Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Sebelum Anda mulai membuat spreadsheet di Excel, Anda mungkin inginmengkonfigurasi lingkunga n Excel dan menjadi akrab dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Sebelum Anda mulai membuat spreadsheet di Excel, Anda mungkin inginmengkonfigurasi lingkunga n Excel dan menjadi akrab dengan."— Transcript presentasi:

1

2  Sebelum Anda mulai membuat spreadsheet di Excel, Anda mungkin inginmengkonfigurasi lingkunga n Excel dan menjadi akrab dengan tugas kunci dan fitur seperti bagaimana untuk meminimalkan dan memaksimalkan Ribbon, mengk onfigurasitoolbar Quick Access, beralih tampilan halaman, dan akses pilihan Excel Anda.

3  Menjelajahi Lingkungan Excel Sistem menu tab Ribbon adalah bagaimana menavigasi Anda melalui Excel dan mengakses berbagai perintah Excel. Jika Anda telah menggunakan versi Excel sebelumnya, sistem Ribbon menggantikan menu tradisional. Di atas Pita di sudut kiri atas adalah Microsoft Office Button. Dari sini, Anda dapat mengakses opsi penting seperti New, Save, Save As, dan Print. Secara default Quick Access Toolbar yang disematkan di sebelah Microsoft Office Button, dan termasuk perintah seperti Undo dan Redo. Pada bagian kiri bawah spreadsheet, Anda akan menemukan tab worksheet. Secara default, tiga tab lembar kerja muncul setiap kali Anda membuat workbook baru. Bagian kanan bawah spreadsheet Anda akan menemukan perintah melihat halaman, zoom tool, dan bar horisontal bergulir.

4

5 Untuk Zoom In dan Out:  Cari zoom bar di sudut, kanan bawah.  Klik kiri dan tarik slider ke kiri untuk memperkecil dan ke kanan untuk zoom in Untuk Gulir Horisontal dalam Lembar Kerja:  Cari horizontal scroll bar di sudut, kanan bawah.  Klik kiri bar dan memindahkannya dari kiri ke kanan.

6 Untuk Ubah Tampilan Halaman:  Cari pilihan Page View di sudut, kanan bawah. Pilihan halaman View adalah Normal,Page Layout, dan Page Break.  Klik kiri pilihan untuk memilihnya.  Defaultnya adalah Normal View.

7 Untuk Menambahkan Perin tah ke Quick Access Toolbar:  Klik panah di sebelah kanan Quick Access toolbar.  Pilih perintah yang anda ingin tambahkan dari daftar drop- down. Ini akan muncul dalam Quick Access toolbar.

8 Untuk Minimalkan dan Maksimalkan Ribbon:  Klik panah drop-down di sebelah Quick Access toolbar.  Pilih Minimize The Ribbon dari daftar. Ribbon menghilang. Untuk memaksimalkan ribbon,  klik panah lagi dan pilih Minimize The Ribbon untuk beralihfitur off.  Anda juga dapat meminimalkan dan memaksimalkan Ribbon denga n mengklik kanan di mana saja di menu utama dan memilih Minimize The Ribbon di menu yang muncul. Sistem, Ribbon tab baru menggantikan menu tradisional di Excel Hal ini dirancang untuk menjadi responsif terhadap tugas Anda saat ini dan mudah digunakan, namun Anda dapat memilih untuk meminimalkan Ribbon jika Anda lebih memilih untuk menggunakan menu yang berbeda atau cara pintas keyboard.

9 Microsoft Office Button  Microsoft Office Button muncul di bagian atas jendela Excel. Ketika Anda klik kiri tombol,muncul menu. Dari menu ini Anda dapat membuat spreadsheet baru, membuka file yang sudah ada, menyimpan file dalam berbagai cara, dan mencetak. Anda juga dapat menambahkan fitur keamanan, mengirim, dan mencetak file.

10 Untuk Mengubah Default Pilihan Excel:  Klik tombol Excel Options. Sebuah kotak dialog akan muncul.  Pilih kategori di sebelah kiri untuk mengakses pilihan yang berbeda Excel.  Memodifikasi beberapa pengaturan default.  Klik OK. Ketika Anda mempelajari lebih lanjut tentang Excel dan menjadi mahir menggunakannya, Anda mungkin ingin memodifikasi beberapa pengaturan. Sebagai pengguna awal,biasanya lebih baik untuk meninggalkan pengaturan default.

