Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Handout Analisis & Pengukuran Kerja 1 Minggu KePokok Bahasan 1Pendahuluan 2Peta-peta Kerja I. 3Peta-peta Kerja II. 4Peta-peta Kerja III 5Manusia sebagai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Handout Analisis & Pengukuran Kerja 1 Minggu KePokok Bahasan 1Pendahuluan 2Peta-peta Kerja I. 3Peta-peta Kerja II. 4Peta-peta Kerja III 5Manusia sebagai."— Transcript presentasi:

1 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 1 Minggu KePokok Bahasan 1Pendahuluan 2Peta-peta Kerja I. 3Peta-peta Kerja II. 4Peta-peta Kerja III 5Manusia sebagai Komponen Sistem Manusia-Mesin 6Produktifitas Kerja Manusia 7Studi Gerakan 8Ujian Tengah Semester 9Studi Pengukuran dan Penetapan Waktu Baku 10Pengukuran Kerja dengan Metode Sampling Kerja 11Penentuan Performance Rating 12Predetermined Time System 13Kompensasi Finansial dan Sistem Pemberian Bonus 14Presentasi & Diskusi 15Presentasi & Diskusi 16Ujian Akhir semester

2 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 2 DIAGRAM ALIRAN : Diagram aliran merupakan suatu gambaran menurut skala dari susunan lantai dan gedung, yang menunjukkan lokasi dari semua aktivitas yang terjadi dalam Peta Aliran Proses. Aktivitas yang berarti pergerakan suatu material atau orang dari suatu tempat ke tempat berikutnya, dinyatakan oleh garis aliran dalam diagram tersebut. Arah aliran digambarkan oleh anak panah kecil pada garis aliran tersebut. Kegunaan Diagram Aliran : Lebih memperjelas suatu Peta Aliran Proses; apalagi jika arah aliran merupakan faktor yang penting. Menolong dalam perbaikan tata letak tempat kerja. Model tiga dimensi merupakan suatu variasi dari Diagram Aliran; yang berguna terutama untuk menganalisa aliran-aliran baik barang, bahan maupun orang yang terjadi pada suatu gedung yang bertingkat banyak.

3 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 3 Diagram aliran berfungsi melengkapi Peta Aliran Proses, ini berarti penganalisaan suatu proses kerja akan lebih sempurna apabila kita mengetahui dimana tempat mesin, tempat kerja, daerah kerja dan kemana saja arah gerakan dari bahan, perlengkapan atau orang selama proses tersebut berlangsung.

4 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 4

5 5 PETA PROSES KELOMPOK KERJA : Digunakan dalam suatu tempat kerja dimana untuk melaksanakan pekerjaan tersebut memerlukan kerjasama yang baik dari sekelompok pekerja. Jenis pekerjaan atau tempat kerja yang memerlukan analisa melalui Peta : Proses Kelompok Kerja : 1.Pekerjaan Pergudangan 2.Pekerjaan Pemeliharaan 3.Pekerjaan Pengangkutan Material (Material Handling) Peta Proses Kelompok Kerja merupakan kumpulan dari beberapa Peta Aliran Proses dimana tiap Peta Aliran Proses tersebut menunjukkan satu seri kerja dari seorang operator.

6 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 6 Kegunaan Peta Proses Kelompok Kerja : Tujuan utama yang harus dianalisa dari kelompok kerja adalah dapat meminimumkan waktu menunggu berarti kita dapat mencapai tujuan lain yang lebih nyata diantaranya : 1. Bisa mengurangi ongkos praduksi atau proses. 2. Bisa mempercepat waktu penyelesaian produksi atau proses. Seorang Penganalisa biasanya membuat Peta Proses Kelompok Kerja jika ia bermaksud untuk menyelidiki suatu operasi yang dilaksanakan oleh beberapa operator. Yang dimaksud operator dalam hal ini bisa mengoperasikan suatu fasilitas (mesin, perlengkapan atau peralatan) maupun suatu proses.

7 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 7

8 8 DAFTAR PERTANYAAN UNTUK PERBAIKAN DAN PENGANALISAAN PETA-PETA KERJA Berhubungan dengan Operasi :  Apa tujuan dari operasi ini? Adakah cara lain untuk mencapai tujuan ini?  Apakah hasil operasi ini betul-betul dibutuhkan?  Dapatkah operasi ini dihilangkan dengan jalan : menggunakan bahan lain atau merubah rancangan benda kerjanya?  Adakah perbaikan diperoleh jika urut-urutan operasi diubah?  Dapatkah operasi ini dikombinasikan dengan aktivitas lain sehingga ongkos produksi per unit berkurang?  Adakah sesuatu yang dapat dikerjakan sehingga mengurangi produk gagal atau rusak?

9 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 9 Berhubungan dengan Pemeriksaan  Apakah proses pemeriksaan ini memang diperlukan?  Apakah pemeriksaan 100% dapat digantikan dengan cara sampling?  Dapatkah bermacam-macam pemeriksaan dikombinasikan sehingga mengurangi ongkos pengangkutan/transportasi?  Dapatkah toleransi, kelonggaran dan kehalusan (pada barang jadi) dikurangi?  Perlukah standar yang sama untuk semua langganan?  Dapatkah standar ditingkatkan untuk memperbaiki mutu tanpa menambah biaya yang berarti?  Apakah pemeriksaan dengan menggunakan mesin atau alat lebih ekonomis daripada menggunakan orang?  Apakah teknik pengendalian kualitas secara statistik sudah digunakan?  Dapatkah tata letak stasiun kerja atau urut-urutan pemeriksaan diperbaiki?

