Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan/ Tatap muka Pokok Bahasan MateriTIKMetodeMedia & Referensi Tatap muka ke 1 Gambaran umum Perencanaan dan Perancangan Tapak Materi : Pengertian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan/ Tatap muka Pokok Bahasan MateriTIKMetodeMedia & Referensi Tatap muka ke 1 Gambaran umum Perencanaan dan Perancangan Tapak Materi : Pengertian."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan/ Tatap muka Pokok Bahasan MateriTIKMetodeMedia & Referensi Tatap muka ke 1 Gambaran umum Perencanaan dan Perancangan Tapak Materi : Pengertian Perencanaan dan Perancangan Tapak Mahasiswa akan dapat menjelaskan gambaran secara umum tentang Perencanaan dan Perancangan Tapak Dosen memberikan penje- lasan umum tentang : - Materi kuliah, prosedur tugas, evaluasi/penilaian dan mekanisme. - Tugas, pembagian kelompok tugas dan asistennya. - Tugas 1: Identifikasi Unsur Alami dan Unsur Buatan pada Tapak Terbangun. -Transparan sheet OHP - LCD - Teks book : > Site Planning, Kevin Lynch, > Site Planning Standards, De Chiara & Koppelman, 1978.

2 PERENCANAAN & PERANCANGAN TAPAK Pokok Bahasan : Gambaran umum Perencanaan dan Perancangan Tapak Materi : Pengertian Perencanaan dan Perancangan Tapak Teks book :  Site Planning, Kevin Lynch,  Site Planning Standards, De Chiara & Koppelman, Koppelman, 1978.

3 Pengertian Perencanaan dan Perancangan Tapak  Seni mengatur / menata lingkungan fisik luar (buatan & alamiah) untuk menunjang perilaku & aktivitas manusia (Lynch, Kevin, 1966)  Organisasi fisik luar di tata untuk menampung berbagai kegiatan manusia yang berkenaan dengan lokasi, sifat-sifat struktur, daratan tanah, aktivitas & kehidupan manusia  Lingkungan alamiah dipandang sebagai suatu sistem ekologi dari air, udara, energi, lahan, tumbuhan dan bentuk-bentuk kehidupan yang bekerjasama membentuk komunitas (dengan aktivitas manusia di dalamnya) yang senantiasa terus berkembang menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan.

4  Lingkungan alamiah dipandang sebagai suatu sistem ekologi dari air, udara, energi, lahan, tumbuhan dan bentuk-bentuk kehidupan yang bekerjasama membentuk komunitas (dengan aktivitas manusia di dalamnya) yang senantiasa terus berkembang menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan lingkungan  Lingkungan buatan terdiri dari bentuk-bentuk terbangun suatu kota, yang susunan fisik dan spasialnya bersama dengan pola perilaku ekonomi, politik & sosial mewujudkan lingkungan fisik.  Lingkungan alamiah & buatan satu sama lain saling tergantung dan saling mempengaruhi.

5  Perancangan tapak menempatkan arsitektur dan aktivitas manusia dalam ruang (3 dimensi) dan waktu yang tepat  Perencanaan tapak mengusulkan kebijaksanaan lingkungan bagi daerah yang luas dan skala waktu yang tak terbatas  Tapak alamiah atau buatan sampai tingkatan tertentu adalah unik (spesifik), yaitu merupakan jaring berbagai obyek dan aktivitas.  Lingkungan alamiah sangat penting peranannya pada tapak-tapak ex-urban, sementara aktivitas manusia harus ditampung tanpa merusak ekosistemnya.

6 Tujuan Perancangan Tapak  Tapak yang ada dan tujuan yang diperuntukkan bagi tapak merupakan dua titik tolak perancangan yang saling berhubungan secara timbal balik.  Tujuan tergantung pada keterbatasan tapak  Analisa tapak tergantung pada tujuannya  Sasaran / tujuan perancangan, biasanya merupakan campuran maksud-maksud yang terperinci secara jelas, terukur, dan lain dari pada yang lain, seperti : biaya & kapasitas, nilai

7 Unsur-unsur Perencanaan dan Perancangan Tapak  Lokasi tapak  Kondisi eksisting: -Topografi, Geologi. -Vegetasi, Utilitas -Hidrologi & Drainase, Iklim mikro, Views -Struktur eksisting/ Infrastruktur -Peraturan  User & Building

8 Unsur Alami  Unsur alami menghendaki pengamatan langsung dan pencatatan informasi-informasi: - Topografi dan peta kontur tanah, misal: tipe & daya dukung tanah, titik tinggi & titik rendah permukaan, punggung bukit, daerah-daerah miring dsb -Kumpulan air diam dan yang mengalir -Jenis & ukuran material lansekap : pepohonan, penutup tanah, tonjolan batu-batuan, tekstur muka tanah dsb

9 Unsur Buatan  Unsur Buatan menghendaki pengamatan, perekaman dan penilaian tentang : -Nilai & variasi bentuk-bentuk bangunan, dinding- dinding penahan & pagar, tempat-tempat penyimpanan, dsb -Ruang terbuka, halaman tempat bermain, patio, plaza, dsb -Jalan / sirkulasi lalu lintas kendaraan, pejalan kaki, dsb -Furnitures : tiang-tiang listrik, saluran gas, halte bus dsb


Download ppt "Pertemuan/ Tatap muka Pokok Bahasan MateriTIKMetodeMedia & Referensi Tatap muka ke 1 Gambaran umum Perencanaan dan Perancangan Tapak Materi : Pengertian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google