11  Buka Excel.  Praktek menggunakan alat Zoom.  Meminimalkan dan memaksimalkan Ribbon.  Klik Microsoft Office Button dan meninjau pilihan menu.  Menambahkan dua perintah ke Quick Access toolbar.  Lanjutkan untuk mengeksplorasi lingkungan Excel.

12  Anda akan perlu mengetahui cara memasukkan teks dan angka ke dalam workbookExcel untuk dapat menggunakann ya untuk menghitung, menganalisis, dan mengatur data. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana membuat workbook baru,menyisipkan dan menghapus teks, menavigasi worksheet, dan menyimpan sebuah workbook Excel.

13 Untuk Membuat Work book:  Kiri-klik Tombol Microsoft Office.  Pilih New.  Kotak dialog New Workbook terbuka dan disorot secara default.

14  Klik Create. Sebuah buku kerja, baru kosong akan muncul di jendela.  Ketika Anda pertama kali membuka Excel, perangkat lunak terbuka ke buku kerja, baru yang kosong.

15 Untuk Insert Text:  Klik kiri cell untuk memilihnya. Setiap persegi panjang dalam worksheet disebut cell.Ketika Anda memilih sebuah cell, alamat cell muncul pada Kotak Nama.  Masukkan teks ke dalam cell menggunakan keyboard Anda. Teks muncul di dalam cell dan dalam formula bar.

16  Setiap cell memiliki nama, atau alamat cell berdasarkan kolom dan baris.  Sebagai contoh, sel ini adalah C3 karena di mana kolom C dan baris 3 berpotongan.

17 Untuk Edit atau Hapus Teks:  Pilih cell.  Tekan tombol Backspace pada keyboard Anda untuk menghapus teks dan membuatkoreksi.  Tekan tombol Delete untuk menghapus seluruh isi cell. Anda juga dapat membuat perubahan dan menghapus teks dari formula bar. Cukup pilih cell dan menempatkan titik penyisipan di formula bar. Untuk Pindah Melalui Lembar Kerja Menggunakan Keyboard:  Tekan tombol Tab untuk pindah ke sebelah kanan cell yang dipilih.  Tekan tombol Shift dan kemudian tombol Tab untuk bergerak ke kiri dari cell yang dipilih.  Gunakan tombol Page Up dan Page Down untuk menavigasi worksheet.  Gunakan tombol panah.

18 Untuk Menyimpan Workboo k ini:  Kiri-klik Tombol Microsoft Office.  Pilih Save atau Save As.  Save As memungkinkan Anda untuk menamai file dan memilih lokasi untuk menyimpanspreadsheet  Pilih Save As jika Anda ingin menyimpan file untuk pertama kalinya atau jika Anda ingin menyimpan file sebagai nama yang berbeda.  Pilih Save jika file sudah memiliki nama. Anda dapat menyimpan workbook dalam banyak hal, tetapi dua yang paling umum adalah sebagai sebuah Workbook Excel, yang menyimpannya dengan ekstensi file2007, dan sebagai sebuah Workbook Excel , yang menyimpan file dalam format yang kompatibel sehingga orang-orang yang memiliki versi Excel sebelumnya dapat membuka file.

19  Buka Excel.  Membuat workbook, baru kosong.  Praktek memasukkan teks ke dalam sel.  Praktek menghapus teks menggunakan tombol Backspace dan Delete.  Navigasi melalui lembaran dengan menggunakan tombol Tab.  Simpan spreadsheet.

20  Ketika Anda membuka workbook baru, kosong, sel- sel, kolom, dan baris diatur keukuran default. Anda memiliki kemampuan untuk mengubah ukuran masing- masing, danuntuk menyisipkan kolom baru, baris, dan sel, yang diperlukan. Dalam pelajaran ini,  Anda akan belajar berbagai metode untuk mengubah lebar kolom dan tinggi baris, di samping bagaimana menyisipkan kol om baru, baris, dan sel.

