Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS DESAIN PELATIHAN NGATILAH 20090720237 MEMASANGKAN CINCIN Kelompok : terdiri dari 8 sampai 15 orang Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan : a. Satu pensil.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS DESAIN PELATIHAN NGATILAH 20090720237 MEMASANGKAN CINCIN Kelompok : terdiri dari 8 sampai 15 orang Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan : a. Satu pensil."— Transcript presentasi:

1

2 TUGAS DESAIN PELATIHAN NGATILAH

3 MEMASANGKAN CINCIN Kelompok : terdiri dari 8 sampai 15 orang Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan : a. Satu pensil tumpul atau batang kayu setiap pemain. b. 2 sampai 3 cincin

4 TUJUAN Untuk memberi semangat kelompok melalui kompetisi lucu. KAPAN MELAKSANAKANYA Setelah sesi pleno atau istirahat makan siang

5  Minta peserta untuk berdiri di dua garis saling berhadapan. Minta orang yang lain untuk meletakanpensil yang belum di rauti ke dalam mulut mereka. LANGKAH Siap…..

6 Orang pertama dalam barisan meletakan sebuah cincin di pensil mereka, menutup bibir mereka dan mencoba untuk memberikan cincin dengan cepat ke pensil orang kedua. Jika cincin jatuh, grop harus memulai lagi dengan orang pertama dalam barisan. Grup yang menang adalah yang pertama berhasil memberikan (melewatkan) cicin kepada semua anggota.

7 SEMUA KAPAL Kelompok: 15 sampai 20 orang Waktu: 10 menit Bahan: selotip (pita)

8 TUJUAN Bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama KAPAN DI LAKUKAN Ketika interaksi kelompok telah melambat Bosan…!

9 LANGKAH – LANGKAH Gunakan selotip, buat persegi berukuran berbeda di lantai,ukuran yang di sarankan adalah : 3m x 3m, 2m x 2m, 1m x 1m, 0.5m x 0.5m, dan 0.25 x 0.25m.

10 Beritahu peserta bahwa mereka berada di atas sebuah perahu menyerupai titanic yang telah menabrak gunung es( mulai persegi 3m)sehingga mereka tidak akan mati tenggelam.tidak seorangpun dapat menyentuh area di luar persegi (air) 3x3 m 2x2m Kalian di atas titanic…..

11 Setelah mereka menemukan cara mendapatkan semua orang dalam persegi,beritahu mereka bahwa gunung es retak dan mereka harus menemukan persegi terbesar berikutnya,lanjutkan sampai mereka pindah kepersegi terkecil. Es retak,..ayo.. kalian pindah……

12 PENYIHIR, CEBOL DAN RAKSASA KELOMPOK: 15 sampai 40 WAKTU: 10 sampai 20 menit BAHAN: Tanpa bahan

13 TUJUAN Untuk bersenang senang dan tertawa KAPAN DI LAKUKAN Di tengah acara ketika peserta telah mengembangkan kepercayaan dalam grup dan bebas untuk bertindak. Ayo terus… Ha..ha… ha….

14 LANGKAH – LANGKAH Minta peserta untuk membentuk 2 tim Meminta setiap tim untuk membentuk kerumunan dan memilih mana dari 3 karakter yang mereka inginkan yaitu : Penyihir yang meregangkan tangan mereka di depan menggoyangkan jari jari mereka dan membuat suara woooo …. Raksasa yang meletakan tangan mereka diatas kepala mereka dan melompat – lompat dan membuat suara hoooo …... Wooo…… Hooo…….

15 Orang kerdil yang merunduk dekat tanah dengan tangan mereka di telinga mereka dan membuat suara keras ning ning ning …….. Member tahu peserta bahwa penyihir menang atas raksasa, raksasa menang atas manusia kerdil dan orang kerdil menang atas penyihir. Ning…ning…. ning…..

16 Meminta tim untuk berbaris saling berhadapan dua meter terpisah.setiap tim harus memilih zona aman di suatu tempat dalam ruangan mungkin di tandai dengan pita. Fasilitator memulai setiap tindakan dengan mengatakan 1, 2, 3 mulai … Setiap tim kemudian keluar dengan karakter pilihanya, dan pemenang mengejar orang sebelum sampai zona aman.siapa yang tersambar sebelum mencapai zona aman bergabung dengan tim pemenang. 1…2…3... mulai …..

17 LAGU DAN BOLA Kelompok: 15 sampai 40 Waktu: 10 sampai 20 menit Bahan: - 1 buah bola - 1 sampai 2 lagu

18 TUJUAN Untuk menciptakan kesenangan dengan bermain bersama. KAPAN DI LAKUKAN Ketika kejenuhan datang dan semangat melemah

19 LANGKAH – LANGKAH Minta untuk semua peserta untuk berdiri membentuk lingkaran besar Orang pertama memegang sebuah bola. Semua peserta menyanyikan sebuah lagu yang telah di tentukan.

20 Ketika lagu di nyanyikan bola berpindah dari satu peserta ke peserta yang lain. Bola terus berputar sampai lagu selesai di nyanyikan. Ketika lagu selesai di nyanyikan, di situlah bola berhenti. Siapa yang memegang bola maka dia yang mendapat hukuman untuk maju ke tengah lingkaran dan menyanyikan lagu yang ia inginkan. Ayo nyanyi ……

21 BERPELUKAN Kelompok: 10 sampai 40 peserta Waktu : 10 sampai 20 menit Bahan : Materi rokaat sholat lima waktu (bisa di sesuaikan dengan umur)

22 TUJUAN Untuk Menumbuhkan Konsentrasi Dan Kesigapan KAPAN DI LAKUKAN Ketika sebuah kegiatan telah selesai

23 LANGKAH - LANGKAH Semua peserta di minta membentuk lingkaran besar Fasilitator memberikan penjelasan aturan permainan, yaitu - fasilitator menyebutkan satu persatu nama sholat lima waktu. - peserta berkonsentrasi mengingat jumlah rokaat nya. Perhatik an ……..

24 - ketika fasilitator menyebutkan salah satu nama sholat lima waktu, peserta mengingat jumlah rokaat dan mereka mencari pasangan berpelukan sesuai dengan jumlah rokaat sholat tersebut. - peserta yang mendapatkan jumlah pasanganya salah, maka dialah yang akan mendapatkan hukuman

25 peserta yang mendapatkan jumlah pasanganya salah, maka dialah yang akan mendapatkan hukuman Sholat subuh…. Salah…


Download ppt "TUGAS DESAIN PELATIHAN NGATILAH 20090720237 MEMASANGKAN CINCIN Kelompok : terdiri dari 8 sampai 15 orang Waktu: 10 sampai 15 menit Bahan : a. Satu pensil."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google