Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pemrograman Dasar IS – 104 Introduction. Perkenalan • Nama: Yosua Timotius Kipling • • Tujuan perkuliahan: Mengenal konsep.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pemrograman Dasar IS – 104 Introduction. Perkenalan • Nama: Yosua Timotius Kipling • • Tujuan perkuliahan: Mengenal konsep."— Transcript presentasi:

1 Pemrograman Dasar IS – 104 Introduction

2 Perkenalan • Nama: Yosua Timotius Kipling • Email: joshua_kipling@gmail.com • Tujuan perkuliahan: Mengenal konsep dasar programming dan memahami dasar algoritma dengan benar.

3 Perkenalan Siswa • Nama • Asal Kota • Asal Sekolah • Tujuan kuliah di SI / Cita-cita

4 Peraturan dalam kelas • Kehadiran dalam kelas minimal 75% dari total pertemuan. • Maximal telat 15 menit. Lebih dari itu ada hukuman. • Pengumpulan tugas / praktikum tidak boleh terlambat dan dikerjakan sendiri-sendiri. • Pakaian rapi. Wajib memakai sepatu.

5 Aturan penilaian • UTS: 30% • KAT: 40% (Praktikum 50%, Quiz 20% dan Responsi 30%) • UAS: 30% • Mahasiswa / i yang aktif dapat poin tambahan KAT.

6 Referensi • Java A Beginner’s Guide – Herbert Schildt • Beginning Java 2 JDK 5 – Murach’s • Esensi-esensi Bahasa Pemrograman JAVA – Bambang Hariyanto, Ir., MT. • www.java2s.com www.java2s.com

7 Introduction to programming • Program itu apa? Program: A set of coded instructions that a computer can understand to solve a problem or produce a desired result. (Businness Dictionary) Program: urutan perintah yang diberikan pada komputer untuk membuat fungsi atau tugas tertentu. (Kamus Besar Indonesia) • Contoh program dalam kehidupan sehari-hari? • Inti dari pemrograman yaitu menyelesaikan permasalahan melalui algoritma-algoritma yang tepat.

8 Metode-metode dalam menulis program • Tujuan: menemukan cara paling tepat dan cepat untuk menyelesaikan suatu masalah. • Faktor-faktor pendukung: 1.Tools yang baik 2.Bahasa pemrograman yang baik 3.Teknik penulisan program

9 Tingkatan dalam bahasa pemrograman • Low level language o Dapat dimengerti oleh hardware komputer o Menggunakan bahasa mesin / assembly o Contoh: bahasa C • Mid level language o Tidak dimengerti langsung oleh komputer o Menggunakan bahasa yang mudah dipahami manusia o Contoh: Java, PHP, C++, Pascall, dll. • High level language o Full object oriented o Flexible syntax o Penggunanya tergolong lebih sedikit dan hanya orang-orang fanatik tertentu saja. o Contoh: ruby

10 Struktur pemrograman • Sequence: kumpulan perintah-perintah yang dijalankan oleh komputer secara berurutan. • Branches: Percabangan. Terdapat pilihan dari salah satu perintah yang akan dijalankan. • Loops: terjadi ketika kita menginginkan menjalankan sebuah perintah secara berulang-ulang hingga sebuah kondisi tertentu tercapai.

11 Programming tools • Compiler dan Interpreter

12 Programming tools (cont) • Editor: letak dimana kita menuliskan baris program. Contoh: notepad, editplus, Jgrasp, dll. • Debugger: digunakan untuk pencarian bugs / error pada saat program dijalankan. • Profiler: tools untuk menganalisis performance dari program yang dibuat.

13 Testing program • Untuk membuat program java harus dipastikan dulu JDK (Java Development Kit) sudah terinstall di komputer kita. • Install tool programmingnya. (EditPlus, JGrasp, dll).

14 Contoh 1 • HelloWorld.Java 0 : // Exercise 1 : HelloWorld.java 1 : // NAMA : Josh 2 : // NRP : 0573028 3 : public class HelloWorld { 4 : public static void main(String[] args) { 5 : System.out.println("Hello World!"); 6 : } 7 : }

15 Penjelasan Contoh 1 (HelloWorld.Java) • Baris 0-2: Komentar, biasanya berisi penjelasan program dan identitas penulis. • Baris 3: nama kelas. • Baris 4: main method yang dijalankan • Baris 5: mencetak kata ke layar. Hal yang perlu diingat: • Tiap akhir baris program harus ditutup dengan tanda ; • Jumlah tanda { dan } harus sesuai. • Dibiasakan menggunakan indentasi untuk mempermudah dilihat dan dibaca.

16 Latihan 1 • Berdasarkan program “HelloWorld.java”, buatlah sebuah program baru bernama HelloMe.java • Pada saat di-run, program harus menampilkan pesan sbb : Hello World, [nama_anda]! Note : • Ganti dengan nama sendiri • Beri comment berupa nama dan nrp

17 Input / Output • Untuk menerima hasil inputan dari user, di java menggunakan kelas Scanner. • Supaya program kita dapat mengenali kelas scanner ini, kita perlu mengimport kelas dari scanner ini dengan cara: import java.util.Scanner;

18 Input / Output • Cara penggunaannya dengan membuat kelas Scanner terlebih dahulu dengan cara: Scanner sc = new Scanner(System.in); Hasil inputan dari user dapat berupa angka, karakter, string, dll. (Akan dijelaskan lebih lanjut di pertemuan yang akan datang).

19 Contoh 2 import java.util.Scanner; public class MyScanner{ public static void main(String[] args){ Scanner sc = new Scanner(System.in); System.out.println("Please input your name : "); System.out.println("Welcome, "+sc.next()); }

20 Latihan 2 Buatlah program yang meminta inputan nama, nrp, dan alamat sehingga menghasilkan output sebagai berikut: Nama : [nama_anda] Nrp : [nrp_anda] Alamat: [alamat_anda]


Download ppt "Pemrograman Dasar IS – 104 Introduction. Perkenalan • Nama: Yosua Timotius Kipling • • Tujuan perkuliahan: Mengenal konsep."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google