Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun oleh: Enis Setiawati 0211 10 054 Sopiawati 0211 10 069.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun oleh: Enis Setiawati 0211 10 054 Sopiawati 0211 10 069."— Transcript presentasi:

1 Disusun oleh: Enis Setiawati Sopiawati

2 Tujuan Belajar Setalah mempelajari bab ini, Anda diharapkan • Mengetahui berbagai macam komponen – kompenen komputer • Mengetahui alat – alat komputer pribadi • Memahami dampak dari pesatnya perkembangan teknologi di bidang informasi dan komunikasi • Mengenal sumber daya inout dan output • Mengetahui perbedaan berbagai media penyimpanan dan keunggulan dari masing – masing media. • Menegtahui keunggulan dari perangkat lunak siap pakai • Memahami berbagai strategi jaringan komputer • Memahami perbedaan komunikasi antara sistem telepon umum dengan jaringan • Memahami protokoll – protokol jaringan • Membedakan intranet, eksternet, dan internet

3 Sumber daya komputer anda bukan hanya yang terdapat di atas meja anda, tetapi juga meliputi peranti keras dan peranti lunak serta file – file yang anda akses melalui sebuah jaringan. Sumber daya komputer yang anda pergunakan sering kali terhubung dengan komputer anda melaui sebuah jaringan.

4 Saat mempelajari bab ini, tempatkan perubahan – perubahan yang terjadi dalam standar, kecepatan dan biaya pada perspekifnya. Jangan terlena dengan melihat bahwa ini hanyalah sejarah yang harus dipelajari untuk menghadapi sebuah ujian. Standar teknologi informasi selalu berubah perusahaan yang dapat melihat ke masa depan dan mamanfaatkan perubahan adalah perusahaan yang akan mampu tetap hidup dalam perekonomian dewasa ini.

5  Peranti Keras Kompuetr memiliki bermacam – macam kecepatan dan harga, namun semua memiliki fitur – fitur yang umum. Komputer – komputer besar yang menjalankan kebanyakan operasi komputer untuk sistem informasi tersentralisasi disebut sebagai komputer maniframe.  Memori Memori adalah ruang penyimpanan primer atau random access memory (RAM). Memori juga merupakan alat penyimpan data yang rentan karena isinya akan hilang ketika daya komputer dimatikan.

6 Ruang Penyimpanan Ruang penyimpanan untuk komputer muncul dalam banyak bentuk media yang berbeda, yang masing – masing memiliki karakteristik yang berbeda yang menjadikannya lebih sesuai untuk tugas – tugas tertentu. Ruang penyimpanan dapat berbentuk tetap atau dapat dilepas. Ruang penyimpanan tetap (fixed stronge) adalah ruang penyimpanan yang terpasang secara permanen di dalam komputer

7 . Contohnya hard drive kamputer mikro anda. Media penyimp[anan yang dapat dilepas (removable strorage) biasanya berbentuk pita, disk, flash drive USB, CD, atau media jaringan lainnya. Alat – alat Output (Output Devices) Dua alat output yang palin dikenal adalah layar komputer, yang terkadang disebut monitor, dan printer.

8

9  Telepon seluler dengan pesan dan video interaktif telepon seluler memiliki fitur – fitur lain yang membantu fungsi – fungsi bisnis. Selain fungsi utamanya untuk menelpon, mengirim pesa, bisa juga untuk menyimpan Daftar kontak, alamat , catatan, dan lebih banyak lagi.  Telepon seluler cerdas telepon seluler dianggap sebagai telepon cerdas (smart phone) ketika ia menjalankan pekerjaan – pekerjaan yang biasanya dihubungkan dengan komputer mikro. Treo 650 dari palm, inc, (WWW.PALM.COM) memenuhi definisi smart phone ini (lihat figur 5,8).WWW.PALM.COM

10 Telepon ini memiliki fitur – fiture agenda dan daftar kontak. Ia juga menawarkan akses web dan sebuah keyboard. Fiture yang paling membedakan treo sebagai smart phone adalah bahwa ia dapat mensikronisasikan seluruh informasinya (agenda, nomor, telepone, dan banyak lagi) dengan sebuah komponen mikro.

