Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Oleh : Saepul Kamaluddin Continuous learning Keep up to date 10/2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Oleh : Saepul Kamaluddin Continuous learning Keep up to date 10/2012."— Transcript presentasi:

1

2 Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Oleh : Saepul Kamaluddin Continuous learning Keep up to date 10/2012

3 TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI Pertemuan 8 Standar Kompetensi Memahami fungsi dan proses kerja berbagai peralatan teknologi informasi Dan komunikasi. Kompetensi Dasar Mendeskripsikan fungsi, proses kerja komputer, dan telekomunikasi, serta berbagai peralatan teknologi informasi dan komunikasi. Indikator 1.Menunjukkan alat-alat telekomunikasi. 2.Mengetahui cara kerja alat-alat teknologi informasi dan komunikasi. Continuous learning Keep up to date 10/2012

4 Data dan Informasi Continuous learning Keep up to date 10/2012 DATA adalah kumpulan dari angka-angka maupun karakter- karakter yang tidak mempunyai makna/arti. Contoh 2: Contoh 1: Kursi Meja Buklet INFORMASI adalah data yang telah diproses sedemikian rupa sehingga mempunyai makna/arti. Contoh : Kursi  Segala sesuatu yang digunakan tempat duduk. Meja  Perkakas rumah dari bilah-bilah papan yang diberi berkaki. Biasanya untuk makan. 9  Bilangan setelah bilangan delapan (8).

5 Continuous learning Keep up to date 10/2012 Teknologi Informasi & Komunikasi TIK adalah bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari cara bagaimana sebuah data diolah menjadi sebuah informasi, kemudian informasi tersebut dikirim dan selanjutnya diterima melalui suatu alat tertentu. Pengiriman informasi akan:  Lebih cepat  Lebih luas sebarannya  Lebih lama penyimpanannya

6 Continuous learning Keep up to date 10/2012 Bit: Bit adalah ukuran terkecil data dalam sebuah komputer. Satu bit menunjukkan kuantitas dasar yang mewakili nilai 1 atau 0. Dimana 0 biasanya berarti ‘Off’ dan 1 berarti ‘On’. Pada akhirnya komputer akan mengkombinasikan kedua pilihan tersebut menjadi format digital yang lebih kompleks untuk merepresentasikan data. istilah Bit mulai diperkenalkan oleh seorang statistik terkenal John Tukey pada tahun 1946 (http://www.danbbs.dk/~erikoest/bb_terms.htm).http://www.danbbs.dk/~erikoest/bb_terms.htm Byte : Byte adalah merupakan kumpulan beberapa bit (1 Byte = 8 bit. Byte biasanya merepresentasikan sebuah karakter (Misalkan seperti A, ?, -, dll). Karakter ini bisa berupa huruf, angka ataupun simbol tertentu. Data dalam komputer

7 Continuous learning Keep up to date 10/2012 Siklus Pemrosesan Informasi

8 Continuous learning Keep up to date 10/2012 Alat-alat Telekomunikasi Beberapa alat telekomunikasi:  Telepon, berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan suara/audio melalui sinyal arus listrik yang melewati kabel.  Radio, berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan suara/audio melalui sinyal elektromagnetik oleh modulasi gelombang elektromagnetik.  Televisi, berfungsi untuk menangkap siaran bergambar.  Komputer, berfungsi untuk mengolah informasi, menyimpan dan menghitung data.

9 Continuous learning Keep up to date 10/2012 Review 1.Apa yang dimaksud dengan data? Berikan contoh! 2.Apa yang dimaksud dengan informasi? Berikan contoh! 3.Apa yang dimaksud dengan TIK? 4.Apa yang dimaksud dengan Bit dan Byte?


Download ppt "Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Oleh : Saepul Kamaluddin Continuous learning Keep up to date 10/2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google