Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK DI SUSUN OLEH: SONI WAHYU HANAFI (20090720199)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK DI SUSUN OLEH: SONI WAHYU HANAFI (20090720199)"— Transcript presentasi:

1 PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK DI SUSUN OLEH: SONI WAHYU HANAFI ( )

2 Siapa Namaku??? A. Tujuan :  Mengingatkan kembali pada peserta tentang hukum SPOK yang harus dipatuhi dalam melakukan penulisan.  Menyegarkan suasana ketika bekenalan satu dengan yang lain. B. Alat dan Bahan :  Kertas dan Bolpoint

3 C. Pelaksanaan :  Instruktur meminta peserta membentuk lingkaran besar.  Instruktur membagikan sebuah kertas kepada setiap peserta dengan ukuran yang sama dan meminta masing-masing peserta untuk menyiapkan sebuah bolpoint.  Instruktur meminta kepada peserta untuk menulis nama panggilan (subyek) mereka di tengah-tengah kertas yang dibawa. Ukuran tulisan sebaiknya tidak terlalu besar.

4  Masing-masing peserta melipat kertas sebanyak dua kali agar nama yang ditulis tidak terlihat.  Instruktur meminta untuk mengestafetkan kertas tersebut ke kanan sampai si pemilik kertas tidak memegang kertas miliknya lagi, namun memegang kertas milik orang lain.  Setelah berhenti, instruktur meminta untuk menuliskan kata kerja (predikat) yang berhubungan dengan panca indera. Contoh : melihat, mendengar, dsb. Peserta diminta untuk tidak menulis di bagian atas lipatan namun di bawah lipatan, agar jika kertas dibuka tulisan-tulisan yang sudah dibuat berada di halaman yang sama. Setelah selesai, kemudian kertas diputar kembali.

5  Setelah berhenti, instruktur meminta menuliskan sebuah nama hewan (obyek) yang sering dilihat oleh peserta. Misalnya : kucing, ayam, kambing, dsb. Kemudian lipat lagi dan kertas diputar lagi.  Terakhir, instruktur meminta peserta menuliskan kata keterangan tempat. Setelah selesai, kertas tersebut dilipat menjadi gulungan kecil.  Instruksikan pada peserta untuk menyerahkan gulungan kertas kecil yang dipegangnya ke teman sebelah kirinya. Lakukan terus dengan kecepatan yang terus ditingkatkan. Saling oper akan terjadi dengan cepat dan koordinasi mulai kacau karena saking cepatnya. Kemudian istruktur meneriakkan kata “stop!”.

6  Contoh kalimat yang akan dibaca seperti ini: “Amir menyium sapi di pasar”. Perkenalan telah dimulai dari Amir. Begitu seterusnya dilanjutkan kertas-kertas yang lain dengan mengurutkan nama yang tertulis di kertas..

7 MOST DIFICULT QUESTION  Alat dan bahan : Kertas dan bolpoint  Jumlah Peserta : Tidak terbatas  Waktu : 30 menit

8  Langkah-langkah :  Minta semua peserta membuat lingkaran besar, lalu bagi lingkaran itu menjadi dua buah setengah lingkaran yang sama jumlahnya.  Tiap setengah lingkaran membentu barisan sehingga ada dua barisan saling berhadapan. Orang yang berhadapan adalah satu pasangan.  Beri waktu pada tiap pasangan untuk saling berkenalan dengan pertanyaan biasa hingga tidak biasa. Catat jawabannya dalam secarik kertas dan cari pasangan yang bisa mengumpulkan pertanyaan dan jawaban terbanyak.

9  Beri pujian pada pemenangnya, tapi bukan ini puncak permainan ini.  Perintahkan semua peserta membuat daftar pertanyaan (misalnya 10 buah) yang nantinya akan dijawab pasangannya.  Pasangannya diperbolehkan tidak menjawab pertanyaan itu dengan alasan lupa, tidak tahu jawabannya, malu atau jawabannya rahasia pribadi.  Pemenang adalah peserta yang pertanyaannya paling banyak tidak dijawab oleh pasangannya. Tetapi jangan beritahukan hal ini sebelumnya pada peserta.

10  Pertanyaan bisa berupa hal-hal pribadi yang konyol misalnya:  Sudah berapa kali punya pacar  Apa warna celana dalam yang sekarang dipakai  Seharian tadi sudah kentut berapa kali.  Dan sebagainya.