11

12 Salah satu fitur blackberry bahwa ia memiliki kemapuan suara melebihi protokol internet (voice over internet protocol – VOIP ) yang memungjkinkan biaya oanggilan telepon yang lebih rendah melaui private branch exchange ( PBX ) Baik model Treo maupun blackberry menggunakan protokol telepon seluler digital GSM ( Global System For Mobile Communication).

13 GSM adalah protokol yang paling banyak digunakan di Eropa, Asia, Afrika, dan Auastralia. Penggunaannya di Amerika serikat dimulai pada tahun 2002, dan mulai menjadi standar di negara tersebut. Telepon GSM menciptakan suatu koneksi yang benar – benar global

14

15 Jaringan Rumah jaringan komputer rumah telah sama populernya seperti perusahaan TV kabel dan perusahaan telepon yang memasarkan modem untuk koneksi internet “broadband”. Jika anda memiliki TV kabel, anda mungkin dapat membeli sebuah modem kabel sehingga anda dapat mengakses internet melalui kabel yang membawa sinyal TV ke rumah anda.

16

17 Keamanan Komputasi Rumah banyak orang yang telah menggunakan komputer mikro selama bertahun – tahun dan tidak pernah memikirkan masalah keamanan. Tiga aspek keamanan memiliki arti yang penting bagi komputer yang anda pergunakan di rumah dan di tempat kerja : update sistem informasi, virus dan sprware. Keamanan bagi sumber daya sebuah organisasi seperti server web, basis data, dan jaringan hendaknya menjadi tanggung jawab dari para profesional sistem informasi. Tetapi, anda tidak perlu melindungi komputer anda.

18 Hacker Hacker adalah orang – orang yang mencoba untuk menerobos masuk ke sistem komputer guna mengumpulkan informaasi, menolak akses pemilik ke sumber daya komputer miliknya, menghapus file – file, atau mengacaukan pengguna komputer mikro oleh para pemiliknya. Beberapa hacker mengatakan bahwa istilah ini telah salah dipergunakan, bahwa “cracker” adalah orang – orang yang masuk tanpa izin ke dalam komputer orang lain untuk melakukan tindakan – tindakan jahat, sedangkan hacker hanya ingin “melihat – lihat” saja.

19 Virus virus komputer adalah program – program komputer kecil yang mengandalkan diri dengan memasukan diri mereka ke dalam sumber daya komputer setiap program atau file. Lama kelamaan virus akan mengambil alih sumber daya komputer karena begitu banyak file dan program yang terinfeksi dan tidak dapat diperguankan kembali. Worms adalah file atau program berdiri sendiri.

20 Spyeware Spyware adalah sebuah program komputer kecil yang mengawasi apa yang sedang anda kerjakan dengan sumber – sumber daya komputer anda. Beberapa spayware melaporkan aktivitas komputer anda, seperti situs – situs web mana yang anda kunjungi atau aplikasi komputer apa yang anda pergunakan, ke entitas lain. Beberapa spyware berhak membajak browser web anda dengan membawa anda ke satu situs web tertentu setiap kali anda memasuki satu kalimat untuk dicari di web.

21 Peranti Lunak Terdapat dua jenis dasar peranti lunak: peranti lunak sistem dan aplikasi. Peranti lunak sistem dibutuhkan untuk menggunakan komputer, sedangkan peranti lunak aplikasi memperoses data pengguna. Peranti lunak aplikasi dapat diperolah dalam bentuk siap pakai atau dibuat pesanan untuk pengguna tertentu. Peranti lunak sistem Peranti lunak sistem (system software) atau yang dibuat juga peranti lunak sistem operasi, menjalankan tugas – tugas mendasar yang dibutuhkan oleh seluruh petugas dari satu komputer tertentu.

22 Sistem operasi mengelola proses – proses komputer, dan berfungsi sebagai suatu antarmuka yang menghubungkan pengguna, peranti lunak aplikasi, dan peranti keras. Contoh – contoh sistem operasi untuk komputer mikro adalah window XP dan Mac OS X. UNIX adalah suatu sistem operasi yang tidak biasa di mana versi – versinya dapat dijalankan pada komputer mikro maupun mainframe. UNIX adalah sebuah freeware, setiap orang dapat secara gratis mempergunakannya dan menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan mereka masing – masing.

