Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 9 (Lanjutan) Sejarah Perkembangan harddisk HDD dieprkenalkan pada tahun 1956 sebagai media penyimpanan data untuk komputer accounting IBM, pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 9 (Lanjutan) Sejarah Perkembangan harddisk HDD dieprkenalkan pada tahun 1956 sebagai media penyimpanan data untuk komputer accounting IBM, pada."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 9 (Lanjutan) Sejarah Perkembangan harddisk HDD dieprkenalkan pada tahun 1956 sebagai media penyimpanan data untuk komputer accounting IBM, pada dasarnya dikembangkan untuk komputer dengan keperluan umum. Pada tanggal 21, kegunaan HDD diperluas dan meliputi banyak kegunaan, seperti sebagai perekam Video digital, pemutar audio digital, personal Digital Assistant (PDA), kamera digital, dan video game. Dan saat ini HDD tidak hanya digunakan pada komputer, tetapi merambah ke dunia telepon seluler.

2 Teknologi Harddisk masa depan Harddisk dimasa mendatang salah satunya dititik beratkan pada kecepatan akses dan kapasitasnya. Hal ini dapat dilakukan dengan mereduksi komponen mekanis dari fisik harddisknya.Komponen mekanis yang tidak mampu bekerja pada frekuensi tinggi digeser dengan komponen yang bersifat elektris yang mampu bekerja dalam orde MHz bahkan GHz.

3 Jenis-jenis Harddisk 1). Harddisk IDE/ATA/PATA 2). Hard Disk SATA 3). Hard Disk SCSI

4 Komponen Hard Disk 1). Piringan logam (platter) Platter berfungsi sebagai temapat penyimpan data. Jumlah piringan ini beragam, mulai 1,2,3 atau lebih. Piringan ini diberi lapisan bahan magnetis yang sangat tipis (ketebalan dalam orde per sejuta inchi). 2). Head Head berupa kumparan. Head adalah komponen yang paling mahal dari harddisk dan karakteristik head sangat menentukan kinerja hard disk. Head terbuat dari bahan magnetis dengan bentuk seperti “C”.

5 3). Rangkaian Penguat Bagian dari rangkaian elektronik untuk pembacaan (read preamplifier) yang diperlukan karena signal yang diperoleh head dari piringan sangat mahal. 4). DSP (Digital Signal Processor) Bagian dari rangkaian elektronik untuk proses yang berhubungan dengan sinyal-sinyal digital seperti konversi sinyal listrik yang datang menjadi sinyal digital yang akan dituliskan ke piringan.

6 5). Chip memory Chip memori digunakan sebagai cache buffer 6). Konektor Konektor digunakan untuk melakukan komunikasi dengan CPU. 7). Spindle dan Actuator arm motor controller Berfungsi untuk mengontrol putaran piringan dan peletakkan head baca/tulis.

7 Kinerja Hard Disk 1). Kecepatan putar (RPM) Sudah dibahas pada sub sebelumnya. 2). Seek time Adalah jumlah waktu yang diperlukan oleh actuatur arm (lengan penggerak) untuk menggerakkan head baca/tulis dari satu track ke track lain.

8 3 ). Head swtich time Head switch time, yang dinyatakan dalam satuan ms, mempresentasikan berapa lama rata-rata waktu diperlukan untuk mengaktifkan suatu head setelah menggunakan head yang lain. 4). Cylinder switch time Cylinder switch time berlaku untuk pergerakan silinder.

9 5). Rotational Latency Setelah head digerakkan ke suatu track yang diminta, head akan menunggu piringan berputar sampai sektor yang akan dibaca berada tepat di bawah head. Waktu tunggu inilah disebut rotational Latency. 6). Data Access Time Waktu yang diperlukan untuk menggerakkan head dan menemukan sektor yang dimaksud.

10 Proses Baca Hardisk Proses baca tulis dilakukan olen lengan hd dengan media Fisik magnetik. Head harddisk melakukan konversi bits ke pulsa megnetik dan menyimpannya ke dalam platters, dan mengembalikan data jika proses pembacaan dilakukan Hard disk memiliki “Head platter” yang berfungsi untuk menyimpan medan magnet.

11 Mekanisme Kerja hard Disk Pada dasarnya cara kerja hard disk adalah dengan menggunakan teknik perekaman medan megnet. Cara kerja teknik magnet tersebut memanfaatkan Iron oxide (FeO) atau karat dari besi, Ferric oxide (Fe2O3) atau oxida lain dari besi.

12 Teknologi Interface Hard Disk 1). IDE (Integrated Drive Electronics) Merupakan standart konsumen untuk interface. Kalah jauh dengan SCSI, tapi jauh lebih murah. Interface IDE sekarang ini memiliki dua channel yang memungkinkan dua device tiap channel apakah itu HD, CDROM, atau storage lain.