11 STORY OF MY NAME  Alat dan bahan : Kertas dan bolpoint  Jumlah Peserta : Tidak terbatas  Waktu : 30 menit

12  Langkah-langkah :  Dalam permainan ini, semua peserta diminta menulis cerita pendek tentang nama mereka. Hal yang diceritakan antara lain:  Sejarah awal mula kenapa ia diberi nama itu.  Arti nama yang dimilikinya.  Kepanjangan dari namanya seandainya nama itu sebuah akronim.  Cerita dibalik nama panggilannya yang terkadang berbeda jauh dari nama aslinya.  Jika cerita sudah selesai ditulis, beri kesempatan pada setiap peserta untuk maju dan membacakan kisah tentang namanya sendiri.

13 THE MESSAGE  Alat dan bahan : Kertas dan bolpoint  Jumlah Peserta : orang  Waktu : 45 menit

14  Langkah-langkah :  Bagi 2 tim yang masing-masing beranggotakan 8 orang.  Buat pesan satu kata yang terdiri dari 8 huruf.  Masing-masing huruf ditempel di punggung setiap anggota tim.  Tugas mereka adalah berusaha membaca pesan yang tertulis di punggung lawan dan berusaha agar huruf di punggungnya tidak terbaca.

15  Dilarang menutupi tulisan dengan tangan.  Tim yang berhasil memecahkan pesan boleh meminta ‘break’ dan mengatakan pesannya.  Jika benar, maka tim itulah pemenangnya, tetapi jika salah, mereka yang kalah.  Strategi terbaik dalam permainan ini adalah selalu berkumpul saling membelakangi agar tulisannya tidak terlihat.

16 TES 7 MENIT  Waktu : 7 menit  Alat dan bahan : Lembar soal sebagaimana contoh di bawah  Aturan main : Mintalah siswa mengerjakan soal dengan cermat  Lembar Soal : Tes 7 menit

17  Petunjuk :  Baca dengan baik dan seksama seluruh pertanyaan di bawah ini SEBELUM mulai menjawab.  Peraturan :  Waktu mengerjakan soal 7 menit. Peserta yang paling cepat dan benar dalam menjawab akan mendapatkan penghargaan. Jawaban dituliskan di balik lembar soal.

18 Contoh Soal 1. Tuliskan nama di bagian kanan bawah 2. Tuliskan tanggal lahir di sebelah kiri atas dan beri lingkaran 3. Tuliskan alamat rumah di tengah kertas, tulis dengan HURUF BESAR 4. Tuliskan 2 nama guru yang favorit 5. Tuliskan mata pelajaran yang disenangi 6. Jika punya HP, tuliskan nomor HP

19 7. Tuliskan 3 makanan kesukaan 8. Bagaimana cara menyelesaikan kasus Bank Century yang sekarang menjadi sorotan? Cukup uraikandengan 4-5 kalimat. 9. Majulah ke depan kelas, teriakan dengan suara lantang : AKU SUKSES UN!! 10. Bukalah sepatu, taruhlah di dekat meja guru 11. Jika sudah selesai mengerjakan nomor 10, tuliskan cita-cita Anda di pojok kanan

20 12. Segera berdiri dan tepuk bahu kanan teman terdekat Anda lalu berikan senyuman terbaik! 13. Katakan: Teman, saya sudah selesai, mengapa kamu begitu lambat? ada yang bisa saya bantu? 14. Sambil kembali ke tempat duduk teriakan dengan lantang: “Yes-yes-yes” akulah manusia tercepat ! 15. Buatlah tanda tangan sebagus mungkin di tengah kertas, kumpulkan kertas jawaban di meja gurudan kembali ke tempat duduk dengan tenang

21 16. Teriakkan : SAYA SIAP MENGERJAKAN SEGALA HAL! 17. Tepuk tangan 5 kali sebagai tanda telah menyelesaikan soal 18. Kerjakan hanya soal nomor 5, 7, Tuliskan 4 nama teman akrab 20. Tuliskan 3 tokoh idola

22  Perwakilan siswa menyampaikan komentar atas permainan  Ulasan : kecepatan dalam mengerjakan soal ujian adalah satu hal yang penting, namun kecepatan tanpa kehati-hatian, ketepatan dan ketelitian akan membawa kerugian.Dalam simulasi tes 7 menit tersebut, mayoritas siswa akan langsung mengerjakan soal tanpa memperhatikan instruksi yang diberikan, yaitu membaca seluruh soal terlebih dahulu sebelum mengerjakan. Siswa yang teliti hanya akan mengerjakan soal nomor 5, 7 dan 15, sebagaimana instruksi dalam nomor 18

23


Download ppt "PERMAINAN UNTUK MENINGKATKAN KEKOMPAKAN KELOMPOK DI SUSUN OLEH: SONI WAHYU HANAFI (20090720199)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google