Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Data Link Layer. Definisi data link layer adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI, yang dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Data Link Layer. Definisi data link layer adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI, yang dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi."— Transcript presentasi:

1 Data Link Layer

2 Definisi data link layer adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI, yang dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi data yang dikirimkan menjadi bit-bit mentah agar dapat diproses oleh lapisan fisik. Lapisan ini

3 Fungsi Lapisan ini bertanggungjawab dalam membuat frame, flow control, koreksi kesalahan dan pentransmisian ulang terhadap frame yang dianggap gagal.

4 Data Link Service Data Link Layer melakukan dua layanan dasar : Memungkinkan lapisan atas untuk mengakses media dengan menggunakan teknik seperti framing. Mengendalikan bagaimana data ditempatkan pada media dan diterima dari media menggunakan teknik seperti media access control dan error detection.

5 Istilah dalam Datalink Layer Frame - Data Link layer PDU / Protocol Data Unit : Output dari protokol yang berbeda di setiap layer) Node : perangkat jaringan yang terhubung ke media umum Media : sarana fisik untuk membawa sinyal data Network : Dua atau lebih node yang terhubung ke media umum

6 Setiap hubungan antara perangkat menggunakan media yang berbeda. Antara PC dan router  link Ethernet. Router yang terhubung  link satelit, dan laptop terhubung  link nirkabel ke router terakhir. Sebagai paket IP perjalanan dari PC ke laptop, itu akan dikemas ke dalam frameEthernet, decapsulated, diproses, dan kemudian dikemas ke dalam frame data link baru untuk menyeberangi link satelit. Untuk link akhir, paket akan menggunakan frame data link nirkabel dari router ke laptop.

7 Data Link Layer Service Protokol pada Layer 2 menentukan enkapsulasi dari paket ke dalam frame dan cara untuk mendapatkan paket enkapsulasi dan menonaktifkan setiap media. Teknik yang digunakan untuk mendapatkan frame dan menonaktifkan media disebut metode media akses kontrol.

8

9 Layer Data Link mempersiapkan paket untuk transportasi di seluruh media lokal dengan encapsulasi dengan header dan trailer untuk membuat frame. Frame terdiri dari : Data : paket dari layer 3 / network layer Header : berisi informasi kontrol (alamat tujuan ) Trailer : berisi informasi kontrol

10 Informasi Kontrol Informasi Kontrol memberitahukan :: Node yang sedang berkomunikasi satu sama lain Kapan komunikasi antara node berawal dan berakhir Kesalahan yang terjadi saat node berkomunikasi Node yang mana yang akan berkomunikasi berikutnya

11

12 Pada Bagian Header terdiri dari : Frame Start : Awal frame Address : Alamat Tujuan Type : jenis PDU dalam frame Control : Flow control service Data : paket dari Network layer Pada Bagian Trailer terdiri dari : Error detection : mendeteksi kesalahan Frame Stop : akhir frame

13

14 Media Transmisi Data Ethernet ATM Bridge Switch

15 Flow Control Adalah suatu teknik untuk memastikan / meyakinkan bahwa suatu stasiun transmisi tidak menumpuk data pada suatu stasiun penerima. Tanpa flow control, buffer dari receiver akan penuh sementara sedang memproses data lama. Karena ketika data diterima, harus dilaksanakan sejumlah proses sebelum buffer dapat dikosongkan dan siap menerima banyak data. Bentuk sederhana dari flow control, yaitu stop-and-wait flow control.

16 Stop-And-Wait Flow Control

17 Sliding Window Flow Control

18 Error Detection Berfungsi untuk mendeteksi dan memperbaiki error-error yang terjadi dalam transmisi frame-frame. Ada 2 tipe error yang mungkin : Frame hilang : suatu frame gagal mencapai sisi yang lain Frame rusak : suatu frame tiba tetapi beberapa bit-bit-nya error.

19 Teknik Error Control Deteksi error, dipakai CRC. Positive acknowledgment Transmisi ulang setelah waktu habis Negative acknowledgment dan transmisi ulang

20 Mekanisme Error Control Stop and wait ARQ. Go-back-N ARQ. Selective-reject ARQ.

21 Protokol-Protokol Data Link Control Point to point dan multipoint links. Operasi Half-duplex dan full-duplex. Interaksi primary-secondary (misal : host-terminal) dan peer (misal : komputer-komputer). Link-link dengan nilai a yang besar (misal : satelit) dan kecil (misal : koneksi langsung jarak pendek).


Download ppt "Data Link Layer. Definisi data link layer adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI, yang dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google