Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALGORITMA & PEMROGRAMAN (PRAKTEK) Opid Sugiarto, S.Si Dadan N. Bagenda, S.T.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALGORITMA & PEMROGRAMAN (PRAKTEK) Opid Sugiarto, S.Si Dadan N. Bagenda, S.T."— Transcript presentasi:

1 ALGORITMA & PEMROGRAMAN (PRAKTEK) Opid Sugiarto, S.Si Dadan N. Bagenda, S.T.

2 PERKENALAN ALGORITMA & PEMROGRAMAN Opid Sugiarto, S.Si Dadan N. Bagenda, S.T.

3 PERKENALAN • DOSEN • MATERI • METODE

4 IDENTITAS MATA KULIAH Mata Kuliah:Algoritma & Pemrograman Semester:I (Satu) Program Studi:Manajemen Informatika Konsentrasi:Teknik Informatika Pengajar: Opid Sugiarto, S.Si. Tahun Akademik:2011/2012

5 TUJUAN PEMBELAJARAN UMUM Mahasiswa dapat memecahkan masalah dengan algoritma yang berbasis pada bahasa C dan dapat mengimplementasikan konsep dasar pemrograman terstruktur

6 SKEMA POKOK BAHASAN

7 Satuan Acara Perkuliahan 1.Pengenalan Algoritma – Pengantar Algoritma – Dasar-dasar algoritma – Aturan penulisan teks algoritma 2.Konsep tipe data dan operator – Tipe Data, Variabel dan Konstanta – Operator aritmetika dan logika 3.Fungsi Input dan Output – Memasukkan data – Menampilkan hasil 4.Konsep Struktur Dasar Runtunan – urutan instruksi

8 Satuan Acara Perkuliahan 5.Konsep Struktur Dasar Seleksi Kondisi – Penyeleksian kondisi – Struktur IF – Struktur CASE 6.Konsep Struktur Dasar Perulangan – Pengertian Pengulangan – Konsep akumulator dan kounter – Struktur FOR – Struktur WHILE – DO – Struktur DO – WHILE

9 Satuan Acara Perkuliahan 7.Prosedur – Konsep dasar dan definisi prosedur – Deklarasi dan pemanggilan prosedur – Ruang lingkup variable – Pengiriman 8.Fungsi – Konsep dasar dan definisi fungsi – Deklarasi dan Pemanggilan Fungsi

10 Satuan Acara Perkuliahan 9.Array – Pengertian array – Deklarasi array 10.Array 2 dimensi – Matriks

11 Satuan Acara Perkuliahan 11.Searching – Pengertian Searching – Sequential Search 12.Sorting – Pengertian Sorting – Buble Sort

12 DAFTAR PUSTAKA 1.Munir, R Algoritma dan Pemrograman Dalam Bahasa Pascal dan C. Bandung: Informatika. 2.Munir, R dan Lidya, L Algoritma dan Pemrograman Dalam Bahasa Pascal dan C. Bandung: Informatika 3.Kadir, A dan Heriyanto Algoritma Pemrograman Menggunakan C++. Yogyakarta: Penerbit andi. 4.Pranata, A Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu. 5.Tosin, R Flowchart untuk Siswa dan Mahasiswa. Jakarta: DINASTINDO

13 SESI 1 ALGORITMA & PEMROGRAMAN (PRAKTEK) Opid Sugiarto, S.Si Dadan N. Bagenda, S.T.

14 Pengantar  Logika merupakan dasar dari semua penalaran.  Contoh : masakan ditambah garam menjadi asin,  7 lebih besar dari 5, dll  Algoritma merupakan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.  Contoh algoritma :  Masalah : membuat kue Algoritma : resep kue  Masalah : Menggunakan mesin Algoritma : petunjuk pemakaian alat

15 Pengantar Apa hubungannya dengan komputer ?  Komputer tidak dapat berpikir sendiri.  Komputer mengerjakan apa yang kita perintahkan, bukan apa yang kita inginkan.  Program = rangkaian perintah yang dibuat dengan algoritma yang benar untuk dijalankan oleh komputer.

