Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Hasil koordinasi • Sesuai hasil koordinasi Pada prinsipnya untuk pembagian naskah soal UN di bagikan secara acak oleh pengawas ruangan, namun untuk menghindarkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Hasil koordinasi • Sesuai hasil koordinasi Pada prinsipnya untuk pembagian naskah soal UN di bagikan secara acak oleh pengawas ruangan, namun untuk menghindarkan."— Transcript presentasi:

1

2 Hasil koordinasi • Sesuai hasil koordinasi Pada prinsipnya untuk pembagian naskah soal UN di bagikan secara acak oleh pengawas ruangan, namun untuk menghindarkan pembagian secara BLOK (saling berdekatan), mengingat teknis packing soal tiap paket soal dikemas dalam 1 (satu) kemasan plastik sehingga dalam 1(satu) sampul soal terdiri dari 5(lima) kemasan plastik yang berbeda. Untuk itu agar dalam pembagiaan naskah soal tidak saling berdekatan (blok), setiap rayon perlu mengatur sebagaimana denah terlampir, dalam penentuan pola denah setiap harinya ditentukan bersama oleh kepala sekolah dan pengawas satuan pendidikan.

3 PAKET SOAL  PAKET SOAL :  TERDIRI DARI 5 PAKET SOAL UTAMA (A,B,C,D,E) DAN 1 (SATU) PAKET SOAL CADANGAN (F)  KODE PAKET SOAL BERUPA ANGKA TERDIRI 2 (DUA) DIGIT  CONTOH  P 11, P 12, P 13, P 14 dan P 15.  SOAL CADANGAN HANYA DI PERGUNAKAN APABILA ADA KEKURANGAN/KERUSAKAN NASKAH SOAL UTAMA

4 TUGAS PENGAWAS RUANG UN BACA TATA TERTIB PENGAWAS DENGAN BAIK – (PERSIAPAN, PELAKSANAAN, PASCA PELAKSANAAN) PELAKSANAAN : 6) membagikan LJUN kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta UN (nomor ujian, nama, tanggal lahir, dan tanda tangan); 7) memastikan peserta UN telah mengisi identitas dengan benar; 9) membagikan naskah soal secara acak kepada peserta UN untuk setiap mata pelajaran;  Pembagian naskah soal terdiri dari 5 (lima) paket, secara acak diatur dengan pola sebagaimana denah pembagian soal.

5 POLA PEMBAGIAN NASKAH SOAL  Pola pembagian soal terdiri beberapa pola, diterapkan secara bergantian setiap hari selama ujian berlangsung;  Penentuan pola pembagian naskah soal ditentukan bersama antara Kepala sekolah dengan Pengawas Satuan Pendidikan (Perguruan Tinggi) pada setiap harinya sehingga siswa tidak mengetahui paket soal yang akan diterimanya;  Dimungkinkan tiap sekolah akan berbeda pola dengan sekolah lain pada setiap harinya;

6 1.SISWA MENGISI IDENTITAS PADA LJUN DENGAN LENGKAP DAN BENAR 2.SETELAH PEMBAGIAN SOAL SESUAI DENAH, Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai, PENGAWAS RUANG MENGINFORMASIKAN KEPADA PESERTA, AGAR MENGECEK NASKAH SOAL : a.JUMLAH HALAMAN SOAL b.KESESUAIAN PAKET SOAL SAMA TIAP HALAMAN c.NOMOR SOAL TIDAK ADA YANG LONCAT d.KETIKAN DAN GAMBAR/GRAFIK/TABEL JELAS TERBACA 3.APABILA DITEMUKAN KETIDAK SESUAIAN LANGSUNG DIGANTI DENGAN SOAL CADANGAN 4.SETELAH NASKAH SOAL DINYATAKAN BAIK, SISWA MENULISKAN KODE PAKET SOAL KE DALAM LJUN

7 MODEL POLA POLA INI HANYA MODEL PEMBAGIAN, PADA PRINSIPNYA PEMBAGIAN NASKAH SECARA ACAK, TIDAK BLOK DAN SISWA TIDAK TAHU PAKET APA YANG AKAN DITERIMA

8 DENAH PEMBAGIAN SOAL (POLA 1) 18(C) 19(D) 20(E) 16 (C) 9(D ) 1 (A) 8(E) 2 (B) 7 (A) 10 (E) 15 (D) 3 (C) 6(B ) 11 (A ) 14(E) 4 (D ) 5(C) 12 (B) 13(A) pengawas 17(B )

