Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENATA DATA. FORMULA/RUMUS PENGERTIAN FORMULA Formula merupakan bentuk persamaan yang menghitung nilai dalam worksheet. Sebuah formula diawali dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENATA DATA. FORMULA/RUMUS PENGERTIAN FORMULA Formula merupakan bentuk persamaan yang menghitung nilai dalam worksheet. Sebuah formula diawali dengan."— Transcript presentasi:

1 MENATA DATA

2 FORMULA/RUMUS PENGERTIAN FORMULA Formula merupakan bentuk persamaan yang menghitung nilai dalam worksheet. Sebuah formula diawali dengan tanda persamaan (=) dan dapat terdiri dari sebuah fungsi, referensi, operator atau konstanta Contoh : =ABS(125) * A5 ^ 3 ◙ABS(125) * A5 ^ 3:Formula ◙ABS( ):Fungsi ◙125:Bilangan ◙* dan ^: Operator ◙A5:Referensi

3 MEMBUAT FORMULA Untuk membuat formula, tekan tombol sama dengan (=) dalam sel, kemudian tulis formula yang diinginkan. Semua yang diketik dalam sel, dapat juga dilihat pada kolom bar fx. FUNGSI Fungsi merupakan suatu bentuk formula yang dapat mengubah suatu nilai menjadi nilai lainnya melalui operasi di dalam formula tersebut. Pada prinsipnya, suatu fungsi dapat menyederhanakan beberapa fungsi. Untuk mengetahui daftar fungsi yang tersedia, klik menu Insert > Function.

4 REFERENSI Referensi merupakan identifikasi suatu sel atau range sel dalam worksheet. Jenis-jenis referensi yang tersedia adalah : 1.Referensi A1 Sebagai default, Excel menggunakan referensi A1 yang ditunjukkan melalui kolom (dari A sampai IV) dan baris (dari 1 sampai 65536). 2.Referensi Relatif Referensi relatif menunjukkan bahwa bila posisi sel yang merupakan suatu formula berubah maka referensinya akan berubah. Dalam penulisannya, referensi relatif tidak menggunakan karakter khusus. Contoh : A1 3.Referensi absolut Referensi absolut menunjukkan bahwa bila posisi sel yang merupakan suatu formula berubah maka referensinya akan tetap. Dalam penulisannya, referensi absolut dinyatakan dengan karakter $. Contoh : $A$1

5 4.Referensi campuran Referensi campuran menunjukkanbahwa bila posisi sel yang merupakan suatu formula berubah maka referensi relatifnya berubah dan referensi absolutnya tidak berubah, demikian sebaliknya. Dalam penulisannya, referensi campuran dinyatakan dengan gabungan karakter kosong dan karakter $. Contoh : $A1, A$1 OPERATOR Operator merupakan suatu simbol yang menunjukkan suatu operasi yang membentuk satu atau lebih elemen. Terdapat empat jenis perhitungan operator, yaitu aritmatika, perbandingan, teks dan referensi. KONSTANTA Konstanta merupakan suatu nilai atau string yang tidak berubah, contoh penanggalan 15/10/2005, bilangan 2000, atau teks “Hai”.

6 Operator aritmatika OperatorKeteranganContoh +Pertambahan6+9 -Pengurangan6-9 *Perkalian6*9 /Pembagian6/9 %Persen69% ^Perpangkatan6^9

7 Operator Perbandingan OperatorKeteranganContoh = Sama dengan C1 = B1 > Lebih besar dari C1 > B1 < Lebih kecil dari C1 < B1 >= Lebih besar sama dengan C1 >= B1 <= Lebih kecil sama dengan C1 <= B1 <> Tidak sama dengan C1 <> B1 Operator perbandingan merupakan operator yang membandingkan nilai yang satu dengan yang lainnya. Bila suatu nilai dibandingkan maka hasilnya bisa TRUE atau FALSE.

8 Operator Teks OperatorKeteranganContoh &Menghubungkan (“air” & “panas”) Operator teks digunakan untuk menghubungkan atau menggabungkan satu teks dengan teks lainnya.

9 Operator Referensi OperatorKeteranganContoh : Operator range yang menghasilkan satu referensi di antara dua referensi untuk seluruh sel (A3:A15), Operator gabungan yang menggabungkan sejumlah referensi ke dalam satu referensi (SUM(B5:B15,D5:D15)) (spasi) Operator pemisah (B1:D1 C6:C8) Operator referensi digunakan untuk menghubungkan sel dalam worksheet.

10 PEMBULATAN ANGKA Beberapa fungsi yang umum digunakan untuk melakukan pembulatan bilangan, antara lain : 1. Fungsi ABS Fungsi ini berguna untuk menghasilkan nilai mutlak (positif) suatu bilangan. Rumus : ABS (bilangan) Keterangan : bilangan adalah setiap bilangan bulat atau pecahan baik positif atau negatif. 2 Fungsi INT Fungsi INT digunakan untuk membulatkan bilangan pecahan ke bawah, baik bilangan positif maupun negatif. Rumus : INT (bilangan)

11 3. Fungsi ROUND, ROUNDDOWN DAN ROUNDUP Fungsi ROUND, ROUNDDOWN dan ROUNDUP digunakan untuk membulatkan bilangan pecahan dengan jumlah digit yang ditentukan. Perbedaannya, fungsi ROUNDDOWN digunakan untuk membulatkan bilangan ke bawah, sedangkan fungsi ROUNDUP digunakan untuk membulatkan bilangan ke atas. Fungsi ROUND digunakan untuk membulatkan bilangan pecahan positif ke bawah dan bilangan negatif ke atas. Rumus : ROUND (bil ; jum_digit) ROUNDDOWN (bil ; jum_digit) ROUNDUP (bil ; jum_digit) Keterangan : Biladalah bilangan yang akan dibulatkan Jum_digitadalah jumlah digit di belakang koma