16 Cara Menyusun Algoritma  Untuk menyusun sebuah algoritma, harus diketahui keadaan awal dan keadaan akhir yang diinginkan.  Seringkali terdapat lebih dari satu algoritma untuk menyelesaikan suatu masalah.  Contoh : Algoritma membuat secangkir teh manis Keadaan Awal :  Cangkir, panci, teh, gula, sendok, ada di lemari.  Air diambil dari keran. Keadaan Akhir :  Secangkir teh manis di meja.  Semua alat dikembalikan ke tempat semula

17 Contoh Solusi Algoritma Membuat Teh Manis 1.Ambil cangkir dari lemari letakkan di meja. 2.Ambil panci dari lemari. 3.Isi panci dengan air keran. 4.Panaskan panci (berisi air) di atas kompor. 5.Ambil sendok dari lemari. 6.Ambil gula dari lemari, masukkan satu sendok ke dalam cangkir. 7.Ambil teh dari lemari, masukkan satu sachet ke dalam cangkir. 8.Periksa apakah air sudah mendidih 9.Jika belum tunggu hingga mendidih 10.Jika sudah mendidih, matikan kompor. Tuangkan air ke dalam cangkir. 11.Aduk sampai gula larut. 12.Buang sisa air panas. Simpan panci, teh, gula ke lemari.

18 Latihan Disediakan 3 wadah kosong berukuran 3 liter, 5 liter dan 6 liter. Tuliskan algoritma sehingga keadaan akhir terdapat 4 liter air di wadah berukuran 5 liter, wadah lainnya kosong.

19 Solusi 1.Isi wadah 6ltr sampai penuh 2.Tuang isi wadah 6ltr ke wadah 5ltr sampai penuh 3.Buang isi wadah 5ltr 4.Isi wadah 3ltr sampai penuh 5.Tuang isi wadah 3ltr ke wadah 5ltr 6.Tuang isi wadah 6ltr ke wadah 5ltr

20 Latihan Diberikan 4 buah angka sembarang. Tuliskan algoritma untuk mencari angka yang paling besar (searching)

21 Solusi 1.Bandingkan angka ke-1 & ke-2 2.Simpan angka terbesar 3.Bandingkan angka ke-3 & angka yg tersimpan 4.Simpan angka terbesar 5.Bandingkan angka ke-4 & angka yg tersimpan 6.Simpan angka terbesar 7.Tampilkan angka yg tersimpan Catatan: Komputer hanya dapat membandingkan dua buah angka pada satu saat.

22 Latihan Keadaan awal :  Wadah A berisi pasir  Wadah B berisi beras Keadaan Akhir :  Wadah B berisi pasir  Wadah A berisi beras Tuliskan algoritma untuk melakukan hal tsb (swapping)

23 Solusi 1.Siapkan wadah C 2.Tuang isi wadah A ke wadah C 3.Tuang isi wadah B ke wadah A 4.Tuang isi wadah C ke wadah B

24 Pseudocode & Flowchart  Menuliskan algoritma menggunakan bahasa sehari-hari : tidak efisien, terlalu panjang.  Programmer mengenal dua standar penulisan algoritma, yaitu :  Pseudocode  Flowchart

25 Pseudocode • Pseudocode adalah bahasa yang digunakan untuk menyederhanakan penulisan algoritma. • Pseudocode bukan bahasa pemrograman.

26 Flowchart • Cara lain menuliskan algoritma adalah dengan flowchart. Cara ini sudah jarang dipakai karena sangat menyita waktu dan kertas. • Keunggulan flowchart: Alur program sangat mudah dibaca/ditelusuri.

27 Contoh Pseudocode

28 Sekilas tentang software • Software adalah program yang dibuat dengan tujuan khusus, yang akan dijalankan oleh komputer. • Jenis-jenis software: – Sistem operasi : DOS, Unix, Linux, Windows 98, Windows 2000, Windows XP, OS/2, dll. – Bahasa Pemrograman : Basic, Pascal, C, C++, Fortran, Java, Assembly, dll. – Development Tools : Delphi, Visual Basic, Visual C++, C Builder, JBuilder, dll. – Database : MS Access, SQL Server, Oracle, Interbase, MySQL, dll. – Aplikasi : MS Word, MS Excel, Lotus 123, CorelDraw, Photoshop, dll. – Utility : antivirus, browser, dll • Catatan: Perkuliahan ini akan menggunakan bahasa C

29 Sekilas tentang pemrograman • Teknik pemrograman dapat dibagi menjadi: – Pemrograman prosedural – Pemrograman deklaratif – Pemrograman fungsional – Pemrograman visual – Pemrograman berorientasi objek • Catatan: Perkuliahan ini akan menggunakan teknik pemrograman prosedural

30 LATIHAN PENGENALAN LINGKUNGAN C


Download ppt "ALGORITMA & PEMROGRAMAN (PRAKTEK) Opid Sugiarto, S.Si Dadan N. Bagenda, S.T."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google