9 DENAH PEMBAGIAN SOAL (POLA 2) 18(D) 19(E) 20(A) 16 (D) 9(E ) 1 (B) 8(A) 2 (C) 7(B) 10 (A) 15 (E) 3 (D) 6(C ) 11 (B ) 14(A) 4 (E ) 5(D) 12 (C) 13(B) pengawas 17(C )

10 DENAH PEMBAGIAN SOAL (POLA 3) 18(E) 19(A) 20(B) 16 (E) 9(A ) 1 (C) 8(B) 2 (D) 7(C) 10 (B) 15 (A) 3 (E) 6(D ) 11 (C ) 14(B) 4 (A ) 5(E) 12 (D) 13(C) pengawas 17(D )

11 DENAH PEMBAGIAN SOAL (POLA 4) 18(A) 19(B) 20(C) 16 (A) 9(B ) 1 (D) 8(C) 2 (E) 7(D) 10 (C) 15 (B) 3 (A) 6(E ) 11 (D ) 14(C) 4 (B ) 5(A) 12 (E) 13(D) pengawas 17(E )

12 DENAH PEMBAGIAN SOAL (POLA 5) 18(B) 19(C) 20(D) 16 (B) 9(C ) 1 (E) 8(D) 2 (A) 7(E) 10 (D) 15 (C) 3 (B) 6(A ) 11 (E ) 14(D) 4 (C ) 5(B) 12 (A) 13(E) pengawas 17(A )

13 NASKAH SOAL SAMPUL NASKAH SOAL Sampul besar 5 PAKET (5 KANTONG EXSEMPLAR Sampul besar 5 PAKET (5 KANTONG EXSEMPLAR 3 SET ABSEN PESERTA 3 SET BERITA ACARA SAMPUL LJUN (SR) LBR KONTROL 3 SET ABSEN PESERTA 3 SET BERITA ACARA SAMPUL LJUN (SR) LBR KONTROL LJUN (1 KANTONG PLASTIK) ( LJUN (1 KANTONG PLASTIK) ( AMPLOP SEKOLAH (AS) (AS)

14 NASKAH SOAL SAMPUL NASKAH SOAL Sampul besar 5 PAKET (5 KANTONG EXSEMPLAR Sampul besar 5 PAKET (5 KANTONG EXSEMPLAR 3 SET ABSEN PESERTA 3 SET BERITA ACARA SAMPUL LJUN (SR) LBR KONTROL 3 SET ABSEN PESERTA 3 SET BERITA ACARA SAMPUL LJUN (SR) LBR KONTROL LJUN (1 KANTONG PLASTIK) ( LJUN (1 KANTONG PLASTIK) ( AMPLOP SEKOLAH (AS) (AS)

15 PENANGANAN (LJUN) •L•LJUN DIURUTKAN DARI NOMOR KECIL KE BESAR DIMASUKAN KE AMPLOP LJUN (SAMPUL RUANG) – D– DILAMPIRI •1•1 SET ABSEN •1•1 SET BERITA ACARA –K–KEMUDIAN DITUTUP DAN DILEM SERTA DITANDATANGANI OLEH PENGAWAS RUANG UN DI DALAM RUANG UJIAN.

16 PENGIRIMAN KE RAYON •S•SAMPUL RUANG ( SR )  (LJUN,ABSEN, BA) •D•DIMASUKAN KE DALAM SAMPUL SEKOLAH ( AS ) –D–DILAMPIRI (DI LUAR AMPLOP) •1•1 SET ABSEN •1•1 SET BERITA ACARA •1•1 LB. LEMBAR KONTROL - 1 SET ABSEN; BERITA ACARA; LEMBAR KONTROL (ARSIP SEKOLAH)

17 PENGIRIMAN KE RAYON •S•SAMPUL RUANG ( SR )  (LJUN,ABSEN, BA) •D•DIMASUKAN KE DALAM SAMPUL SEKOLAH ( AS ) –D–DILAMPIRI (DI LUAR AMPLOP) •1•1 SET ABSEN •1•1 SET BERITA ACARA •1•1 LB. LEMBAR KONTROL - 1 SET ABSEN; BERITA ACARA; LEMBAR KONTROL (ARSIP SEKOLAH)

18 Sesuai POS tugas pengawas

19 D. Tata Tertib Pengawas Ruang UN 1. Persiapan UN a. Empat puluh lima (45) menit sebelum ujian dimulai pengawas ruang UN telah hadir di lokasi sekolah/madrasah penyelenggara UN. b. Pengawas ruang UN menerima penjelasan dan pengarahan dari ketua penyelenggara UN. c. Pengawas ruang UN menerima bahan UN yang berupa naskah soal UN, LJUN, amplop LJUN, daftar hadir, dan berita acara pelaksanaan UN.

