Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAB 2 Model-model Jaringan (Network Models). 2.1 Tugas-tugas Lapisan (Layered Tasks) Pengirim, Penerima, dan Pembawa (Sender, Receiver, and Carrier) Hierarki.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAB 2 Model-model Jaringan (Network Models). 2.1 Tugas-tugas Lapisan (Layered Tasks) Pengirim, Penerima, dan Pembawa (Sender, Receiver, and Carrier) Hierarki."— Transcript presentasi:

1 BAB 2 Model-model Jaringan (Network Models)

2 2.1 Tugas-tugas Lapisan (Layered Tasks) Pengirim, Penerima, dan Pembawa (Sender, Receiver, and Carrier) Hierarki (Hierarchy) Layanan-layanan (Services)

3 Gambar 2.1 Konsep suatu pengiriman surat

4 2.2 Model Internet Proses Peer-to-Peer Fungsi-fungsi lapisan- lapisan

5 Gambar 2.2 Lapisan Internet

6 Gambar 2.3 Proses Peer-to-peer

7 Gambar 2.4 Pertukaran data berdasar model Internet

8 Gambar 2.5 Lapisan fisik

9 Lapisan fisik bertanggungjawab atas pengiriman bit-bit secara individu dari satu node ke node berikutnya Catatan:

10 Gambar 2.6 Lapisan Data link

11 Lapisan data link bertanggungjawab atas transmisi frame-frame dari satu node ke node berikutnya. Catatan:

12 Gambar 2.7 Penyampaian Node-to-node

13 Contoh 1 Pada Gambar 2.8 suatu node memiliki alamat fisik 10 mengirimkan suatu frame ke node lain yang beralamat fisik tujuan 87. Kedua node terhubung melalui suatu saluran (link). Pada aras data link (data link level) frame ini memiliki alamat fisik pada header-nya. Pada khasus ini hanya mencermati alamat saja. Header juga memuat informasi-informasi lain yang diperlukan pada aras (level) ini. Trailer (di ujung akhir frame) suatu frame biasanya memuat bit-bit ekstra untuk deteksi error (error detection)

14 Gambar 2.8 Contoh 1

15 Gambar 2.9 Lapisan Jaringan (Network layer)

16 Lapisan Jaringan bertanggungjawab atas penyampaian (delivery) paket dari sumber asal ke tujuan akhir (end-to- end). Catatan:

17 Gambar 2.10 Penyampaian Sumber ke tujuan (Source-to-destination delivery)

18 Contoh 2 Pada Gambar 2.11 Suatu node dengan alamat fisik 10 yang berlokasi pada suatu LAN A hendak mengirim data, ke suatu node lain yang beralamat fisik 95 dan berlokasi pada jaringan LAN yang lain, beralamat jaringan P. Karena kedua piranti berlokasi pada jaringan yang berbeda, maka tidak hanya menggunakan alamat fisik saja, alamat fisik hanya berlaku pada jaringan lokal saja (local jurisdiction). Oleh karena itu diperlukan suatu metode pengalamatan yang berlaku secara universal, yang dapat melalui/melintasi antar LAN (LAN boundaries). Alamat yang diperlukan tersebut adalah alamat secara logika ( network logical addresses).

19 Gambar 2.11 Contoh 2

20 Gambar 2.12 Lapisan Transport

21 Lapisan Transpor bertanggungjawab atas penyampaian suatu pesan dari suatu proses ke proses yang lain. Catatan:

22 Gambar 2.12 Penyampaian suatu pesan dari proses ke proses yang reliabel (Reliable process-to-process delivery of a message)

23 Contoh 3 Gambar 2.14 memperlihatkan suatu contoh komunikasi pada lapisan transpor (transport layer communication). Data datang dari lapisan diatas-nya yang memiliki alamat port j dan k (j adalah alamat proses yang mengirimkan dan k alamat proses yang menerima). Karena ukuran data besar dari pada ukuran data yang ditangani oleh lapisan jaringan, maka data akan di pecah (split) menjadi dua paket, masing masing paket memuat alamat port (j dan k). Maka pada lapisan jaringan, kedua alamat jaringan diperlukan (A dan P) yang ditampahkan pada masing- masing paket.

24 Gambar 2.14 Contoh 3

25 Gambar 2.15 Lapisan Aplikasi

26 Lapisan aplikasi bertanggungjawab atas layanan-layanan pada pengguna (user). Catatan:

27 Gambar 2.16 Summary of duties

28 Gambar 2.17 Model OSI


Download ppt "BAB 2 Model-model Jaringan (Network Models). 2.1 Tugas-tugas Lapisan (Layered Tasks) Pengirim, Penerima, dan Pembawa (Sender, Receiver, and Carrier) Hierarki."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google