21 Untuk Memodifikasi Lebar Kol om: Posisi kursor di atas garis kolom dalam kolom judul dan panah ganda akan muncul.  Klik kiri mouse dan tarik kursor ke kanan untuk meningkatkan lebar kolom atau ke kiri untuk mengurangi lebar kolom.  Lepaskan tombol mouse.

22 Untuk Memodifikasi Row Tinggi:  Posisikan kursor di atas garis baris yang Anda ubah dan panah ganda akan muncul.  Klik kiri mouse dan drag kursor ke atas untuk mengurangi tinggi baris atau ke bawahuntuk meningkatkan tinggi baris.  Lepaskan tombol mouse.

23 Untuk Insert Rows:  Pilih baris di bawah di mana Anda ingin baris baru muncul.  Klik perintah Insert pada kelompok Sel pada tab Home. Baris akan muncul.  baris baru selalu muncul di atas baris yang dipilih. Pastikan bahwa Anda memilih seluruh baris di bawah di mana Anda ingin baris barumuncul dan tidak hanya sel. Jika Anda memilih hanya sel dan kemudian klik Insert, hanyacell baru akan muncul.

24 Untuk Sisipkan Kolom:  Pilih kolom di sebelah kanan kolom di mana Anda ingin untuk muncul.  Klik perintah Insert pada kelompok Sel pada tab Home. Kolom akan muncul. Kolom baru selalu muncul di sebelah kiri dari kolom yang dipilih. Sebagai contoh, jika Anda ingin menyisipkan kolom antara September dan Oktober, pilih kolom Oktober danklik perintah Insert.

25  Pastikan bahwa Anda memilih seluruh kolom di sebelah kanan di mana Anda inginkolom baru muncul dan tidak hanya sel. Jika Anda memilih hanya sel dan kemudian klik Insert, hanya cell baru akan muncul. Untuk Menghapus Baris dan Kolom:  Pilih baris atau kolom yang ingin Anda hapus.  Klik perintah Hapus di grup Sel pada tab Home.

26  Buka workbook.  Sisipkan kolom.  Menyisipkan baris.  Menghapus kolom.  Ubah lebar kolom.  Mengubah tinggi baris.  Tutup dan simpan file.

27  Excel dapat digunakan untuk menghitung dan menganalisis informasi numerik, namun Anda perlu tahu bagaimana menulis rumus untuk memaksimalkan kemampuan Excel. Sebuah formula adalah persamaan yang melakukan perhitungan dengan menggunakannilai-nilai dalam worksheet. Dalam pelajaran ini anda akan belajar bagaimana untukmembuat formula sederhana menggunakan operator matematika seperti penambahan,pengurangan, perk alian, dan tanda-tanda pembagian.

28 Untuk Membuat Formula Sederhana yang Menambahkan Du a Bilangan:  Klik sel di mana rumus akan didefinisikan (C5, misalnya).  Ketik tanda sama dengan (=) untuk membiarkan Excel tahu rumus yang sedangdidefinisikan.  Ketik angka pertama yang akan ditambahkan (misalnya, 1500)  Selain jenis tanda (+) untuk membiarkan Excel tahu bahwa sebuah operasi tambahkan adalah harus dilakukan.  Ketik angka kedua yang akan ditambahkan (misalnya, 200)  Tekan Enter atau klik tombol Enter pada Formula bar untuk melengkapi formula

29 Untuk Membuat Formula Sederhana yang Menambahkan Isi Dua Sel:  Klik sel di mana jawaban akan muncul (C5, misalnya).  Ketik tanda sama dengan (=) untuk membiarkan Excel tahu rumus yang sedangdidefinisikan.  Ketik alamat sel yang berisi bilangan pertama yang akan ditambahkan (C3, misalnya).  Selain jenis tanda (+) untuk membiarkan Excel tahu bahwa sebuah operasi tambahkan adalah harus dilakukan.  Ketik alamat sel yang berisi bilangan kedua yang akan ditambahkan (C4, misalnya).  Tekan Enter atau klik tombol Enter pada Formula bar untuk melengkapi formula.

30  Tuliskan rumus penambahan sederhana.  Tuliskan rumus pengurangan sederhana dengan menggunakan titik dan klik metode.  Tuliskan rumus perkalian sederhana dengan menggunakan referensi sel.  Tuliskan rumus pembagian sederhana.