10 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 10 Berhubungan dengan Tansportasi  Dapatkah jarak perpindahan dikurangi dengan merubah susunan tata letak tempat kerja ?  Apakah cara pengangkutannya (alat yang digunakan dan kecepatan pengangkutan) sudah tepat ?  Apakah alat-alat pekerjaannya sudah yang paling murah ?  Apakah harus dipakai kereta dorong, kerekan, foklift atau ban berjalan ?  Dapatkah bahan disorong pada bangku kerja satu petugas ke petugas lainnya ?  Apakah dapat memanfaatkan prinsip gaya berat dimana operasi pertama dilaksanakan pada tingkat paling tinggi ?  Dapatkah digunakan tanda-tanda seperti lampu, lonceng dsbnya untuk mengurangi penundaan atau kemacetan lalulintas bahan ?  Dapatkah bahan baku yang masuk langsung diangkut ke tempat kerja berikutnya ?

11 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 11 Berhubungan dengan Menunggu dan Penyimpanan  Apakah tataletak tempat penyimpanan bahan sudah baik, sehingga : pengiriman dan penerimaan barang tidak sukar ?  Dapatkah jumlah atau lamanya menunggu dan penyimpanan dikurangi ?  Apakah waktu sering terbuang karena terlalu banyaknya pengiriman bahan ?  Apakah waktu sering terbuang karena seringnya pindah kerja ?  Apakah bahan sudah disimpan pada tempat yang mengenakkan dan aman dari kemungkinan rusak atau hilang ?

12 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 12 Berhubungan dengan Bahan  Apakah bahan yang digunakan sudah betul, dan telah cocok dan termurah ?  Dapatkah digunakan bahan yang lebih ringan, dan bersih ?  Apakah jumlah dan ukuran bahan memungkinkan pemakaian yang paling efisien sewaktu dipotong atau diproses ?  Bagaimana perbandingan antara biaya bahan dan biaya tenaga kerja ?  Dapatkah barang tersebut dibuat dengan memanfaatkan bahan buangan ?  Apakah bahan bebas dari sudut tajam dan tumpul ?  Mungkinkah pemeriksaan yang lebih teliti pada bahan tersebut dapat mengurangi kesulitan yang kini dihadapi ?  Apakah penyimpanan ada pengaruhnya pada bahan tersebut ?  Dapatkah proses penyimpanan dari bahan dan barang setengah jadi dikurangi?

13 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 13 Berhubungan dengan Perkakas dan Perlengkapan  Dapatkah digunakan alat yang paling ”Ampuh” dan ada dalam keadaan baik untuk pekerjaan ini ?  Jika menggunakan mesin potong, apakah sudut potong dari alat tersebut sudah betul ?  Apakah posisi kedua tangan memungkinkan untuk kerja produktif saat menggunakan perkakas atau fixtures ?  Dapatkah digunakan alat pemegang, dalam proses pengerjaan ?  Dapatkah dirancang suatu alat penahan yang dapat digunakan bukan hanya untuk satu pekerjaan ?  Sudah cukupkah jumlah perkakas dan perlengkapan untuk setiap aktivitas ?  Apakah bahan olahan bisa mudah untuk dipasang atau dibongkar dari alat penahan/pemegang ?  Jika diperlukan pekerjaan yang teliti, apakah telah disediakan, alat pengukur yang wajar ?

14 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 14 Berhubungan dengan Mesin Dapatkah operator mempersiapkan mesinnya sendirian ? Dapatkah sejumlah persiapan mesin dikurangi dengan jalan membuat persediaan yang tepat ? Dapatkah kecepatan dari mesin ditingkatkan ? Dpatkah digunakan kecepatan yang otomatis ? Dapatkah pemeriksaan dikombinasikan dengan operasi ?

15 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 15 Berhubungan dengan Pekerja Apakah mental dan fisik pekerja telah memenuhi syarat untuk melaksanakan tugasnya ? Dapatkah kelelahan yang tidak perlu dihilangkan dengan cara merubah alat fixtures, tata letak tempat kerja, atau kondisi kerja ? Apakah telah dibuat suatu upah dasar yang tepat untuk pekerjaan tersebut ? Apakah telah dilakukan pengawasan yang baik ? Dapatkah performance pekerja diperbaiki dengan memberikan pendidikan- pendidikan ?

16 Handout Analisis & Pengukuran Kerja 16 Berhubungan dengan Lingkungan Kerja  Apakah penerangan, temperatur, kelembaban dan ventilasi ruang kerja sudah baik ?  Apakah kamar kecil, dan ruang istirahat sudah cukup memadai ?  Apakah memungkinkan ada fasilitas bagi pekerja untuk duduk atau berdiri saat bekerja ?  Apakah panjang hari kerja dan periode istirahat sudah dibuat sedemikian rupa sehingga memaksimumkan/ekonomis ?  Apakah rumah tangga karyawan sudah cukup dipelihara oleh pabrik tersebut ?  Apakah gizi karyawan sudah terjamin baik ?  Apakah faktor-faktor keselamatan kerja sudah dipertimbangkan ?  Apakah para pekerja betul-betul mengerti sistem perangsang dan apakah mereka bekerja menurut sistem tersebut ?  Apakah sudah diadakan penyelidikan tentang prestasi kerja karyawan ?


Download ppt "Handout Analisis & Pengukuran Kerja 1 Minggu KePokok Bahasan 1Pendahuluan 2Peta-peta Kerja I. 3Peta-peta Kerja II. 4Peta-peta Kerja III 5Manusia sebagai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google