Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Di Jemaat SLA/PTASN, Pematangsiantar Sabat, 04 September 2010 Khotbah oleh: Pdt. R. W. Sagala.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Di Jemaat SLA/PTASN, Pematangsiantar Sabat, 04 September 2010 Khotbah oleh: Pdt. R. W. Sagala."— Transcript presentasi:

1 Di Jemaat SLA/PTASN, Pematangsiantar Sabat, 04 September 2010 Khotbah oleh: Pdt. R. W. Sagala

2 Bacaan Alkitab: Amsal 3:1-7 Bacaan Alkitab: Amsal 3:1-7 3:1 Hai anakku, janganlah engkau melupakan ajaranku, dan biarlah hatimu memelihara perintahku, 3:2 karena panjang umur dan lanjut usia serta sejahtera akan ditambahkannya kepadamu. 3:3 Janganlah kiranya kasih dan setia meninggalkan engkau! Kalungkanlah itu pada lehermu, tuliskanlah itu pada loh hatimu, 3:4 maka engkau akan mendapat kasih dan penghargaan dalam pandangan Allah serta manusia. 3:5 Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. 3:6 Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. meluruskan jalanmu. 3:7 Janganlah engkau menganggap dirimu sendiri bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan; bijak, takutlah akan TUHAN dan jauhilah kejahatan;

3 AYAT INTI: KEJADIAN 19:17, 26 19:17 Sesudah kedua orang itu menuntun mereka sampai ke luar, berkatalah seorang: "Larilah, selamatkanlah nyawamu; janganlah menoleh ke belakang, dan janganlah berhenti di mana pun juga di Lembah Yordan, larilah ke pegunungan, supaya engkau jangan mati lenyap." 19:26 Tetapi isteri Lot, yang berjalan mengikutnya, menoleh ke belakang, lalu menjadi tiang garam.

4 Lagu Pembuka: LS No. 113 TUHAN BATU KARANG KITA

5 THEMA: •Apakah Kita Benar-benar Pengikut Kristus yang Sejati?

6 JUDUL KHOTBAH: “INGATLAH ISTRI LOT”

7 Lukas 17:32 “Ingatlah akan isteri Lot!”

8 PENDAHULUAN: Luk.17:32 adalah salah satu ayat Alkitab yang paling singkat. Jika kita perhatikan dari ayat 20 di sana kita dapati bahwa Yesus sedang berbicara tentang kedatangan-Nya kedua kalinya. Di tengah-tengah pembicaraan mengenai kondisi situasi orang-orang yang hidup pada zaman akhir, tiba-tiba Yesus menyelipkan satu perkataan yang sangat menarik sekali ini.

9 ILLUSTRASI: •Seorang bapak dari Bangladesh, yang bernama Usman Chudori, beberapa tahun yang lalu secara iseng-iseng mengisi applikasi untuk mendapatkan Green Card dan tinggal di Amerika. •Tiap tahun, negara Amerika menerima sekitar orang dari seluruh dunia untuk menjadi penduduk Amerika dengan status Green Card dan tinggal menetap di sana. •Dan……ternyata Usman Chudori diterima dan kemudian tinggal di Amerika.

10 Usman Chudori bersama dengan keluarganya pun kemudian pindah dan menetap di kota New York. -Ia bekerja sebagai seorang supir taksi. -Penghasilannya pas-pasan untuk menghidupi keluarganya bahkan untuk ukuran penduduk New York, dia termasuk orang yang relatif miskin. Selama bertahun-tahun dia hidup sederhana, pas- pasan sebagai supir taksi. Sampai suatu hari tiba-tiba dia dikenal di seluruh Amerika Serikat.

11 Dia masuk tv, majalah, surat kabar. Apa yang terjadi? Sebenarnya kejadiannya sederhana saja.

12 Pada suatu hari dia menunggu seorang penumpang di JFK Airport, dia melihat ada calon penumpang yaitu seorang wanita muda yang kaya. Wanita itu minta diantarkan ke salah satu tempat pemukiman elite. Setelah sampai di tempat tujuannya, dia turun dan bapak Usman pun kemudian pergi untuk mencari penumpang yang lain.

13 Pada waktu penumpang lain itu hendak menaruh bagasinya, ternyata wanita kaya tadi ketinggalan tasnya di sana. Bapak Usman ini kemudian memeriksa tas pertama, dan ia temukan isi tas itu adalah sebuah laptop yang terbaru dan mahal. Kalau saudara menemukan barang seperti ini, saudara ambil atau saudara kembalikan?