31  Hal ini penting untuk mengetahui bagaimana untuk memindahkan informasi dari satu sel ke sel lainnya di Excel. Belajar berbagai cara akan menghemat waktu dan membuat bekerja dengan Excel lebih mudah. Metode tertentu yang lebih tepat tergantung pada seberapa banyak informasi yang Anda butuhkan untuk bergerak dan di mana ia akanberada pada spreadsheet. Dalam pelajaran ini anda akan belajar bagaimana cut, copy, paste serta informasi drag dan drop.

32 Untuk Copy dan Paste Isi Sel  Pilih sel atau sel yang ingin Anda salin.  Klik Copy perintah di gru p Clipboard pada tab Home. Perbatasan sel yang dipilih akan mengubah penampilan.  Pilih sel atau sel di mana Anda ingin menyisipkan inform asi.  Klik perintah Paste. Informasi sekarang disalin akan muncul dalam sel- sel baru.

33 Untuk Cut dan Paste Isi Sel  Pilih sel atau sel yang ingin Anda salin.  Klik perintah Cut di grup Clipboard pada tab Home. Perbatasan sel yang dipilih akan mengubah penampilan.  Pilih sel atau sel di mana Anda ingin menyisipkan informasi.  Klik perintah Paste. Informasi dip otong akan dihapus dari sel- sel asli dan sekarang muncul dalam sel-sel baru.

34 Untuk Drag dan Drop Informasi:  Pilih sel atau sel yang ingin pindah.  Posisikan pointer mouse Anda dekat salah satu tepi luar sel yang dipilih. Mouse pointerberubah dari sebuah salib, yang besar berwarna putih dengan salib hitam dengan 4anak panah.  Klik kiri dan tahan tombol mouse dan tarik sel ke lokasi baru.  Lepaskan tombol mouse dan informasi muncul di lokasi baru.

35  Salin dan sisipkan informasi dari satu sel ke sel lain.  Gunakan perintah Cut untuk menghapus informasi dari satu sel dan kemudian paste kesel lain.  Drag dan drop informasi dari satu tempat dalam spreadsheet ke lokasi lain.

36  Dalam Excel, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan buku kerja Anda untuk pencetakan. Banyak tugas-tugas ini membuat lebih mudah untuk format spreadsheet untuk halaman yang dicetak.  Dalam pelajaran ini Anda akan mempelajari cara melihat spreadsheet di pratinjau cetak, memodifikasi margin, mengubah orientasi halaman, menggunakan skala agar sesuaifitur, gunakan perintah Print Judul, dan banyak lagi.

37 Untuk Lihat Spreadsheet dalam Print Preview:  Kiri-klik Tombol Microsoft Office.  Pilih Print.  Pilih Print Preview. Spreadsheet akan muncul dalam tampilan Print Preview.  Klik Tombol Close Print Preview untuk kembali ke Normal View.

38 Untuk Memodifikasi Margin, Lebar K olom atau Tinggi Baris Sementar a di Print Preview:  Klik perintah Print Preview pada toolbar Quick Access, atau memilih Print Preview dari menu Microsoft Office Button. Spreadsheet membuka dalam modus print preview.  Arahkan kursor di atas salah satu penanda Margin hitam sampai muncul panah ganda.  Klik kiri dan tarik penanda ke lokasi yang diinginkan. Perubahan akan ditunjukkan dalam spreadsheet.

39 Untuk Menentukan Print Area:  Klik kiri dan seret mouse anda untuk memilih sel yang ingin Anda cetak.  Klik perintah Print Area.  Pilih Set Print Area. Sekarang, hanya sel yang dipilih akan dicetak. Anda dapat mengkonfirmasi hal inidengan melihat spreadsheet dalam Print Preview.

40  Lihat spreadsheet dalam Print Preview.  Mengubah lebar Margin di Print Preview.  Print spreadsheet.  Jelajahi perintah lain yang dibahas dalam pelajaran ini.