20 2. Pelaksanaan UN a. Pengawas ruang UN masuk ke dalam ruang UN 20 menit sebelum waktu pelaksanaan untuk: 1)memeriksa kesiapan ruang ujian; 2)meminta peserta UN untuk memasuki ruang UN dengan menunjukkan kartu legitimasi peserta UN dan menempati tempat duduk sesuai nomor yang telah ditentukan; LANJUTAN

21 3 ) memeriksa dan memastikan setiap peserta UN tidak membawa tas, buku atau catatan lain, alat komunikasi elektronik, kalkulator dan sebagainya ke dalam ruang UN kecuali alat tulis yang akan dipergunakan; 4) membacakan tata tertib UN; 5) meminta peserta ujian menandatangani daftar hadir; 6) membagikan LJUN kepada peserta dan memandu serta memeriksa pengisian identitas peserta UN (nomor ujian, nama, tanggal lahir, dan tanda tangan); 7) memastikan peserta UN telah mengisi identitas dengan benar; LANJUTAN

22 8) setelah seluruh peserta UN selesai mengisi identitas, pengawas ruang UN membuka amplop soal, memeriksa kelengkapan bahan ujian, dan meyakinkan bahwa amplop tersebut dalam keadaan baik dan tertutup rapat (disegel), disaksikan oleh peserta ujian; 9) membagikan naskah soal secara acak kepada peserta UN untuk setiap mata pelajaran; 10)membagikan naskah soal UN dengan cara meletakkan di atas meja peserta UN dalam posisi tertutup (terbalik). Peserta UN tidak diperkenankan untuk menyentuhnya sampai tanda waktu UN dimulai; LANJUTAN

23 b. Setelah tanda waktu mengerjakan dimulai, pengawas ruang UN: 1)mempersilakan peserta UN untuk mengecek kelengkapan soal; (jumlah halaman, kesesuaian paket soal tiap halaman, kejelasan gambar/grafik) 2)mempersilakan peserta UN untuk mulai mengerjakan soal; 3)mengingatkan peserta agar terlebih dahulu membaca petunjuk cara menjawab soal dan menuliskan kode paket soal di LJUN

24 Lanjutan: c. Kelebihan naskah soal UN selama ujian berlangsung tetap disimpan di ruang ujian dan tidak diperbolehkan dibaca oleh pengawas ruangan. d. Selama UN berlangsung, pengawas ruang UN wajib: 1)menjaga ketertiban dan ketenangan suasana sekitar ruang ujian; 2)memberi peringatan dan sanksi kepada peserta yang melakukan kecurangan; serta 3)melarang orang memasuki ruang UN selain peserta ujian.

25 e. Pengawas ruang UN dilarang memberi isyarat, petunjuk, dan bantuan apapun kepada peserta berkaitan dengan jawaban dari soal UN yang diujikan. f. Lima menit sebelum waktu UN selesai, pengawas ruang UN memberi peringatan kepada peserta UN bahwa waktu tinggal lima menit. g. Setelah waktu UN selesai, pengawas ruang UN: 1)mempersilakan peserta UN untuk berhenti mengerjakan soal; 2) mempersilakan peserta UN meletakkan naskah soal dan LJUN di atas meja dengan rapi; 3)mengumpulkan LJUN dan naskah soal UN; 4) menghitung jumlah LJUN sama dengan jumlah peserta UN; LANJUTAN

26 5. mempersilakan peserta UN meninggalkan ruang ujian; 6. menyusun secara urut LJUN dari nomor peserta terkecil ke nomor peserta terbesar dan memasukkannya ke dalam amplop LJUN disertai dengan satu lembar daftar hadir peserta, satu lembar berita acara pelaksanaan, kemudian ditutup dan dilem serta ditandatangani oleh pengawas ruang UN di dalam ruang ujian; h. Pengawas Ruang UN menyerahkan amplop LJUN yang sudah di lem dan ditandatangani, serta naskah soal UN kepada Penyelenggara UN Tingkat Sekolah/Madrasah disertai dengan satu lembar daftar hadir peserta dan satu lembar berita acara pelaksanaan UN.

27


Download ppt "Hasil koordinasi • Sesuai hasil koordinasi Pada prinsipnya untuk pembagian naskah soal UN di bagikan secara acak oleh pengawas ruangan, namun untuk menghindarkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google