23 UNIX juga memiliki versi yang menjadi hak milik (atau vendor akan menggunakan biaya untuk pengguna atau pembeli operasi tersebut), vendor menjadikan versi UNIX mereka menjadi hak milik dengan menambahkan fitur – fitur pada sistem operasi yang memperluas fitur – fitur standar versi UNIX yang gratis. Vendor – vendor ini masih mendistribusikan versi – versi gratis UNIX (yang kadang disebut versi “terbuka”) namun mereka juga secara agresif memasarkan versi –versi milik mereka di mana mereka dapat menjualnya kepada komsumen.

24 Peranti Lunak Aplikasi Peranti Lunak Aplikasi Siap Pakai. beberapa tugas pengolahan informasi sangat terstandardisasi dan memberikan fungsi yang sama dari satu bisnis ke bisnis yang lainnya. Peranti lunak dapat telah diprogram sebelumnya untuk situasi-situasi seperti, penghitungan pajak, akuntasi untuk penggajian, penyusutan aset tetap dan banyak lagi asset-aset lainnya. Peranti lunak aplikasi siap pakai (prewritten application software), atau kadang-kadang disebut peranti lunak off-the- shelf, diproduksi oleh pemasok dan dijual kepada pengguna.

25 Peranti lunak siap pakai memiliki dua keuntungan penting:  Peranti lunak siap pakai telah langsung tersedia.  Peranti lunak siap pakai lebih murah dari pada peranti lunak khusus. Peranti Lunak Aplikasi Khusus terkadang sebuah organisasi memiliki operasi yang unik. Dalam kasus-kasus seperti ini, bisnis mungkin memiliki progremmer atau sekelompok progremmer konsultannya sendiri yang menulis peranti lunak untuk memenuhi kebutuhannya. Peranti lunak seperti ini disebut peranti lunak aplikasi khusus (custum application software).

26 Peranti lunak yang ditulis oleh pengguna. pengguna akhir membuat peranti lunak aplikasi dalam jumlah signifikan yang dapat mereka pergunakan dalam tugas-tugas pekerjaanya. Factor-faktor yang membuat pengguna akhir membuat aplikasi mereka sendiri adalah kecepatan kapan aplikasi tersebut dibutuhkan tingkat kerumitan aplikasi, dan kemudahan penggunaan paket peranti lunak.

27  Peran Peranti Lunak yang Mudah Digunakan Pengguna Peranti lunak computer yang sederhana dan penggunaanya intuitif sering kali dikatakan mudah digunakan pengguna (user- friendly). Istilah ini mungkin dapat memiliki suatu konotasi negative dimana secara tidak langsung dapat diartikan bahwa aplikasi ini telah dibuat dengan begitu sederhana sehingga semua orang dapat mempergunakannya. Membuat peranti lunak yang “user friendly” lebih sulit daripada membuat peranti lunak yang “programmer friendly”.

28 Karakteristik Aplikasi Yang Mudah Digunakan  Dialog yang dipandu untuk mengarahkan pengguna sehubungan dengan data apa yang dibutuhkan, format data yang diminta, dan masalah-masalah lain yang serupa.  Menu, daftar perintah dengan langkah-langkah yang ditampilkan kebawah dan icon.  Pola dan formulir-formulir isian.  Bantuan yang sensitive pada konteks.  Antar muka berbentuk grafis dengan menggunakan simbol- simbol terstandardisasi.

29  Komunikasi Kecepatan transmisi data antar computer yang berlangsung melalui system telepon publik sering kali lebih lambat daripada ketika computer tersambung melalui jaringannya sendiri. Kabel yang menghubungkan kedua koneksi sama, namun kebanyakan jaringan computer beroprasi ratusan kali lebih cepat daripada koneksi yang melewati sistem telepon publik. Protokol adalah spesifikasi dalam pemformatan data yang akan di transfer di antara peralatan komunikasi.

30 Koneksi Publik Seorang yang menggunakan system telepon yang tetap dapat memahami komunikasi bahkan ketika saluran tersebut memiliki suara statis atau suara berdengung, sedangkan computer membutuhkan koneksi yang sangat dapat diandalkan.

31 Modem telepon menghubungkan sekitar setengah komputer rumah ke internet pada kecepatan 56 Kbps ( bit per detik). Protocol-protokol Jaringan Layanan Digital Terintegrasi (Integrated Services Digital Network -ISDN) dan Saluran Berlangganan Digital (Digital Subcriber Line- DSL) menjadi standar untuk mengirimkan data pada kecepatan 1,5 hingga 32 Mbps (32 juta bit per detik) melalui saluran telepon standar (lihat table 5.4).