13 2). ATA (AT Attachment) ATA dikembangkan oleh Western Digital and Compaq Corporation pada tahun Fitur utama yang dimilikinya adalah: - Dikembangkan dari ST-506 disk interface - Menggunakan rutin-rutin BIOS INT 13h untuk berinteraksi dengan drive - Mendukung two drives (master dan slave) 3). Mode PIO Mode PIO menentukan seberapa cepat data ditransfer dari dan ke hard disk. Dalam PIO yang paling rendah yaitu PIO 0, cycle time yang digunakan untuk transfer rate sekitar 600 nanosecond (ns).

14 E. Optical Disk Mulai tahun 1938 sistem penyimpanan data di optical disc mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Setelah itu mulai berkembanglah teknologi penyimpanan pada optical disc ini.

15 Proses Tulis dan Baca Informasi direkam secara digital sebagai lubang-lubang mikroskopik pada permukaan yang reflektif. Proses ini dilakukan dengan menggunakan laser yang berintensitas tinggi. Permukaan yang berlubang mikroskopik ini kemudian dilapisi oleh lapisan bening. Informasi dibaca dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang menyinari lapisan bening tersebut sementara motor memutar disk. Intensitas laser tersebut berubah setelah mengenai lubang-lubang tersebut kemudian terefleksikan dan dideteksi oleh fotosensor yang kemudian dikonversikan menjadi data digital.

16 Erasable Optical Disk Kemajuan terbaru dari optical disk ini adalah disk yang dapat ditulis ulang. Pada sistem ini, energi laser digunakan secara bersama-sama dengan prinsip medan magnet untuk menulis dan membaca informasi. Pada proses tulis, laser memanasi titik pada disk yang hendak diproses. Kemudian setelah itu medan magnet dapat mengubah arah medan titik tersebut sementara temperaturnya ditingkatkan.

17 Jenis-jenis Media Optik -Blu-ray Disc (BD): BD-R,BD-RE -Enhanced Versatile Disc (EVD) -Universal Media Disc (UMD) -GD-ROM -VCDHD -Laserdisc (LD) -Video Single Disc (VSD) -Five dimensional discs (5D DVD) -MiniDisc (MD) (Hi-MD)

18 Beberapa jenis Media Optik 1.Laser Disk (LD) atau Cakram laser Cakram laser (atau Laserdisc, dan disingkat LD) adalah sebuah piringan optikal yang digunakan untuk menyimpan video atau film, dan merupakan media penyimpan data pada cakram optik komersial pertama. 2.CD ( Compac Disk) Cakram Digital (bahasa Inggris: Compact Disc, disingkat CD), cakram padat, atau piringan cakram adalah sebuah piringan optikal yang digunakan untuk menyimpan data secara digital.

19 3.CD-ROM (Compact Disk Read Only Memory) CD-ROM (Compact Disk Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. 4.CD-R (Compact Disc-Recordable) CD-R adalah singkatan dari istilah bahasa Inggris Compact Disc-Recordable) merupakan jenis cakram padat yang dapat diisi dengan data.

20 5.CD-RW Compact Disk Rewritable disingkat CD-RW adalah CD-ROM yang dapat ditulisi kembali. CD-RW menggunakan media berukuran sama dengan CD-R. 6.Foto CD Foto CD adalah sebuah sistem yang dirancang oleh Kodak untuk mendigitalkan dan menyimpan foto dalam CD. 7.CD-Teks CD-Teks adalah atau dikenal juga dengan Red Book Compact Disc merupakan spesifikasi standar untuk CD audio.

21 8.DVD ( Digital Video Disc atau Digital Versatile Disc) DVD adalah sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. 9.DVD-R DL DVD + R DL (DL singkatan dari Double layer) juga disebut DVD + R9, adalah turunan dari format DVD + R diciptakan oleh DVD + RW Alliance.

22 10.DVD-RW DVD-RW adalah cakram optik yang dapat ditulis kembali dan memiliki kapasitas sama dengan DVD-R, biasanya 4,7 GB. 11.DVD+RW DVD + RW adalah format rewritable untuk DVD dan dapat menyimpan data sampai 4,7 GB.

23 12.DVD-RAM DVD RAM (DVD- Random Access Memory) adalah disk khusus yang diperkenalkan pada tahun 1996 oleh forum DVD yang di khususkan untuk media DVD-RAM RW dan DVD writer yang tepat. DVD RAM media telah digunakan dalam komputer serta camcorder dan perekam video pribadi sejak tahun Blu-ray Disk Cakram Blu-ray (Inggris: Blu-ray Disc disingkat BD) adalah sebuah format cakram optik yang digunakan untuk penyimpanan media digital termasuk video dengan kualitas tinggi.

24 14.BD-R dan BD-RE (Blu-ray Disc Recordable) Blu-ray Recordable (atau BD-R) adalah format Blue Ray Disk (BD) yang dapat direkan dengan perekam optik. BD-R disc ditulis satu kali, sedangkan BD-RE bisa dihapus dan direkam berulang kali. 15.Universal Media Disc Universal media Disc (UMD) adalah sebuah media cakram optik yang dikembangkan oleh Sony PlayStation Portable.


Download ppt "Pertemuan 9 (Lanjutan) Sejarah Perkembangan harddisk HDD dieprkenalkan pada tahun 1956 sebagai media penyimpanan data untuk komputer accounting IBM, pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google