14 Kemudian dia membuka tas yang kedua. Isi tas yang kedua ini malah jauh lebih mahal daripada tas yang pertama, sebab di dalamnya terdapat 31 biji cincin berlian. Kalau saudara menemukan barang seperti ini, apakah saudara ambil atau tidak? Jangan-jangan ada dari antara kita yang mengatakan saya ambil saja separuh, dan yang separuhnya akan saya sumbangkan ke gereja. Maksudnya supaya hati nuraninya lebih tenang setelah mengambil barang orang lain. 

15 APA YANG DILAKUKAN PAK USMAN SELANJUTNYA? •Bapak Usman membawa kedua tas ini ke kantor polisi. Polisi kemudian melacak wanita yang turun di perumahan elite tadi. • Polisi pun akhirnya berhasil menemukan wanita kaya yang menjadi penumpang taxi pak Usman tadi. •Tas itu kemudian dikembalikan kepada wanita itu secara utuh. •Karena senangnya, wanita itu pun memberikan uang kepada pak Usman sebanyak US $100 sebagai tanda terima kasihnya. Padahal sewaktu turun dari taxi pak Usman sebelumnya, dia hanya memberikan tips 30 sen saja kepada pak Usman.

16 •Begitu wartawan mengetahui peristiwa ini, malamnya pak Usman langsung diajak ke stasiun tv untuk diwawancarai. •Salah satu pertanyaan yang diberikan kepadanya: “Mengapa bapak tidak mengambil kedua tas itu?” •Bapak Usman menjawab: “All my life I try to be honest. Today is no different.” Artinya: Sepanjang hidupku, aku berusaha untuk menjadi orang yang jujur, hari ini tidak berbeda dengan hari sebelumnya.

17 Bagaimana dengan kita sebagai seorang Kristen, pengikut Kristus. Apakah dari bibir kita kita berani mengatakan perkataan seperti yang siucapkan oleh Bapak Usman Chudori? Apakah kita adalah seorang yang jujur baik dalam hal materi, keuangan, pekerjaan dan lainnya? Apakah kita berani berkata: “Sepanjang hidup saya, saya adalah orang yang berusaha hidup jujur di hadapan Tuhan, dan sampai hari ini tidak berbeda dengan hari-hari sebelumnya? Sebagaimana Thema Khotbah pada siang ini: Apakah Kita Benar-benar Pengikut Kristus yang Sejati?

18 Pada saat ini, saya ingin mengajak saudara untuk melihat Lukas 17. Dalam fatsal ini Yesus berbicara tentang akhir zaman. Sementara Dia berbicara mengenai akhir zaman, tiba-tiba saja di tengah- tengah pembicaraanNya, Dia meminta perhatian kita untuk mengingat seorang yang memiliki reputasi yang tidak baik, yaitu seorang yang dihukum Tuhan yang dicatat dalam Kitab Kejadian 19, tepatnya pada waktu kota Sodom dan Gomorah dimusnahkan Tuhan.

19 •Tuhan mengasihi Lot, isteri dan kedua anak perempuannya. Tuhan mengutus malaikat untuk menyelamatkan mereka dengan pesan jangan menengok ke belakang setelah keluar dari kota Sodom. •Tetapi isteri Lot menengok ke belakang sehingga Tuhan menghukum dia menjadi tiang garam.

20 Dalam konteks akhir zaman, Tuhan tidak menyuruh kita untuk mengingat orang yang lebih positif, misalnya Abraham, bapak orang yang beriman itu. Tetapi, justru Tuhan menyuruh kita untuk mengingat “isteri Lot.” Dalam konteks akhir zaman, Tuhan tidak menyuruh kita untuk mengingat orang yang lebih positif, misalnya Abraham, bapak orang yang beriman itu. Tetapi, justru Tuhan menyuruh kita untuk mengingat “isteri Lot.”

21 •Apa maksud Tuhan dengan mengatakan: •Apa pengajaran yang ingin diberikan Yesus kepada kita supaya kita memperhatikan sungguh- sungguh tokoh yang tidak punya nama itu?