32 Tabel 5.4 Sambungan Internet KoneksiKecepatanUraian Modem telepon56 KbpsAlat untuk menghubungkan computer melalui saluran telpon standar. Modem kabel2 Mbs Alat yang menghubungkan ke kabel coaxial diberikan oleh penyedia layanan TV kabel ke sebuah computer untuk mendapatkan akses internet. Kecepatan modem ini sangat bervariasi dengan kecepatan 2 Mbps sebagai kecepatan yang sering kali dipublikasikan dalam iklan-iklan penyedia layanan TV kabel.

33 Jaringan layanan 128 kbs hingga sebuah koneksi dengan digital 1,5 Mbps menggunakan saluran terintegrasi telpon standar sebagai (integrated service saluran terpisah yang digital network- masing-masing ISDN)berkomunikasi pada kecepatan 64 Kbps. Saluran berlang- 32 MbpsTeknologi yang serupa ganan digital dengan ISDN tetapi lebih (digital subscriber canggih dalam mengambil line-DSL) keuntungan dari kemampuan kecepatan berkomunikasi saluran telepon. Versi yang lebih baru, XDSL dapatmencapai kecepatan hingga 52Mbps.  Kbps = ribuan bit per detik  Mbps = Jutaan bit per detik

34 Saluran Pribadi Saluran pribadi (private line) adalah suatu sirkuit yang selalu terbuka untuk lalu lintas komunikasi anda. Istilah-istilah saluran sewaan (leased line) dan saluran khusus (dedicated line) juga dipergunakan. Terdapat dua jenis saluran pribadi yang popular – saluran T-1 dan T-3. Saluran T- 1 kadang-kadang disebut kenal T-1, memiliki kecepatan transmisi maksimum sedikit di atas 1,5 Mbps. Saluran T-3 dapat mentransfer data pada kecepatan 43 Mbps.

35 Jaringan Pribadi Maya (Virtual Private Networks) Jaringan pribadi maya (virtual private networks-VPN), untuk mengimplementasikan VPN, organisasi perlu mengadakan kontrak dengan penyedia layanan internet yang menggunakan peranti lunak tunneling. Peranti lunak tunneling sebenarnya hanya menciptakan seperangkat lokasi-lokasi perantara peralatan telepon yang akan menyelenggarakan transfer komunikasi data tertentu.

36 Komunikasi – Jaringan International Organization For Standardization (WWW.ISO.ORG) didirikan pada tahun1946; organisasi ini menciptakan arsitektur standar Interkoneksi Sistem Terbuka (Open System Interconnection-OSI) bagi koneksi-koneksi jaringan. OSI terdiri atas sebuah model tujuh lapisan seperti yang ditampilakan dalam table 5.5.

37 Table 5.5 model referensi Open System Interconnect (OSI) LapisanNamaTujuan 7 Lapisan aplikasiMelaksanakan komunikasi aplikasi ke aplikasi. 6 Lapisan presentasiMengelola konversi penyajian data. 5 Lapisan sesi Membuat dan memelihara saluran komunikasi. 4 Lapisan transport Menjamin integritas pengiriman data dari ujung ke ujung. 3 Lapisan jaringan Mengedarkan data dari satu alamat jaringan ke alamat jaringan yang lain. 2 Lapisan link data Memindahkan data dari satu alamat jaringan ke alamat jaringan yang lain. 1Lapisan fisikMenyimpan dan mengambil data dari media jaringan.

38 Protokol Untuk Komunikasi Komputer Komputer pada awalnya tidak dirancang untuk berbagi data dengan komputer lain, dan hanya dengan terminal- terminal. Terminal adalah suatu alat yang tidak memiliki ruang penyimpanan atau prosesor; terminal hanya menyediakan alat memasukan dan menampilkan data bagi komputer.

39 Token ring IBM menyadari bahwa tidak semua pelanggannya mampu atau ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk mengendalikan peranti keras. Protocol peer- to-peer memungkinkan setiap komputer untuk bertindak sebagai pengendali dirinya sendiri. IBM menamakan protocol peer-to-peer ini lingkaran tanda (token ring), karena satu tanda (token) logis akan diedarkan di antara sesame komputer. Komputer yang memegang token adalah komputer yang diperbolehkan untuk mengendalikan komunikasi. Figure 5.11 mengilustrasikan sebuah jaringan token ring.

