Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Nama: Eka Suci Fajariah NPM: 10310059 Kelas: 5B TTL: Kumai, 30 Maret 1992 Pesan: “ Trus berjuang dan ikuti kata hati, karena kata hati berasal dari pemilik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Nama: Eka Suci Fajariah NPM: 10310059 Kelas: 5B TTL: Kumai, 30 Maret 1992 Pesan: “ Trus berjuang dan ikuti kata hati, karena kata hati berasal dari pemilik."— Transcript presentasi:

1 Nama: Eka Suci Fajariah NPM: Kelas: 5B TTL: Kumai, 30 Maret 1992 Pesan: “ Trus berjuang dan ikuti kata hati, karena kata hati berasal dari pemilik hati.” NEXT IKIP PGRI SEMARANG

2 PERBANDINGAN Standar Kompetensi :  Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah Kompetensi Dasar :  Menggunakan perbandingan untuk pemecahan masalah Next

3 Perbandingan By : Eka Suci Fajariah (5B / ) Menu Gambar Barskala Gambar Barskala Perbandingan Senilai Perbandingan Senilai Perbandingan Berbalik Nilai Perbandingan Berbalik Nilai

4 1. Pengertian Skala Skala adalah perbandingan antara ukuran pada gambar dengan ukuran sebenarnya. A. Gambar Berskala Gambar berskala adalah gambar yang dibuat dengan perbandingan atau skala tertentu. Skala = Ukuran pada gambar Ukuran sebenarnya Skala biasanya di tuliskan dalam bentuk perbandingan. Next Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )

5 Diketahui jarak antara kota Yogyakarta dan kota Cilacap adalah 150 km. Tentukan jarak kedua kota tersebut pada sebuah peta dengan skala 1 : Contoh : Jarak sebenarnya antara kota Yogyakarta dan kota Cilacap adalah 150 km = cm Skala peta adalah 1 : = Kita telah tahu bahwa skala = Penyelesaian : Jarak pada peta Jarak sebenarnya Next Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )

6 Jarak pada peta Jarak sebenarnya = Jarak pada peta Jadi, jarak antara kota yogyakarta dan kota cilacap pada peta adalah 3 cm. Jarak pada peta = = 3 Maka : Next Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )

7 2. Faktor Skala Faktor skala (k) adalah perbandingan antara ukuran model dan ukuran sebenarnya dari suatau benda. Faktor skala diperlukan untuk menentukan perbesaran ataupun pengecilan sebuah gambar skala. *Memperbesar ukuran sebuah model diperoleh faktor skala k > 1. *Memperkecil ukuran sebuah model diperoleh faktor skala 0 < k < 1. Next Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )

8 Misalnya, panjang dan lebar sebuah model benda kerajinan adalah 10 cm dan 7,5 cm. Adapun panjang benda kerajinan tersebut sebenarnya adalah 40 cm. Tentukan faktor skala model benda kerajinan tersebut. Kemudian, tentukan pula lebar benda kerajinan itu sebenarnya! Contoh : Penyelesaian : Diketahui, panjang model benda kerajinan = 10 cm, lebarnya = 7,5 cm, dan panjangnya = 40 cm. * Faktor skala k = Panjang model Panjang sebenarnya Dengan demikian, faktor skala model benda kerajinan tersebut adalah Next Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )

9 1. Pengertian perbandingan Senilai B. Perbandingan Senilai Misalkan, pada meteran pompa bahan bakar di sebuah SPBU tetulis jumlah liter bahan bakar yang dikeluarkan dan jumlah uang yang harus dibayar pembeli. Semakin banyak bahan bakar yang dibeli maka besar pula jumlah yang harus di bayar, pada hal ini dinamakan perbandingan senilai. Next Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )

10 Panjang model Panjang sebenarnya = lebar model lebar sebenarnya 7,5 lebar sebenarnya Lebar sebenarnya = Dengan demikian, lebar benda kerajinan tersebut sebenarnya adalah 30 cm Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )

11 a). Berdasrkan nilai satuan 2. Perhitungan perbandingan Senilai Menghitung perbandingan senilai dapat dilakukan dua cara : b). Berdasrkan Perbandingan Next Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )

12 Ibu memerlukan 10 telor untuk membuat kue 2 loyang kue. Berapa telurkah yang ibu perlukan untuk membuat 7 loyang kue? Contoh : Dengan demikian, ibu memerlukan 7 x 5 telur = 35 telur untuyk membuat 7 loyang kue ibu memerlukan 10 telur untuk membuat 2 loyang kue maka telur yang diperlukan untuk membuat satu loyang kue adalah Penyelesaian : Next Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )

13 Perbandingan banyak siswa putra dan siswa putra di suatu kelas adalah 5 : 9. jumlah seluruh adalah 28 siswa. Tentukan banyaknya siswa putra dan siswa putri! Contoh : Penyelesaian : Perbandingan siswa putra dan siwa putri 5 : 9 Jumlah siswa seluruhnya 28 siswa Jumlah siswa putra di kelas tersebut adalah Perbandingan siswa putra Jumlah perbandingan X jumlah siswa seluruhnya Next Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )

14 Dengan cara yang sama, kita peroleh jumlah siswa putri adalah Jika kita jumlahkan, banyaknya siswa putra dan siswa putri di kelas tersebut adalah = 28 siswa Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )

15 1. Pengertian Perbandingan Berbalik Nilai C. Perbandingan Berbalik Nilai Misalnya, perbandingan antara waktu pembuatan rumah akan berbanding terbalik nilai dengan jumlah pekerjanya. Semakin banyak jumlah pekerja, akan semakin singkat waktu yang diperlukan untuk membuat rumah. Next Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )

16 2. Perhitungan Perbandingan Berbalik NIlai Perhitungan perbandingan berbalik nilai dengan dua cara : a). Berdasrkan Hasil Kali b). Berdasrkan Perbandingan Next Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )

17 Sebuah rumah dapat diselesaikan dalam waktu 2 bulan oleh 10 pekerja. Berapakah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan rumah tersebut apabila hanya tersedia 6 pekerja. Contoh : Penyelesaian : Banyak pekerjaWaktu penyelesian 102 bulan (60 hari) 6p Oleh karena itu hasil pada setiap baris harus sama maka akan kita peroleh perbandingan balik nilai : 10 x 60 = 6 x p Maka, jika hanya tersedia enam pekerja maka rumah tersebut baru dapat diselesaikan dalam waktu 100 hari. Next Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )

18 Jika sekantung permen dibagikan kepada 20 anak maka setiap anak mendapat 12 permen. Apabila terdapat 30 anak, berapa permen kah yang akan diterima oleh setiap anak? Contoh : Penyelesaian : Banyak anakJumlah permen setiap anak p Dengan menggunakan perbandingan kita dapat menghitung banyaknya permen yang diterima oleh setiap anak Jadi, apabila terdapat 30 anak maka setiap anak menerima 8 permen. Next Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )

19 Back To Menu By : Eka Suci Fajariah (5B / )


Download ppt "Nama: Eka Suci Fajariah NPM: 10310059 Kelas: 5B TTL: Kumai, 30 Maret 1992 Pesan: “ Trus berjuang dan ikuti kata hati, karena kata hati berasal dari pemilik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google