22 MENGAPA yesus mengajak kita untuk mengingat istri lot?

23 Ada 3 hal yang ingin Yesus ajarkan kepada kita: 1. JADILAH PENGIKUT TUHAN YANG SETIA

24 •Isteri Lot adalah merupakan simbol dari orang yang hidup pada akhir zaman : a. Yang mengaku sebagai orang yang beriman tetapi sebetulnya hatinya bercabang, orientasinya mendua. b. Yang mengikut Tuhan tetapi sebetulnya orang ini juga mengikut dunia. c. Yang kelihatannya mencintai Tuhan, tetapi juga mencintai dunia. d. Yang kelihatannya seperti pengikut setia Tuhan, tetapi juga adalah pengikut setia dari dunia dan segala isinya.

25 •Mengapa isteri Lot menoleh ke belakang sesudah dia keluar dari kota Sodom dan Gomorah, padahal malaikat Tuhan sudah mengingatkan dia untuk tidak menengok kebelakang? •Umumnya para penafsir Alkitab mengatakan bahwa isteri Lot tidak rela meninggalkan segala harta bendanya yang ditinggalkannya di Sodom. Dia begitu mencintai segala sesuatu yang dimilikinya lalu dia menengok ke belakang.

26 •Pada saat Yesus berbicara mengenai kedatangan-Nya yang kedua dalam Lukas 17, Ada satu hal yang menarik sekali untuk diperhatikan yakni dalam ayat 31. •Yesus mengatakan, “Barangsiapa pada hari itu sedang di peranginan di atas rumah dan barang-barangnya ada di dalam rumah, janganlah ia turun untuk mengambilnya, dan demikian juga orang yang sedang di ladang, janganlah ia kembali.”

27 •Kedatangan Anak Manusia itu begitu cepat sekali! Alkitab katakan, seperti kilat yang menyambar dari timur ke barat. Sehingga dengan demikian tidak ada waktu, untuk mengambil barang-barang berharga yang dimiliki dan dicintai di dunia ini.

28 •Saudara yang kekasih, saya ingin menanyakan hal yang serius kepada kita semua yang hadir dalam acara kebaktian ini sekarang ini. Apakah kita lebih mencintai dunia ini atau lebih mencintai Tuhan? •Firman Tuhan mengatakan janganlah kamu mencintai dunia ini dengan segala isinya. •Kita tidak boleh mencintai Tuhan tapi saat yang sama kita juga mencintai dunia ini dan segala isinya. •Jika ini terjadi, maka hati kita akan bercabang dan kita tidak akan siap untuk kedatangan-Nya, karena orientasi hidup masih kepada hal-hal yang sifatnya kebendaan, itu berarti kita tidak siap kalau Yesus datang kedua kali.

29 Ada 3 hal yang ingin Yesus ajarkan kepada kita: 2. JANGAN PERNAH MENGABAIKAN FIRMAN TUHAN

30 •Isteri Lot adalah merupakan simbol dari orang yang hidup di akhir zaman, yaitu orang yang sudah mendengar firman Tuhan, tetapi berani mengabaikannya begitu saja.

31 •Tuhan mengirimkan malaikatnya datang untuk menyampaikan pesan untuk meninggalkan Sodom dan Gomorah. Ada perintah dan larangan untuk tidak menengok ke belakang. •Isteri Lot ini manusia yang hidup di akhir zaman, yang berani mengabaikan firman Tuhan. Dia menengok ke belakang, dia melanggar perintah Tuhan.

32 •Saudara yang kekasih, setiap hari Sabat kita sudah mendengarkan Firman Tuhan. Dalam satu tahun kita mendengarkan Firman Tuhan 57 kali. •Firman yang kita dengarkan itu beragam. Ada yang isinya berupa nasehat, hal-hal yang harus kita kerjakan, dll.

33 Pertanyaannya: Kita mendengarkan firman Tuhan yang isinya mengajak kita untuk melayani, apakah kita sudah melayani? Kita mendengarkan firman Tuhan yang mengajak kita kita mengembalikan perpuluhan, apakah kita sudah mengembalikan perpuluhan? Firman yang kita dengarkan itu mengajak kita untuk menginjil, apakah kita sudah menginjil? Firman yang kita dengarkan itu mengajak kita untuk memelihara hari Sabat, apakah kita sudah memelihara hari Sabat? Firman yang kita dengarkan itu mengajak kita untuk bertobat, apakah kita sudah bertobat? Firman yang kita dengarkan itu mengajak kita untuk mengasihi, apakah kita sudah mengasihi?

34 Saya yakin bahwa ada umat Tuhan yang membiarkan Roh Kudus Tuhan menguasai hatinya, dan taat kepada firman Tuhan, kepada PerintahNya. Nasehat Tuhan dilakukannya, dan larangan Tuhan ditinggalkannya.