41  Excel adalah aplikasi spreadsheet dan dimaksudkan untuk digunakan untuk menghitungdan menganalisa informasi numerik seperti anggaran rumah tangga, keuangan perusahaan, persediaan, dan banyak lagi. Untuk melakukan ini, Anda perlu memahamiformula. Dalam pelajaran ini, kita akan membicarakan formula yang kompleks yangmenggunakan operator matematika ganda, dan yang menggunakan referensi absolut dan relatif.

42  Rumus Kompleks Ditetapkan Rumus sederhana memiliki satu operasi matematika. Formula kompleks melibatkan lebih dari satu operasi matematika. Sederhana Formula: = 2 +2 Kompleks Formula: = 2 +2 * 8 Untuk menghitung rumus-rumus yang kompleks dengan benar, Anda harus melakukan operasi tertentu sebelum orang lain. Ini didefinisikan dalam urutan operasi. Order Operasi Urutan operasi matematika sangat penting. Jika anda memasukkan suatu formula yangmengandung beberapa operasi, Excel tahu untuk bekerja operasi-operasi dalam urutan tertentu. Urutan operasi adalah:

43  Operasi tertutup di dalam kurung Perhitungan eksponensial (pangkat) Perkalian dan pembagian, mana yang lebih dulu Penambahan dan pengurangan, mana yang lebih dulu Sebuah mnemonik yang dapat membantu Anda mengingat ini adalah Kali, Bagi, Tambah, Kurang (KABATAKU)

44  contoh 1 Menggunakan perintah ini, mari kita lihat bagaimana rum us 20 / (8-4) * 8- 2 dihitungdalam rincian sebagai berikut:

45  contoh * 2 =? Apakah jawabannya 12 atau 9? Nah, jika Anda dihitung dalam urutan nomor muncul, 3+3 * 2, Anda akan mendapatkan jawaban yang salah, 12. Anda harus mengikuti urutan operasi untuk mendapatkan jawaban yang benar. Untuk Hitung Jawaban Benar: Hitung 3 * 2 pertama karena perkalian datang sebelum penambahan dalam urutanoperasi. Jawabannya adalah 6. Tambahkan jawaban yang diperoleh pada langkah # 1, yaitu 6, dengan jumlah yang membuka 3 persamaan. Dengan kata lain, tambahkan Jawabannya adalah 9.

46  Sebelum pindah, mari kita menjelajahi rumus lagi untuk memastikan Anda memahamiurutan operasinya dengan Excel menghitung jawabannya. 4 * 2 / 4 Mengalikan 4 * 2 sebelum melakukan operasi pembagian karena tandaperkalian datang sebelum tanda pembagian Jawabannya adalah 2. 4 / 2 * 4 Bagilah 4 dengan 2 sebelum melakukan operasi perkalian karena tandapembagian datang sebelum tanda perkalian. Jawabannya adalah 8. 4 / (2 * 4) Lakukan operasi dalam tanda kurung (2 * 4) pertama dan membagi 4 denganhasil ini. Jawabannya adalah 0, * 4 Kalikan 2 * 4 sebelum melakukan operasi pengurangan karena tanda perkalianadalah tatanan yang lebih tinggi daripada tanda pengurangan. Jawabannya adalah -4.

47  Membuat Rumus Kompleks Excel secara otomatis mengikuti perintah standar operasi dalam formula yang kompleks. Jika Anda ingin bagian tertentu dari rumus harus dihitung terlebih dahulu, taruh dalam tanda kurung. Contoh Cara Menulis Formula Kompleks: Klik sel di mana Anda ingin hasil formula untuk muncul. Dalam contoh ini, H6. Ketik tanda sama dengan (=) untuk membiarkan Excel tahu rumus yang sedangdidefinisikan. Ketikkan kurung buka, atau ( Klik pada sel pertama untuk dimasukkan dalam rumus (G6, misalnya). Selain jenis tanda (+) untuk membiarkan Excel tahu bahwa sebuah operasi tambahkan adalah harus dilakukan. Klik pada sel kedua dalam rumus (G7, misalnya) Ketik kurung tutup).

