Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Assalamualaikum Wr wb Kelompok 1 : Abdul Malik Aziz Arif Budiyanto Aris Saefudin Deni Setiawan Eriyah Wati Eviyanti Kelompok 1 : Abdul Malik Aziz Arif.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Assalamualaikum Wr wb Kelompok 1 : Abdul Malik Aziz Arif Budiyanto Aris Saefudin Deni Setiawan Eriyah Wati Eviyanti Kelompok 1 : Abdul Malik Aziz Arif."— Transcript presentasi:

1 Assalamualaikum Wr wb Kelompok 1 : Abdul Malik Aziz Arif Budiyanto Aris Saefudin Deni Setiawan Eriyah Wati Eviyanti Kelompok 1 : Abdul Malik Aziz Arif Budiyanto Aris Saefudin Deni Setiawan Eriyah Wati Eviyanti

2 Teknologi Wimax  WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar BWA (Broadband Wireless Access) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas.Broadband Wireless Access  WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar.  Tekonologi WiMAX merupakan pengembangan dari teknologi WiFi yang didisain untuk kondisi non-LOS (non-Line Of Sight ).  WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar BWA (Broadband Wireless Access) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas.Broadband Wireless Access  WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar.  Tekonologi WiMAX merupakan pengembangan dari teknologi WiFi yang didisain untuk kondisi non-LOS (non-Line Of Sight ).

3 WiMAX Network WiMAX dirancang sebagai jaringan : –Intermediate berjangkauan 50 km (otomatis menggantikan fungsi WiFi jarak jauh 2 s.d 3 km yang banyak digunakan saat ini). –Bitrate maksimum 75 Mbps –Menggunakan basis pengalamatan generik IEEE MAC 48 bit •tidak menggunakan metoda akses LAN (Ethernet) •menggunakan format paket khusus yang mampu menampung lebih banyak PDU MAC WiMax WiFi

4 Siapa Perlu WiMAX ?

5 Standarisasi WiMax Teknologi WiMAX diimplementasikan sesuai standar IEEE , dimana standar ini merupakan pengembangan dari IEEE yang merupakan acuan standarisasi WiFi. Jadi dapat dikatakan bahwa teknologi WiMAX merupakan pengembangan dari teknologi WiFi. Standarisasi WiMax Teknologi WiMAX diimplementasikan sesuai standar IEEE , dimana standar ini merupakan pengembangan dari IEEE yang merupakan acuan standarisasi WiFi. Jadi dapat dikatakan bahwa teknologi WiMAX merupakan pengembangan dari teknologi WiFi.

6 IEEE Standard

7 Wimax Applications

8 IEEE dan IEEE Perbedaan Teknologi IEEE dan IEEE

9 Cara Kerja WiMAX  WiMAX bekerja dengan cara mentransmisikan data dari BTS ke terminal atau modem pelanggan dengan tingkat kualitas layanan (Quality of Service) tertentu yang dioptimalisasi secara dinamis.  Layanan WiMAX dapat digunakan oleh siapapun dan dapat digunakan di rumah, kantor, dan di mana pun selama berada di dalam area layanan BTS WiMAX.  Modem WiMAX dapat digabungkan dengan WiFi sehingga pelanggan dapat langsung menikmati segala keunggulan yang ditawarkan perangkat ini dalam waktu yang bersamaan.

10 BAGIAN WiMAX 1.WiMAX Base Station (menggunakan MAC layer) Base station WiMAX terdiri dari elektronik indoor dan tower WiMAX. Umumnya satu base-station menjangkau radius 6 mile. Setiap base station menjangkau daerah yang dinamakan cell, maksimal radius dari cell secara teori adalah 50 km (tergantung band frekuensi yang dipilih). 2.WiMAX Receiver WiMAX Receiver dapat terdiri dari antenna yang terpisah (bagian yang terpisah antara receiver electronic dan antenna) atau dapat berupa box sendiri (PCMCIA card dalam laptop).