35 Tetapi saya khawatir pada zaman akhir ini, gereja lebih banyak dipenuhi oleh orang- rang yang setiap Sabatnya datang ke gereja dengan hati seperti bejana yang tidak siap diisi oleh firman Tuhan.

36 •Berapa banyakkah orang Kristen yang hatinya siap dikuasai oleh Roh Kudus? •Siapkah dari antara kita yang hidup pada akhir zaman ini, yang ditemukan beriman pada saat kedatangan Tuhan itu nantinya?

37 >>0 >>1 >> 2 >> 3 >> 4 >> Isteri Lot satu kali saja tidak menaati firman Tuhan, langsung dihukum. Satu kali saja dia mengabaikan firman Tuhan langsung jadi tiang garam.

38 Saudara! Berapa kali kita mengabaikan firman tuhan? •Betapa berkemurahannya Tuhan itu kepada kita. Sebab saya tahu pasti banyak dariantara kita yang sudah berkali-kali tidak taat kepada firman Tuhan •Saudara yang kekasih, jangan saudara tunggu sampai di hukuman Tuhan dulu, jangan tunggu sampai ada musibah dulu, jangan tunggu sampai bencana datang dulu, baru kita cari Tuhan dan cari firmanNya.

39 •Karena banyak orang di dunia ini yang paling sekulerpun kalau ada bencana, mereka mencari Tuhan, mencari firman Tuhan. Orang yang tidak mengenal Tuhan sekalipun akan berkata “OMG,” jika mereka mendapat musibah. •Waktu orang terbaring di rumah sakit, diinfus, dikasih masker oksigen, tidak bisa lihat ke mana-mana kecuali ke atas. •Saya kira kecuali ateis tulen, kebanyakan orang sekuler akan mencari Tuhan.

40 •Saudara dan saya orang Kristen, bukan? Saudara tidak perlu tunggu sampai waktu meregang nyawa baru kita men cari Tuhan dengan sungguh-sungguh. Jangan setelah nafas tinggal satu-satu, baru kita minta dibacakan ayat-ayat firman Tuhan. • Jangan sampai kita menjadi orang sekuler seperti itu. Kita orang Kristen. Firman Tuhan itu harus meresap di dalam jiwa kita, berurat dan berakar di dalam perilaku kita. Setiap tindakan kita harus diwarnai dengan firman Tuhan. Apakah kita sudah siap menyambut kedatangan Tuhan sekarang ini? Atau kita tunggu sampai datang dulu musibah baru kita siap!

41 Illustrasi: •Seorang agen perusahaan asuransi menawarkan asuransi mobil kepada seorang pendeta. Setelah menjelaskan beberapa hal mengenai apa yang dicover dan tidak dicover oleh asuransi itu. Menurutnya, ada dua yang tidak dicover oleh asuransi itu: 1. Military Conspiracy, maksudnya kalau ada tentara mengamuk lalu mobil saya dibakar, itu tidak ditanggung. 2.Acts of God, artinya kalau ada gempa bumi, banjir besar, longsor, badai, dll. Saudara, coba kita camkan, jika perusahaan asuransi yang sekuler saja dapat mendeteksi bahwa sedikit banyak ada hal-hal yang di luar kemampuan manusia –walaupun mereka tidak 100% betul- mereka mengakui itu sebagai perbuatan-perbuatan Allah. Sekali lagi saya mengatakan tidak 100% betul, tetapi mereka mendeteksi itu sebagai perbuatan-perbuatan Allah. Sebagai orang Kristen, jangan lah kita menunggu sampai ada gempa bumi, bala penyakit datang, hari Tuhan tiba, baru kita cari Tuhan. Setelah kita susah dan bangkrut baru kita cari Tuhan dan firmanNya. Kalau kita bersikap begitu, Di mana letak perbedaan Kekristenan kita dengan orang dunia ini?

42 Ada 3 hal yang ingin Yesus ajarkan kepada kita: 3. JANGAN MENGGAP REMEH PERTOLONGAN ATAU KEBAIKAN TUHAN

43 Isteri Lot adalah merupakan simbol dari orang-orang yang hidup pada akhir zaman, orang yang sudah mengalami pertolongan Tuhan tetapi kemudian sama sekali tidak menganggapnya.

