibility Machine Language Assembly Language Compiled Procedural Language Interpreted Language Generic-Problem Software ~ 10 – 100 ~ Maximum Minimum Catatan: - Index of Cost and Difficulty: Tingkat usaha yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan aplikasi yang sama - Index of Efficiency: Terdapatnya penurunan kecepatan dan memory yang dibutuhkan oleh program - Application Flexibility: Berbagai aplikasi yang dapat ditangani menggunakan pendekatan tertentu

19 Aplikasi Komputer dalam MK19 Generasi IV  Alasan transisi antara 3GL ke 4GL tidak terlalu jelas  Merupakan bahasa non-prosedural dan mencoba mendekati natural language  Banyak bahasa permrograman mengklaim diri sebagai 4GL  Contoh:  Report generators  Query language: SQL

20 Aplikasi Komputer dalam MK20 Object-Oriented Programming (OOP)  Component Reusability: Memudahkan programer mengembangkan aplikasi dari ready-to-use modules  Pendekatan baru yang tidak memisahkan antara program dan data  Object adalah sebuah unit informasi yang mengandung data dan prosedur (operasi), yang disebut methods, yang dapat memproses atau memanipulasi data  Contoh: •Sepeda DASHERS -> object •DASHERS mempunyai data mengenai harga, performance, inventory dll. •DASHERS mempunyai methods: menjumlahkan, menghitung harga tambahan, merupah inventory dll.

21 Aplikasi Komputer dalam MK21 OOP (lanjutan)  Class: sebuah kategori object  Contoh: DASHERS merupakan bagian dari BIKES, artinya DASHERS merupakan subclass dari BIKES class  Inheritance: karakteristik yang diturunkan  Contoh: Karakteristik yang dimiliki oleh BIKE akan diturunkan ke DASHERS  RAD (Rapid Application Development): Pemrograman dengan menggunakan OOP berdasarkan object-object yang telah dibangun sebelumnya (pre-built) dari suatu library

22 Aplikasi Komputer dalam MK22 OOP (lanjutan)  Middleware: Standar yang mendefinisikan bagaimana program dapat mencari object-object dan meminta informasi yang dimiliki object tersebut (di dalam network)  Contoh: •CORBA (Common Object Request Broker Architecture) untuk bahasa pemrograman yang berbeda •COM (Component Object Model) untuk Windows-based  Contoh OO Languages:  Smaltalk  Delphi (OOP version of Pascal)  C++ (OOP version of C)  Java (cross-platform programming language) •Java Virtual Machine •Applets (untuk Web browser)  JavaScript (tidak sepenuhnya OOP, digunakan untuk client side programming untuk Web browser)

23 Aplikasi Komputer dalam MK23 Applications  Horizontal Applications : Digunakan antar divisi fungsional  Personal Productivity: •Word-processing •Spreadsheets •Databases •Electronic address books and schedulling •Presentation dll.  Multimedia & Graphics: •Multimedia •Graphics •3D rendering dll.  Internet Programs: • •Web Browser dll.

24 Aplikasi Komputer dalam MK24 Applications (lanjutan)  Vertical Applications : Digunakan pada suatu divisi fungsional khusus  CAD •AutoCAD, MicroStation dll.  Simulation •MicroCYCLONE, STROBOSCOPE dll.  Engineering Design: •SAP, ETABS dll.  Project Management •Primavera, MSProject  Estimating •Timberline, WinEst dll.  Dan lain-lain…

25 Aplikasi Komputer dalam MK25 Copyright  Commercial Software: Beli dulu baru pakai  Copyrighted  Software dan Site License  Shareware: Coba dulu, kemudian beli (jika tertarik)  Copyrighted  Registration Fee  Software dan Site License  Freeware: Gratisan  Copyrighted  Tidak bisa diperjualbelikan  General Public Licence (GPU)


Download ppt "APLIKASI KOMPUTER DALAM MANAJEMEN KONSTRUKSI 3 batagem.com."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google