Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Nur Hayatin, S.ST Program Komputer. Tujuan  Setelah perkuliahan selesai diharapkan :  Mahasiswa mampu memahami tentang program komputer  Mahasiswa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Nur Hayatin, S.ST Program Komputer. Tujuan  Setelah perkuliahan selesai diharapkan :  Mahasiswa mampu memahami tentang program komputer  Mahasiswa."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Nur Hayatin, S.ST Program Komputer

2 Tujuan  Setelah perkuliahan selesai diharapkan :  Mahasiswa mampu memahami tentang program komputer  Mahasiswa mampu memahami cara kerja program komputer  Mahasiswa mampu memahami algoritma  Mahasiswa mampu membuat flowchart

3 Topik 1. Komponen Komputer 2. Program Komputer 3. Cara kerja program komputer 4. Algoritma 5. Flowchart 6. Contoh Kasus 7. Latihan

4 Komponen Komputer Game Media Player Browser Dsb. Hardware Software Monitor SpeakerCPU Mouse Keyboard

5 Software Program Komputer Yang membuat komputer layak disebut hebat dan berdaya guna bagi individu Dapat menyelesaikan proses-proses yang selama ini dikerjakan secara manual.

6 Program Komputer  Program komputer : kumpulan perintah yang diberikan pada komputer agar dapat mengerjakan perintah yang dikehendaki oleh programer.  Pastinya perintah tsb harus ditulis dengan menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer.

7 Program Komputer bagaimana membuat program komputer? latar belakang apa yang dibutuhkan? ilmu dasar matematika (logika) Algoritma Bahasa Pemrograman compiler

8 Algoritma  Algoritma adalah Urutan langkah logis untuk menyelesaikan suatu masalah yang dituangkan secara tertulis berdasarkan alur pemikiran seseorang.

9 Memasak Mie Instan  Apakah Anda pernah memasak mie instan?  Bagaimana jika Anda memerintahkan sebuah robot untuk memasak mie instan?  Langkah-langkah atau perintah apa yang akan Anda berikan?

10 Perintah membuat Mie Instan 1. Ambil sebuah panci 2. Isi panci dengan air sebanyak 200 ml 3. Nyalakan kompor 4. Letakkan panci diatas kompor 5. Tunggu hingga air dipanci mendidih 6. Ambil sebungkus mie instan jenis mie goreng 7. Buka bungkus mie instan 8. Masukkan mie kedalam panci yang berisi air mendidih 9. Tunggu selama 3 menit agar mie menjadi masak 10. Matikan kompor 11. Ambil piring 12. Letakkan piring diatas meja 13. Buang air yang ada dipanci (hanya airnya saja) 14. Letakkan mie pada piring 15. Ambil bumbu mie instan yang masih tertutup bungkusnya 16. Buka bungkus bumbu 17. Taburkan bumbu pada mie yang ada dipiring 18. Bila masih ada bumbu yang lain ulangi langkah 15 hingga Aduk mie hingga bumbu merata pada semua bagia mie 20. Hidangkan piring berisi mie instan di meja makan

11 Cara Kerja Program Komputer  Komputer akan menjalankan perintah yang diberikan mulai dari urutan paling atas sampai paling bawah.  Perubahan perintah hanya dapat dilakukan sebelum atau setelah komputer mengerjakan perintah. Dengan kata lain jika komputer sedang mengerjakan perintah maka programer tidak dapat membuat perubahan pada perintah tersebut.

12 Cara Kerja Program Komputer  Sangat penting untuk memeriksa bahwa perintah yang diberikan sudah benar, urut, dan lengkap sebelum komputer menjalankan perintah tersebut.  Karena kesalahan pada perintah yang diberikan akan menyebabkan kesalahan pada keluaran.

13 Soal-soal Latihan  Tuliskan langkah-langkah atau perintah-perintah dasar yang harus dilakukan oleh sebuah robot untuk menyelesaikan pekerjaan berikut : 1. Membuat secangkir kopi manis dengan krim (anda tidak boleh menggunakan kopi instan dalam sachet) 2. Mencuci mobil atau sepeda motor atau sepeda (pilih salah satu yang biasa anda kerjakan) 3. Memasak 5 buah telur hingga siap dimakan 4. Memainkan VCD film tertentu ke VCD Player.

14 Flowchart  Adalah suatu bentuk penggambaran algoritma berupa diagram alir yang menggunakan simbol khusus untuk menggambarkan alur kerja dari sebuah program.  Tujuan : untuk memudahkan programmer dalam memahami alur program yang akan dibuat.

15 SIMBOLNAMAFUNGSI TERMINATOR Permulaan/akhir program GARIS ALIR (FLOW LINE) Arah aliran program PREPARATION Proses inisialisasi/pemberian harga awal PROSES Proses perhitungan/proses pengolahan data INPUT/OUTPUT DATA Proses input/output data, parameter, informasi PREDEFINED PROCESS (SUB PROGRAM) Permulaan sub program/proses menjalankan sub program DECISION Perbandingan pernyataan, penyeleksian data yang memberikan pilihan untuk langkah selanjutnya ON PAGE CONNECTOR Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada satu halaman OFF PAGE CONNECTOR Penghubung bagian-bagian flowchart yang berada pada halaman berbeda

16 Contoh :  flowchart untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan genap atau bilangan ganjil. Y T Start Input Bilangan Bulat Hitung sisa bagi antara bilangan dengan 2 A A Apakah Sisa = 0 Cetak Genap Cetak Ganjil End

17 Aturan Penulisan Perintah : 1. Perintah kompleks dapat disusun dari perintah-perintah dasar. 2. Adanya aturan yang harus dipatuhi dalam penulisan perintah. 3. Perintah-perintah harus ditulis dengan urutan yang benar.

18 Soal Latihan Buatlah Algoritma dengan menggunakan flowchart untuk menghitung konversi suhu dari Celcius menjadi Reamur dan Farenheit. Representasikan algoritma tersebut dengan menggunakan algoritma fundamental, pseudo-code, dan flowchart.  Input : suhu dalam celcius  Proses : R = 4/5 * C F = 9/5 * C +32 (F = Farenheit, R = Reamur, C = Celcius)  Output : suhu dalam Reamur dan Farenheit

19 Daftar Pustaka  Budi Hartanto, “Pembuatan Program C”, Penerbit Andi, 2004  Jogiyanto H., “Konsep Dasar Pemrograman Bahasa C”, Penerbit Andi, 2003


Download ppt "Oleh : Nur Hayatin, S.ST Program Komputer. Tujuan  Setelah perkuliahan selesai diharapkan :  Mahasiswa mampu memahami tentang program komputer  Mahasiswa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google