Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GLOBALISASI SiswaNF.com. GLOBALISASI, APA ITU ? Globalisasi berasal dari kata “ global “ yang berarti meliputi seluruh dunia. Jadi globalisasi berarti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GLOBALISASI SiswaNF.com. GLOBALISASI, APA ITU ? Globalisasi berasal dari kata “ global “ yang berarti meliputi seluruh dunia. Jadi globalisasi berarti."— Transcript presentasi:

1 GLOBALISASI SiswaNF.com

2 GLOBALISASI, APA ITU ? Globalisasi berasal dari kata “ global “ yang berarti meliputi seluruh dunia. Jadi globalisasi berarti proses masuknya ke ruang lingkup dunia

3 Beberapa Pengertian Globalisasi 1.Menurut A.G. MacGrew, Globalisasi adalah proses dimana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat belahan dunia yang lain 2. Menurut Internasional Monetary Fund (IMF), Globalisasi adalah meningkatnya saling ketergantungan ekonomi antara negara-negara di dunia yang ditandai oleh meningkat dan beragamnya volume transaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat 3.Menurut Martin Albrow Globalisasi adalah seluruh proses dimana penduduk dunia tergabung ke dalam masyarakat dunia yang tunggal.

4 Globalisasi muncul karena adanya bangsa bangsa, hal ini sudah tercantum dalam Al Qur’an, Q.S. Al Hujuraat : ayat • ”Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seseorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa- bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu ialah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha mengenal.”

5 Faktor Pendorong Globalisasi •Berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) contoh : Wifi, smartphone, internet, ipad, robot, android, windows, laptop •Adanya keterbukaan ekonomi antar negara di dunia contoh:perdagangang internasional kegiatan ekspor-impor, perusahaan internasional

6 Tugas Minggu Depan Cari di internet 10 produk-produk Indonesia yang terkenal di dunia internasional Tulis di buku tulis !! (ada keterangannya sedikit)

7 Politik Luar Negeri Bebas dan Aktif Indonesia dalam menghadapi Globalisasi Politik luar negeri adalah strategi dan taktik yang digunakan oleh suatu negara dalam berhubungan dengan negara lain. Indonesia menetapkan bahwa politik luar negerinya merupakan politik luar negeri yang bebas aktif

8 Bebas artinya Indonesia bebas menentukan sikap dan pandangannya terhadap masalah-masalah internasional. Bebas juga berarti Indonesia tidak memihak salah satu kekuatan dunia (blok barat atau blok timur) Aktif artinya Indonesia aktif memperjuangkan terwujudnya perdamaian dan kedamaian dunia.

9 Contoh pelaksanaan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif  Keikutsertaan menjadi anggota PBB  Terlibat pengiriman Pasukan Garuda dalam misi perdamaian Dewan Keamanan PBB  Pendiri Gerakan Non Blok (GNB) pada tahun 1961  Aktif ikut serta dalam pesta olahraga internasional seperti Seagames, Asean Games, Olimpiade

10 1. Apakah pengertian globalisasi menurut Martin Albrow? 2. Mengapa kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi pendorong terjadinya globalisasi? 3. Sebutkan dua contoh pelaksanaan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif! 4. Seandainya kamu bisa mengembangkan teknologi, maka teknologi canggih apa yang ingin kamu buat dan apa manfaatnya?


Download ppt "GLOBALISASI SiswaNF.com. GLOBALISASI, APA ITU ? Globalisasi berasal dari kata “ global “ yang berarti meliputi seluruh dunia. Jadi globalisasi berarti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google