48  Ketik operasi matematika berikutnya, atau simbol pembagian (/) untuk membiarkanExcel tahu bahwa operasi pembagian yang akan dilakukan. Ketikkan kurung buka, atau ( Klik pada sel ketiga untuk dimasukkan dalam rumus (D6, misalnya). Selain jenis tanda (+) untuk membiarkan Excel tahu bahwa sebuah operasi tambahkan adalah harus dilakukan. Klik pada sel keempat untuk dimasukkan dalam rumus. (D7, misalnya). Ketik kurung tutup).  Sangat Penting: Tekan Enter atau klik tombol Enter pada Formula bar. Langkah ini akhirformulanya.

49  Apa itu Referensi Absolut? Dalam pelajaran sebelumnya kita melihat bagaimana sel referensi pada rumus secara otomatis menyesuaikan ke lokasi baru ketika rumus yang disisipkan ke dalam sel yang berbeda. Hal ini disebut referensi relatif.  Kadang-kadang, ketika Anda copy dan paste formula, Anda tidak ingin satu atau lebihreferensi sel untuk berubah. Referensi mutlak memecahkan masalah ini. Referensi sel absolut dalam formula selalu merujuk pada sel yang sama atau kisaran sel dalamformula. Jika suatu formula disalin ke lokasi yang berbeda, referensi absolut tetap sama.

50  Referensi mutlak ditunjuk dalam rumus dengan penambahan tanda dollar ($). Hal ini dapat mendahului referensi kolom atau referensi baris, atau keduanya. Contoh referensiabsolut meliputi :

51  Untuk Buat Referensi Absolut: Pilih cell di mana Anda ingin menulis rumus (dalam contoh ini, H2) Ketik tanda sama dengan (=) untuk membiarkan Excel tahu rumus yang sedangdidefinisikan. Klik pada sel pertama untuk dimasukkan dalam rumus (F2, misalnya). Masukkan operator matematis (menggunakan simbol perkalian untuk contoh ini). Klik pada sel kedua dalam rumus (C2, misalnya). Tambahkan tanda $ sebelum C dan tanda $ sebelum 2 untuk menciptakan referensi mutlak

52  Salin rumus ke dalam H3. Formula baru harus baca = F3 * $ C $ 2. Referensi F2 berubah ke F3 karena merupakan referensi relatif, tapi C2 tetap konstan sejak Anda buat referensi mutlak dengan memasukkan tanda-tanda dolar ($).

53  Membuat setidaknya satu formula yang kompleks yang menggunakan penambahan dan operasi pembagian  Membuat setidaknya satu formula yang kompleks yang menggunakan tanda kurung dan operasi perkalian.  Buat formula yang menggunakan referensi mutlak.

54  Fungsi adalah formula standar yang melakukan perhitungan dengan menggunakannilai-nilai tertentu dalam urutan tertentu. Meskipun Anda mungkin berpikir rumuspersamaan matematika sebagai pendek, seperti atau F2 * C2, mereka benar-benar bisa sangat panjang dan melibatkan perhitungan matematika yang kompleks. Salah satu manfaat utama dari fungsi adalah bahwa mereka dapat menghemat waktukarena Anda tidak harus menulis formulanya sendiri. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan fungsi Excel yang disebut rata-rata untuk dengan cepat menemukan rata-rata kisaran angka atau fungsi Sum untuk menemukan jumlah dari berbagai sel. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana menggunakan fungsi-fungsi dasar seperti SUM dan AVG, menggunakan fungsi dengan lebih dari satu argumen, dan bagaimana untuk mengakses fungsi- fungsi Excel 2007 yang lain.

55  Bagian dari Fungsi: Fungsi masing-masing memiliki urutan tertentu, yang disebut sintaks, yang harus diikuti secara ketat untuk fungsi untuk bekerja dengan benar. Sintaks Order: Semua fungsi dimulai dengan tanda =. Setelah tanda = mendefinisikan nama fungsi (misalnya, Sum). Maka akan ada argumen. Argumen adalah rentang sel atau referensi sel yang diapitdengan tanda kurung.  Sebuah contoh dari suatu fungsi dengan satu argumen yang menambahkan kisaran sel,A3 dengan A9:

56  Fungsi Excel yang berbeda Ada banyak fungsi yang berbeda di Excel Beberapa fungsi yang lebih umum termasuk: Statistik Fungsi: SUM - penjumlahan menambahkan kisaran sel bersama-sama. AVERAGE - rata menghitung rata-rata kisaran sel. COUNT - menghitung jumlah data ANGKA yang dipilih dalam kisaran sel. MAX - mengidentifikasi jumlah terbesar di kisaran sel. MIN - mengidentifikasi jumlah terkecil dalam berbagai sel.