12 MENGGUNAKAN AUTO CALCULATE Untuk memudahkan melakukan proses perhitungan, pada Microsoft Excel juga disediakan fasilitas AutoCalculate untuk menghitung secara otomatis data-data yang ada. Fungsi-fungsi yang terdapat pada AutoCalculate adalah Sum, Average, Count, Max dan Min. Untuk menggunakan AutoCalculate, sorot terlebih dahulu data yang akan dihitung, kemudian klik tanda panah ke bawah pada tombol Sebelum menggunakan AutoCalculate, hasil perhitungan dari AutoCalculate dapat dilihat pada bagian kanan bawah dari jendela Microsoft Excel. Untuk mengubah tampilan pada bagian kanan bawah tersebut klik kanan pada bagian itu kemudian pilih fungsi lain yang ingin ditampilkan. FASILITAS BANTU PADA MICROSOFT EXCEL

13 MENGGUNAKAN AUTO FORMAT Untuk membuat format tabel secara otomatis dapat dilakukan dengan klik menu Format > Auto Format. Kemudian pada kotak dialog Auto Format pilih format yang ingin digunakan dan klik OK. MENGGUNAKAN CONDITIONAL FORMATTING Conditional Formatting berfungsi untuk memberi format tertentu secara otomatis pada sel jika nilai pada sel memenuhi kriteria tertentu. Klik menu Format > Conditional Formatting, kemudian isi kriteria yang ingin digunakan dan format yang ingin digunakan. MEMBERI NAMA PADA SEL Semua sel yang ada pada Worksheet dapat diberikan nama yang nantinya nama tersebut dapat digunakan dalam proses perhitungan di dalam formula atau fungsi. Untuk memberi nama pada sel, klik menu Insert > Name > Define. Kemudian pada kotak dialog Define Name yang muncul, ketik nama sel yang diinginkan pada kotak isian Names in workbook. Setelah selesai klik OK.

14 MEMPERINDAH TAMPILAN (alignment, orientasi sudut, garis, pattern dan background) Pengaturan alignment Pengaturan alignment dapat dilakukan dengan menekan alignment pada toolbar sesuai dengan perataan teks yang diinginkan. Selain itu, juga dapat dilakukan pada kotak dialog Format Cells pilih tab Alignment. Atur perataan teks pada bagian Text Alignment. Pengaturan format tampilan karakter Pengaturan format tampilan dilakukan pada kotak dialog Format Cells. Untuk menampilkan kotak dialog ini, klik menu Format > Cells. Pilih tab Number, kemudian pilih format yang ingin diterapkan pada cells pada bagian Category.

15 Pengaturan orientasi sudut Pengaturan orientasi sudut dilakukan pada kotak dialog Format Cells pilih tab Alignment, kemudian atur orientasi sudut pada bagian Orientation, masukkan sudut yang diinginkan pada bagian Degrees. Pengaturan garis Pada kotak dialog Format Cells, pilih tab Border kemudian atur garis dan warna garis yang diinginkan. Pengaturan pattern Pattern adalah warna dan pola yang diterapkan pada sel. Pengaturan pattern dapat dilakukan pada kotak dialog Format Cells, pilih tab Pattern kemudian atur warna dan pola yang diinginkan.

16 Pengaturan background Background gambar dapat dimasukkan dalam WorkSheet untuk memperindah tampilan buku kerja. Klik menu Format > Sheet > Background, kemudian pilih gambar yang akan dijadikan background pada kotak dialog Sheet Background yang tampil.

17 MENYALIN DATA (copi, cut, paste, clipboard dan autofill) Cut, copy, paste dan clipboard Seperti pada microsoft office lainnya, pada microsoft excel-pun dapat dilakukan proses penyalinan data, yaitu dengan menggunakan Copy, Cut, Paste dan Clipboard. Untuk menyalin data, sorot sel yang ingin disalin kemudian klik toolbar copy. Setelah itu, pindahkan sorotan ke sel yang akan dituju kemudian klik toolbar paste. Untuk memindahkan data, sorot sel yang akan dipindahkan kemudian klik toolbar cut. Setelah itu, pindahkan sorotan ke sel tempat data akan dipindahkan. Autofill Autofill adalah fasilitas dari Microsoft Excel yang digunakan untuk menyalin rumus dari satu sel ke sel lainnya secara berurutan.

18 Menggunakan autofill Jika pada suatu tabel yang dibuat terdapat banyak sel yang menggunakan formula yang sama, formula tersebut dapat dicopi tanpa harus mengetik ulang. Fasilitas ini disebut dengan autofill. Untuk menggunakannya, dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu : 1.Menggunakan mouse Arahkan penunjuk mouse ke bagian kanan bawah dari sel yang akan dicopi sehingga penunjuk mouse menjadi +, kemudian tarik ke sel yang akan dicopi. 2.Menggunakan baris menu Pertama sorot semua daerah yang akan dicopi. Kemudian klik menu Edit > Fill > (pilih arah auto fill yang diinginkan)

19 MENATA LAYAR LEMBAR KERJA Untuk mempermudah bekerja pada Microsoft Excel, layar lembar kerja dapat diatur. Window Split Membagi jendela Microsoft Excel menjadi dua bagian. Klik menu Window > Split. Freeze Panes Membekukan baris atau kolom tertentu. Klik menu Window > Freeze Panes.


Download ppt "MENATA DATA. FORMULA/RUMUS PENGERTIAN FORMULA Formula merupakan bentuk persamaan yang menghitung nilai dalam worksheet. Sebuah formula diawali dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google