40 Figure 5.11Contoh protocol token ring Tanda Token

41 Paket Paket data adalah suatu bagian dari data total yang akan dikomunikasikan, digabungkan dengan alamat komputer yang di tuju, komputer pengirim, dan informasi kendali lainnya. Salah satu protocol pengganti paket (packet switching protocol) yang lebih penting adalah TCP/IP, yang merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol / Internet Protocol (protocol pengendali transmisi / protocol internet).

42 Alamat Jaringan Internet Untuk menjalankan paket-paket melalui jaringan, setiap komputer yang menangani paket data harus memiliki satu alamat yang unik. Ketika menjalankan paket-paket di internet maka akan dipergunakan alamat IP. Alamat IP adalah empat bagian kumpulan angka (yang masing-masing antara 0 hingga 225), yang di pisahkan oleh angka.

43 Jenis-Jenis Jaringan Memahami bermacam-macam jenis jaringan merupakan hal penting, karena masing-masing dapat memainkan peran yang berbeda didalam starategi komunikasi perusahaan. Bermacam-macam jenis jaringan secara efektif dapat membagi-bagi komunikasi. Kartu antar muka jaringan atau network interface card (NIC) bertindak sebagai suatu perantara diantara data yang bergerak menuju dan dari komputer atau peralatan lain dari jaringan. Peranti keras jaringan di bahas di table 5.6.

44 Tabel 5.6 peranti keras jaringan komunikasi Nama uraian HUBAlat yang menerima dari sebuah komputer pada satu ujung dari jarring-jaring topologi bintang dan menyalin isinya kepada seluruh alat-alat lain. Dengan vendor yang mencoba untuk membedakan produk-produk mereka. ROUTERAlat yang menghubungkan LAN. Router tidak hanya sekedar memancarkan kembali data; router mengolah informasi pengendali yang dimuat dalam paket-paket komunikasi agar dapat menentukan LAN mana yang akan menerima data. SWITCH Alat yang menghubungkan LAN. Switch melakukan tugas-tugas router dan lebih banyak lagi. Switch menyaring data dari satu jalur jaringan ketika jalur tersebut tidak akan berisi komputer yang dituju.

45 Jaringan Area Lokal (Local Area Networks) Jaringan Area Local atau Local Area Network (LAN) adalah sekelompok komputer dan alat-alat lainnya (seperti printer) yang terkoneksi oleh satu media yang sama. Jaringan Area Metropolitan dan Jaringan Area Luas, jaringan area metropolitan atau metropolitan area network (MAN) adalah satu jaringan yang memiliki batas jarak fisik sebesar kurang lebih 30 mil. Jaringan area luas atau wide area network (WAN) di gunakan untuk menghubungkan komputer- komputer dan alat-alat lainnya ketika jaraknya melebihi batasan LAN dan MAN.

46 Internet Internet telah memberikan dampak yang jauh lebih besar pada komunikasi berbasis komputer daripada perkembangan yang lain, dan ia juga telah memunculkan aplikasi-aplikasi khusus lainnya seperti intranet dan ekstranet. Internet bersifat umum. Setiap orang dengan sebuah komputer dan akses ke media komunikasi akan dapat menjelajahi internet. Intranet organisasi dapat membatasi akses ke jaringan mereka hanya kepada anggota-anggota organisasi dengan menggunakan internet. Eksternet beberapa pengguna dari suatu jaringan yang memiliki otoritas bisa jadi berada di luar batas perusahaan.

47 Konvergensi Komputasi dan Komunikasi Alat-alat komputasi dan alat-alat komunikasi kini saling menyertakan fitur-fitur yang dimiliki di antara keduanya. kemungkinan-kemungkinan yang ada di batasi oleh usia baterai, kecepatan komunikasi, dan keamanan, ukuran tampilan dan keyboard, serta imajinasi pengguna. Voice Over Internet Protocol (VoIP) adalah perlewatan komunikasi suara melalui internet laksana komunikasi digital. Banyak pengguna menghubungkan VoIP dengan satu fitur tambahan yang dapat dibeli jika mereka mempergunakan modem kabel.

48


Download ppt "Disusun oleh: Enis Setiawati 0211 10 054 Sopiawati 0211 10 069."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google