57  Gunakan fungsi SUM untuk menghitung jumlah satu argumen.  Gunakan fungsi AVG untuk menghitung jumlah dari kisaran sel.  Jelajahi fungsi Excel 2007 yang lain.

58  penyortiran Penyortiran daftar adalah tugas spreadsheet umum yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyusun ulang data Anda. Jenis yang paling umum dari penyortiranabjad Urutan, yang dapat Anda lakukan dalam menaik atau menurun. Untuk Urut di Abjad: Pilih cell dalam kolom Anda ingin menyortir (Dalam contoh ini, kita memilih sebuah sel di kolom A). Klik Perintah Sort & Filter dalam kelompok Editing pada tab Home. Pilih Sortir A sampai Z. Sekarang informasi di kolom Kategori ini disusun dalam urutan abjad.

59  Untuk Urutkan dari terkecil hingga terbesar: Pilih cell dalam kolom Anda ingin menyortir (kolom dengan angka). Klik perintah Sort & Filter dalam kelompok Editing pada tab Home. Pilih From Smallest to Largest. Sekarang informasi ini disusun dari yang terkecildengan jumlah terbesar. Anda dapat mengurutkan dalam urutan numerik terbalik dengan memilih From Largest to Smallest ke dalam daftar.

60  Gunakan perintah untuk mengurutkan data menurut abjad.  Gunakan perintah Urutkan untuk mengurutkan data numerik dari terkecil hingga terbesar.

61  Lembar kerja yang belum diformat seringkali sangat sulit untuk dibaca. Untungnya, Excelmemberi Anda banyak alat yang memungkinkan Anda untuk memformat teks dan tabel dalam berbagai cara. Salah satu cara Anda dapat memformat worksheet sehinggamudah untuk bekerja dengan untuk menerapkan berbagai jenis penyelarasan ke teks.  Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana teks kiri, tengah, dan kananmenyelaraskan, menggabungkan dan sel-sel tengah, menyelaraskan teks vertikal, dan menerapkan berbagai jenis kontrol teks.

62  menyelaraskan Teks Excel 2007 menyelaraskan kiri teks (label) dan kanan-menyelaraskan angka (nilai). Hal ini membuat data lebih mudah dibaca, tetapi Anda tidak harus menggunakan default.Teks dan angka dapat didefinisikan sebagai kiri- blok, kanan-blok atau berpusat di Excel. Untuk Align Teks atau Angka: Pilih sel atau range sel Klik pada perintah Align Left, Center, atau Align Right pada tab Home.

63  Mengubah Alignment Vertikal Anda juga dapat menentukan alignment vertikal dalam sel. Dalam keselarasan vertikal,informasi dalam sebuah sel dapat terletak di bagian atas sel, tengah sel atau bawah sel.Defaultnya adalah di bawah.  Untuk Mengubah Alignment Vertikal dari Grup Alignment: Pilih sel atau range sel. Klik perintah Align Top, Center, atau bottom Align.

64  Untuk Mengubah Kontrol Teks: Pilih sel atau range sel. Pilih tab Home. Klik perintah Wrap Text atau perintah Merge dan Center.

65  Menyisipkan Rata tengah teks.  Masukkan Rata kiri teks.  Menggunakan merge and center untuk menambahkan baris judul.  Terapkan Wrap teks ke seluruh tabel. Praktek menggunakan fitur lain yang dibahas dalam pelajaran ini.

66  Adalah penting bahwa Anda tahu cara untuk secara efektif mengelola lembar kerja Anda.Secara default, tiga lembar muncul dalam masing-masing workbook baru. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana untuk menamai, menambah, menghapus, lembar kerja.