44 Dalam Kej.19 •Dicatat bahwa isteri Lot itu sebetulnya sudah keluar dari Sodom. Artinya, dia sudah ditolong oleh Tuhan. Dia sudah mengalami apa yang namanya pertolongan Tuhan. •Kej.19:16 mengatakan tangan isteri Lot itu dituntun oleh malaikat Tuhan. •Itu pengalaman supranatural, bukan?

45 •Dua puluh empat tahun saya melayani Tuhan, saya belum pernah melihat Tuhan, dan juga belum pernah melihat malaikat Tuhan, belum pernah mengalami hal-hal yang supranatural, kecuali pada saat saya, mengalami sakit parah pada tahun 2008 lalu dan disembuhkan oleh Tuhan.

46 •Tetapi sampai dituntun oleh malaikat Tuhan, saya kira itu adalah pengalaman yang sangat istimewa sekali. •Siapa dari antara kita yang tangannya sudah pernah dituntun oleh malaikat Tuhan

47 •Istri Lot sudah ditolong Tuhan dan itu bukan dalam mimpi, tetapi dalam pengalaman yang real. Tetapi dia tidak memperdulikan perbuatan pertolongan Tuhan.

48 •Saat ini saya ingin bertanya kepada kita yang mengaku Kristen: kalau saudarapernah disembuhkan oleh Tuhan, kalau saudara pernah mengalami kecelakaan dan saudara hampir saja meninggal dunia, tetapi kemudian diluputkan dari bahaya dan malapetaka, setelah itu bagaimana? Apakah setelah diluputkan, saudara masih hidup sama seperti sebelumnya, biasa-biasa saja? Atau malah lebih buruk daripada sebelumnya?

49 Terus Terang..... •Saya kuatir kalau setelah ditolong oleh Tuhan hidup kita masih tetap seperti biasa saja, tidak ada perubahan. Mestinya setelah ditolong Tuhan hidup kita tidak lagi sama seperti sebelumnya. Tingkah laku kita, talenta kita kini kita gunakan seluruhnya untuk Tuhan, sebab kita tahu hidup kita sudah diluputkan Tuhan sehingga hidup ini kita seharusnya kita pakai untuk Tuhan. Mestinya begitu, bukan??

50 •Jikalau saudara pernah diluputkan oleh Tuhan dari sakit penyakit, atau kecelakaan mobil atau peristiwa lainnya, tetapi hidup saudara tidak lebih dinamis daripada sebelumnya maka itu berarti saudara bukanlah orang Kristen yang sejati.

51 KESIMPULAN DAN SARAN Saudara yang kekasih dalam Yesus Kristus, kita adalah merupakan orang- orang Kristen yang hidup pada akhir zaman.

52 •Tidak lama lagi dari sekarang, Yesus akan datang segera untuk menjemput umat- umatNya yang percaya. •DIA sudah memperingatkan kita, bahwa sementara kita menantikan kedatangan- NYA, kita disuruh untuk mawas diri dan mengingat “Istri Lot.”

53 Masing-masing kita sedang diuji, apakah kita seperti istri Lot atau tidak!

54 KITA SEDANG DIUJI… •Saat ini berdasarkan pengalaman dari isrti Lot, setidaknya kita diuji untuk memastikan apakah kita seorang Kristen yang sejati atau tidak. Kita diuji dalam 3 hal antara lain: 1. Apakah hati kita untuk Tuhan atau lebih berat ke dunia ini, kepada barang- barang materi dan segala kebendaannya.

55 KITA SEDANG DIUJI… 2. Apakah kita adalah seorang yang terbiasa untuk mendengar firman Tuhan, peka terhadap koreksi, titah, amanat dari firman Tuhan atau laranganNya?

56 KITA SEDANG DIUJI… •3. Apakah sdr orang yang telah diluputkan oleh Tuhan, Dia punya maksud memanggil sdr untuk hidup dengan lebih disiplin, dengan lebih bertanggung jawab, dan Dia mau agar sdr pakai seluruh hidup sdr, sisa waktu yang Tuhan berikan untuk sdr persembahkan melayani Tuhan.

57 Semoga masing-masing kita selalu mengingat “Istri Lot,” dan sementara kita menantikan kedatangan Kristus yang kedua kali, tabiat kita mencerminkan tabiat Kristen yang sejati!

58 ADAPT it! Teaching Approach

59 Lagu Penutup: LS 184 “TUHAN PIMPIN SPANJANG JALAN”


Download ppt "Di Jemaat SLA/PTASN, Pematangsiantar Sabat, 04 September 2010 Khotbah oleh: Pdt. R. W. Sagala."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google