Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konfigurasi Dasar Swicth Kuliah Routing & swicth.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konfigurasi Dasar Swicth Kuliah Routing & swicth."— Transcript presentasi:

1 Konfigurasi Dasar Swicth Kuliah Routing & swicth

2 Pendahuluan  Cara melakukan konfigurasi (manajemen switch)  Management console, SNMP dan Commmand-line interface (CLI)  Konfigurasi basic dan advanced  Catalyst swicth manager dengan user interface berbasis web  Konfigurasi dasar dan monitor aktifitas swicth  Para produsen terkemuka peralatan network komputer, banyak yang sudah mengeluarkan switch yang manageable seperti D-Link, Cisco, 3Com, Compex dan lain-lain.  Namun yang memiliki sertifikasi untuk peralatannya dan menjadi standar dunia, adalah produk Cisco. Cisco Certified Network Profesional (CCNP), Cisco Certified Network Administrator (CCNA) dan lain-lain.

3 1. Cisco Switch Front side

4 Front Detail

5 Back Side Amati dengan seksama gambar di atas ; a. Disini kita menggunakan Cisco Switch 3500XL Series b. RJ-45 Console Port akan menjadi bagian penting dari proses konfigurasi switch. c. Port LED akan berubah dari warna orange ke warna hijau muda apabila koneksi berjalan baik,sebaliknya akan berwarna oranye terus bila ada masalah d. Masukkan Kabel dengan konektor RJ-45 pada posisi yang benar sesuai gambar.

6 2. Koneksi Cisco Switch  Agar dapat mengkonfigurasikan switch, terlebih dahulu kita harus menghubungkannya dengan PC atau LapTop sebagai terminal konfigurasi. Untuk itu kita membutuhkan kabel penghubung dengan jenis Rollover dan adapter RJ-45 to DB-9.

7 Kabel Rollover

8 Adapter RJ-45 to DB-9 (DB-9 = COM 9 Pin) Perhatikan gambar di bawah ini ; Koneksi antara Cisco Switch dengan PC/LapTop

9 3. Hyper Terminal  Setelah semua terkoneksi dengan benar, nyalakan komputer.  Jalankan program Hyper Terminal pada windows.

10 Langkah selanjutnya adalah membuat New Connection. Tentukan nama dan Icon yang akan kita gunakan.

11 Tentukan Port yang di gunakan sebagai inter koneksi dari Switch Cisco Catalyst ke PC kita… Misalnya mengunakan Com1.

12 Tentukan setting Port dari Com1 tersebut, seperti gambar di bawah ini.

13 Selanjutnya setelah PC kita konek ke Switch Cisco Catalyst, maka selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

14 Saat pertama kali Switch Cisco Catalyst kita konfigurasi, masih belum ada password, maka kita akan di minta untuk memberikan Password pada Cisco kita.

15 Kita juga dapat melakukan konfigurasi Security untuk Switch Cisco Catalyst lebih lanjut, seperti gambar dibawah ini…

16 Selanjutnya Switch Cisco Catalyst kita akan melakuka Refresh dan kita mengulang Login dari awal. Pilih “M” / Menu.

17 Setelah Login kita sukses, selanjutnya akan tampil menu utama seperti dibawah ini.

18 Menu Console Setting untuk melakukan konfigurasi Username dan Password Switch Cisco Catalyst kita.

19 Menu berikutnya adalah Menu System.

20 Menu System Configuration, untuk mengatur System dari Device Switch Cisco Catalyst kita, termasuk konfigurasi nama Switch, Kontak Name, Lokasi, dll.

21 Selanjutnya menu Network Configuration.

22 Di menu Network Configuration ini di antaranya kita melakukan pengaturan IP Address untuk Remote Access Switch Cisco Catalyst kita.

23 Masukkan IP Address, IP Gateway, Subnet Mask, IP DNS, Domain Name, Management VLAN, dll.

24 Setelah kita berikan IP Address, maka selanjutnya kita dapat melakukan akses melalu Telnet, WebBrowser, Cisco Network Assistant, dll.

25 Berikut ini adalah tampilan akses ke Switch Cisco Catalyst via Telnet.

26 Berikut adalah tampilan akses ke Switch Cisco Catalyst via Web Browser.

27 Berikut ini adalah konfigurasi lebih lanjut pada menu Port Configuration.

28 Diantaranya pengaturan Port aktif atau tidak, pengaturan Full Duplex atau tidak, dll

29 Full Duplex Configuration.

30  Kerjakan Konfigurasi dasar untuk masing-masing switch dengan:  - banner 'admin access only'  - hostname teknik0, dan teknik1, berturut turut untuk switch0 dan switch1.  - password secret untuk enable ccna3  - password console cisco  - password telnet cisco  - ip address untuk: - Default gateway:  - switch teknik0 vlan 1: /24  - switch teknik1 vlan 1: /24  - server : /24  - masing-masing PC: gunakan DHCP: ,  - konfigurasi pada server: DNS server  ip ums.ac.id:  - Uji koneksi menggunaka ping dari masing-masing device selamat mengerjakan

31   Paling lambat tgl 13 mei pukul  Subjec : tugasRS_NIM


Download ppt "Konfigurasi Dasar Swicth Kuliah Routing & swicth."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google