67  penamaan Worksheets Ketika Anda membuka workbook Excel, ada tiga lembar secara default dan namadefault pada tab Sheet1, Sheet2 dan Sheet3. Ini bukan nama yang sangat informatif.Excel 2007 memungkinkan Anda untuk menentukan nama yang bermakna untuk setiap worksheet dalam workbook sehingga Anda dapat dengan cepat mencari informasi. Untuk Nama Lembar Kerja: Klik kanan tab lembar untuk memilihnya. Pilih Rename dari menu yang muncul. Teks tersebut akan disorot oleh kotak hitam. Ketik nama baru untuk worksheet. Tekan Enter untuk menyelesaikannya

68  menyisipkan Lembar Kerja Anda dapat mengubah jumlah lembar default yang muncul dengan mengklik Microsoft Office Button dan memilih Opsi Excel. Anda juga memiliki kemampuan untuk menyisipkan lembar kerja baru jika diperlukan, sementara Anda bekerja. Untuk Menyisipkan Worksheet Baru: Kiri-klik ikon Insert Worksheet. Sebuah lembaran baru akan muncul. Ini akan diberi namaSheet4, Sheet5 atau apa pun jumlah lembar berikutnya berurutan mun gkin dalamworkbook.

69  menghapus Lembar Kerja Setiap lembar kerja dapat dihapus dari workbook, termasuk yang memiliki data di dalamnya. Ingat, buku harus mengandung setidaknya satu worksheet. Untuk menghapus satu atau lebih worksheet: Klik pada lembaran yang ingin Anda hapus. Klik kanan lembaran dan muncul menu. Pilih Delete.

70  Ubah nama Sheet1 ke Januari, Sheet2 dan Sheet3 ke Februari dan Maret.  Memasukkan dua worksheet dan namai dengan bulan April dan Mei.  Jika perlu, memindahkan lembar kerja April dan Mei agar mereka berada sesudah lembaran Maret.  Menghapus lembaran Mei.

71  Sebuah grafik adalah alat yang dapat digunakan di Excel untuk berkomunikasi data Anda secara grafis. Grafik memungkinkan audiens Anda untuk lebih mudah melihatmakna di balik angka- angka dalam spreadsheet, dan membuat perbandingan dan kecenderungan Menampilkan lebih mudah.  Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana memasukkan dan memodifikasi grafik Excel dan melihat bagaimana mereka dapat menjadi alat yang efektif untuk mengkomunikasikan informasi.

72  Membuat Chart Grafik dapat menjadi cara yang berguna untuk berkomunikasi data. Ketika Anda memasukkan grafik di Excel, yang muncul dalam worksheet dipilih dengan sumber data, secara default. Untuk Membuat Chart:  Pilih worksheet yang akan dikerjakan.  Pilih sel yang ingin Anda tampilkan chart, termasuk judul kolom dan baris label.  Klik tab Insert  Pilih setiap pilihan yang menjadi bagain dari kelompok Charts untuk mempelajari lebih lanjut tentang hal itu.  Pilih salah satu opsi Bagan.  Pilih jenis grafik dari daftar yang muncul.  Grafik muncul dalam worksheet.

73  Mengidentifikasi Bagian dari Chart Pernahkah Anda membaca sesuatu yang Anda lakukan tidak sepenuhnya mengertitetapi ketika Anda melihat diagram atau grafik, konsep menjadi jelas dan dimengerti?Grafik adalah representasi visual data dalam worksheet. Grafik memudahkan untuk melihat perbandingan, pola, dan kecenderungan dalam data.  data source Kisaran sel yang membentuk grafik. Grafik diperbarui secara otomatis setiap kaliinformasi dalam perubahan sel.  Title Judul grafik.  legend Kunci grafik, yang mengidentifikasi masing-masing warna pada grafik mewakili. Axis Vertikal dan horisontal bagian grafik. Sumbu vertikal sering disebut sebagai sumbu Y,dan sumbu horizontal disebut sebagai sumbu X.  Data Series Memetakan nilai yang sebenarnya, biasanya baris atau kolom sumber data.  value Axis Sumbu yang mewakili nilai-nilai atau unit dari sumber data.  Category Axis Sumbu mengidentifikasi setiap seri data.

74  Gunakan data worksheet untuk membuat grafik.

75


Download ppt " Sebelum Anda mulai membuat spreadsheet di Excel, Anda mungkin inginmengkonfigurasi lingkunga n Excel dan menjadi akrab dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google