11

12 Karakteristik WiMAX  Pada versi awal IEEE a bekerja di frekuensi 10 – 66 GHz, sehingga cocok digunakan untuk teknologi point to point.  Untuk versi IEEE ini dapat digunakan untuk hubungan non-Line Of Sight (NLOS).  Kompatibel dengan digital switch yang ada dengan optimal data rate per user antara 300 Kbps – 2 Mbps dan rangenya 5 – 8 km untuk maksimal throughput.  Untuk versi IEEE d, muncul teknologinya di bulan Oktober Tekniknya terjadi pemecahan kanal ke kanal – kanal terkecil menggunakan Op-Amp dan teknologi Amart Antenna. Digunakan untuk fixed access, yang meliputi BS maupun receiver yang merupakan CPE. BS berupa Proxim Tsunami MP.16 akan dipasarkan baik kepada operator telekomunikasi maupun kepada perusahaan pemakai.

13  Versi IEEE e dikeluarkan akhir tahun 2004 ini yang akan digunakan untuk mendukung mobilitas (Handover, roaming) pada system selular sampai 120 km/jam dan bekerja dalam NLOS. Digunakan untuk aplikasi mobile access.  Dikonfigurasikan untuk layanan di pedesaan sampai radius maksimal 50 km, atau layanan di daerah berpenduduk padat di perkotaan untuk jarak 1- 4 km, dengan data rate sampai 75 MB/s. Dapat dibayangkan dengan teknologi ini, peralatan wireless point-to-multipoint, broadband, none-line-of-sight (NLOS), last-mile access dan solusi backhaul yang memungkinakan melengkapi, memperluas, bahkan menggantikan infra struktur jaringan pakai kabel.  Sistem ini mendukung teknologi video streaming, VoIP telephony, tayangan diam maupun bergerak, , Web browsing, e-commerce, dan layanan berbasis lokasi.

14 Perangkat WiMAX -Base Station (BS) Merupakan perangkat transceiver (transmitter dan receiver) yang biasanya dipasang satu lokasi (colocated) dengan jaringan Internet Protocol (IP). Dari BS ini akan disambungkan ke beberapa CPE dengan media interface gelombang radio (RF) yang mengikuti standar WiMAX. -Antena Antena yang dipakai di BS dapat berupa sektor 60°, 90°, atau 120° tergantung dari area yang akan dilayani. -Subscriber Station (SS) Secara umum Subscriber Station (SS) atau (Customer Premises Equipment) CPE terdiri dari Outdoor Unit (ODU) dan Indoor Unit (IDU), perangkat radionya ada yang terpisah dan ada yang terintegrasi dengan antena. -Base Station (BS) Merupakan perangkat transceiver (transmitter dan receiver) yang biasanya dipasang satu lokasi (colocated) dengan jaringan Internet Protocol (IP). Dari BS ini akan disambungkan ke beberapa CPE dengan media interface gelombang radio (RF) yang mengikuti standar WiMAX. -Antena Antena yang dipakai di BS dapat berupa sektor 60°, 90°, atau 120° tergantung dari area yang akan dilayani. -Subscriber Station (SS) Secara umum Subscriber Station (SS) atau (Customer Premises Equipment) CPE terdiri dari Outdoor Unit (ODU) dan Indoor Unit (IDU), perangkat radionya ada yang terpisah dan ada yang terintegrasi dengan antena.

15 Keuntungan WiMAX Dibandingkan WIFI 1.Operator telekomunikasi dapat mengehemat investasi perangkat, karena kemampuan WiMAX dapat melayani pelanggannya dengan area yang lebih luas dan dengan kompabilitas yang lebih tinggi. 2.Pengguna akhir akan mendapatkan banyak pilihan dalam berinternet. WiMAX merupakan salah satu teknologi yang dapat memudahkan kita untuk koneksi dengan internet secara mudah dan berkualitas. 3.Dari segi coverage-nya saja yang mencapai 50 kilometer maksimal, WiMAX sudah memberikan kontribusi yang sangat besar bagi keberadaan wireless MAN. 4.Dapat melayani para subscriber, baik yang berada pada posisi Line Of Sight(LOS) maupun yang Non Line Of Sight (NLOS).

16 Daftar Pustaka   09/Teknologi-Jaringan-WiMAX1.ppt 09/Teknologi-Jaringan-WiMAX1.ppt   09/Teknologi-Jaringan-WiMAX1.ppt 09/Teknologi-Jaringan-WiMAX1.ppt

17 Walaikumsalam Wr Wb


Download ppt "Assalamualaikum Wr wb Kelompok 1 : Abdul Malik Aziz Arif Budiyanto Aris Saefudin Deni Setiawan Eriyah Wati Eviyanti Kelompok 1 : Abdul Malik Aziz Arif."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google