Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Metode Animasi & Action Script. Metode Animasi • Motion Tween adalah gerakan dari suatu objek dalam flash dengan mengubah nilai dari property yang sama.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Metode Animasi & Action Script. Metode Animasi • Motion Tween adalah gerakan dari suatu objek dalam flash dengan mengubah nilai dari property yang sama."— Transcript presentasi:

1 Metode Animasi & Action Script

2 Metode Animasi • Motion Tween adalah gerakan dari suatu objek dalam flash dengan mengubah nilai dari property yang sama pada setiap frame • Motion Guide adalah metode animasi yang digunakan untuk menggerakkan obyek sesuai dengan jalur yang diinginkan dengan menggunakan suatu garis sebagai pemandu

3 • Motion shape adalah sebuah animasi atau pergerakan objek dimana bentuk dari objek yang dianimasikan akan berubah dari titik awal menuju titik akhir sesuai dengan yang kita tentukan. • Atau Motion Shape adalah metode animasi yang digunakan untuk membuat animasi yang bisa berubah bentuk

4 • Frame by frame adalah animasi yang di buat hanya dengan menggunakan berbagai frame dalam satu layer ataupun antar layer. • Atau Frame by frame adalah animasi obyek flash yang dibuat dengan membuat obyek yang berbeda (bentuk, ukuran, warna, letak) pada setiap framenya

5 • Langkah – langkah membuat animasi dengan berbagai metode animasi diatas, sudah ada dalam rangkuman/modul ujian sekolah praktik.

6 Symbol 1.GRAPHIC Graphic adalah salah satu type symbol yang fungsinya sama dengan movie clip hanya saja graphic tidak bisa dimasuki actionscript. 2. BUTTON Button adalah salah satu type dari symbol yang digunakan untuk membuat tombol di flash. Button juga dapat digunakan untuk animasi tween, masking, guide dan actionscript.

7 Symbol 3. Movie clip Movie clip adalah salah satu type dari symbol yang digunakan untuk membuat objek agar dapat menggunakan beberapa fasilitas dari flash seperti animasi tween, masking, guide. selain itu dengan dijadikannya suatu objek menjadi movie clip maka objek tersebut dapat di beri actionscript.

8 • Langkah – langkah membuat animasi dengan simbol sudah ada dalam rangkuman/modul ujian sekolah praktik.

9 Action Script Action script adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam flash. Dengan action script kita dapat membuat animasi yang interaktif. Jenis berdasarkan letak Script, ActionScript dalam flash dibagi menjadi 3, yaitu: 1. ActionScript pada frame ActionScript pada frame adalah Actionscript yang diletakan pada frame, atau juga sering disebut FrameScript. FrameScript ini hanya bisa dilakukan pada keyframe atau blankkeyframe.untuk melihat frame yang telah diberikan script terdapat tanda berupahurup 'a' kecil yang menandakan keberadaan sebuah Script.

10 2. ActionScript pada MovieClip ActionScript yang diletakan pada MovieClip sering disebut MovieScript. yang harus diingat adalah untuk membuat movieScript tentunya harus ada MovieClip tempat kita meletakan ActionScript tersebut. MovieClip memiliki bahasa (syntax) sebagai berikut. onClipEvent (event) { perintah } Arti syntax movieScript diatas adalah : • Kata 'onClipEvent' menunjukan bahwa perintah ini ditujukan untuk MovieCliptempat diletakannya Script. • kata 'event' menunjukan event yang terjadi pada movieClip tersebut.sebenarnya Event di MovieClip ada 9 diantaranya :load, enterFrame, unload, Mouse up, Mouse Down,Key down, Key up, dan data.Namun diantara semua itu yang sering digunakan yaitu load dan enter Frame. • Kata 'perintah' menunjukan perintah yang dapat diberikan pada MovieClip.

11 3. ActionScript pada Button Hal yang perlu diingat yaitu ActionScript pada button tentunya harus ada Button tempat meletakanActionScript tersebut.Secara umum syntax yang digunakan dalam penulisan ActionScript pada Button hampir sama dengan penulisan MovieScript. Perhatikan syntax berikut ini: on (event) { perintah } Arti syntax movieScript diatas adalah : • Kata 'on' menunjukan bahwa perintah ini ditujukan untuk MovieClip tempat diletakannya scriptdan ini merupakan syarat utama untuk Script yang digunakan pada Button. • Kata 'event' menunjukan event yang terjadi pada Button tersebut. ada 7 event yang terdapat pada buttonyaitu press, release, rollOver, rollOut, dragOver, dragOut, dan keypress. Meski demikian hanya dua event yang sering digunakan yaitu press dan release.

12 • Latihan Action Script – Tulis langkah membuat animasi dengan symbol button! – Apa kegunaan kode action script “gotoAndPlay(5);” – Apa kegunaan kode action script “gotoAndStop(5);”


Download ppt "Metode Animasi & Action Script. Metode Animasi • Motion Tween adalah gerakan dari suatu objek dalam flash dengan mengubah nilai dari property yang sama."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google