Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENALAN TEKNOLOGI SIA 1 LAPISAN DATA LINK. Sejarah lapisan data link  Model referensi ISO (International Standardization Organization) merupakan salah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENALAN TEKNOLOGI SIA 1 LAPISAN DATA LINK. Sejarah lapisan data link  Model referensi ISO (International Standardization Organization) merupakan salah."— Transcript presentasi:

1 PENGENALAN TEKNOLOGI SIA 1 LAPISAN DATA LINK

2 Sejarah lapisan data link  Model referensi ISO (International Standardization Organization) merupakan salah satu aturan standar yang dikeluarkan oleh badan pembuat aturan dan standar untuk komunikasi komputer. Model referensi ISO menggunakan metode lapisan sebagai model referensi.

3 Sejarah lapisan data link  Model referensi ISO menggunakan metode lapisan sebagai model referensi. Semua subsistem komunikasi dibagi menjadi tujuh lapisan untuk menentukan berbagai macam fungsi dan sistem operasi. Model yang digunakan dalam sistem komunikasi data dikenal dengan OSI (Open Sistem Interconnection) tujuh layer. Lapisan-lapisan tersebut memiliki dua fungsi, yaitu Network Dependent dan Application Oriented.

4 Lapisan-lapisan ISO memiliki dua fungsi  Fungsi Network Dependent terdapat pada tiga lapisan terendah, yaitu pada lapisan fisik, lapisan data link, dan lapisan jaringan.  Fungsi Application Oriented terdapat pada lapisan transport, lapisan session, lapisan presentasi, dan lapisan aplikasi.

5 Dua fungsi tersebut akan menghasilkan tiga lingkungan operasi yang berbeda  Network environment  OSI environment  Real sistem environment

6 Tujuan Lapisan OSI  OSI sangat berperan dalam mengidentifikasi sistem komputer untuk melaksanakan pengolahan dan penyaluran data. Struktur model OSI dibagi atas tujuh lapisan (layer), yang masing- masing lapisan mempunyai fungsi dan aturan tersendiri. Tujuan dari pembagian lapisan adalah untuk mempermudah pelaksanaan standar tersebut secara praktis dan untuk memungkinkan fleksibilitas, dalam arti apabila terjadi perubahan pada salah satu lapisan maka tidak akan mempengaruhi pada lapisan yang lain.

7 Gambar dari susunan OSI

8 Lapisan-Lapisan OSI  Lapisan-lapisan tingkat atas: berurusan dengan aplikasi dan diimplementasikan dengan software  Lapisan-lapisan tingkat bawah: berurusan dengan transport data. Lapisan fisis dan data link diimplementasikan dengan hardware & software

9 Lapisan data link ( data link layer)  Lapisan data-link menawarkan layanan pentransferan data melalui saluran fisik. Pentransferan data tersebut mungkin dapat diandalkan atau tidak dapat diandalkan: beberapa protokol lapisan data-link tidak mengimplementasikan fungsi Acknowledgment untuk sebuah frame yang sukses diterima, dan beberapa protokol bahkan tidak memiliki fitur pengecekan kesalahan transmisi (dengan menggunakan checksumming). Pada kasus-kasus tersebut, fitur- fitur acknowledgment dan pendeteksian kesalahan harus diimplementasikan pada lapisan yang lebih tinggi, seperti halnya protokol Transmission Control Protocol (TCP) (lapisan transport).dataAcknowledgmentchecksumming protokol Transmission Control Protocol (TCP)lapisan transport

10 Model Referensi Open System Interconnection (OSI)  Menjelaskan bagaimana informasi dari satu aplikasi mengalir melalui network dari satu komputer ke komputer lain  Model OSI menggambarkan aktivitas transfer informasi ke dalam 7 kelompok aktivitas  tiap aktivitas diasosiasikan dengan satu lapisan  Tiap lapisan bersifat self-contained  implementasi secara independen

11 Lapisan data link ( data link layer)  Lapisan data link menjamin agar data yang dikirimkan ke lapisan jaringan sampai ke tujuan dalam keadaan baik. Data yang akan dikirimkan dibentuk dalam frame. Mekanisme yang dipakai untuk pengaturan struktur frame adalah HDLC (High Level Data Link Control). Lapisan ini melayani transmisi pada lapisan fisik dan bertanggung- jawab mengatur komunikasi dalam sebuah jaringan. Lapisan ini juga menangani fungsi-fungsi seperti mendeteksi kesalahan transmisi dan melakukan pengiriman ulang data-data tersebut.

12 Tugas utama lapisan data link ( data link layer)  Tugas utama data link layer adalah sebagai fasilitas transmisi raw data dan mentransformasi data tersebut ke saluran yang bebas dari kesalahan transmisi Sebelum diteruskan ke network layer, data link layer melaksanakan tugas ini dengan memungkinkan pengirim memecah-mecah data input menjadi sejumlah data frame (biasanya berjumlah ratusan atau ribuan byte)

13 Lapisan data link ( data link layer)  Lapisan data-link (data link layer) adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI, yang dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi data yang dikirimkan menjadi bit-bit mentah agar dapat diproses oleh lapisan fisik.model OSIframe-frame jaringanbit-bit lapisan fisik

14 Lapisan data link ( data link layer)  Lapisan ini merupakan lapisan yang akan melakukan transmisi data antara perangkat-perangkat jaringan yang saling berdekatan di dalam sebuah wide area network (WAN), atau antara node di dalam sebuah segmen local area network (LAN) yang sama. Lapisan ini bertanggungjawab dalam membuat frame, flow control, koreksi kesalahan dan pentransmisian ulang terhadap frame yang dianggap gagal.wide area networklocal area network


Download ppt "PENGENALAN TEKNOLOGI SIA 1 LAPISAN DATA LINK. Sejarah lapisan data link  Model referensi ISO (International Standardization Organization) merupakan salah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google