Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

0 Pelatihan Badan Air Tentang Pembukuan Sederhana PEMBUKUAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "0 Pelatihan Badan Air Tentang Pembukuan Sederhana PEMBUKUAN."— Transcript presentasi:

1 0 Pelatihan Badan Air Tentang Pembukuan Sederhana PEMBUKUAN

2 1 Struktur Organisasi Badan Air  Gambaran Struktur Organisasi Sederhana Badan Air  Fungsi dan Peranan Masing-masing Anggota dalam Badan Air

3 2 Mengapa training ini menjadi penting???  Menjadi dasar bagi Badan Air untuk mempersiapkan penyajian laporan keuangan untuk internal Badan Air, dan pertanggungjawaban Badan Air ke masyarakat.  Dengan laporan keuangan diharapkan Badan Air dapat membuat perencanaan yang efektif, pengawasan dan pengambilan keputusan oleh management Badan Air atau Masyarakat.  Atau dengan kata lain, diharapkan dari finance training ini dapat meningkatkan kinerja Badan Air.

4 3 TUJUAN TRAINING  Memahami mengapa kita perlu tahu pentingnya menyusun laporan keuangan.  Diharapkan mampu menyusun laporan keuangan yang baik, lengkap dan valid.  Mengetahui Jadwal Penyusunan Pelaporan keuangan sehingga bisa tepat waktu.

5 4 Akuntansi Definisi Akuntansi dapat dirumuskan dari dua sudut pandang yaitu:  Definisi dari sudut pemakai, dan  Definisi dari sudut proses kegiatan.

6 5 Definisi dari sudut Pemakai “suatu disiplin yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi”

7 6 Definisi dari sudut proses kegiatan. “proses pencatatan, penggolongan, peringkasan, pelaporan, dan penganalisaan data keuangan suatu organisasi.”

8 7 Proses Akuntansi Laporan keuangan adalah hasil dari proses akuntansi. Dalam definisi di atas disebutkan bahwa akuntansi merupakan suatu proses yang meliputi:  Pencatatan  Penggolongan  Peringkasan  Pelaporan  Penganalisaan data keuangan dari suatu organisasi.

9 8 Proses Akuntansi Kegiatan pencatatan dan penggolongan adalah proses yang dilakukan secara rutin dan berulang-ulang setiap kali terjadi transaksi keuangan. Sedangkan kegiatan pelaporan dan penganalisisan biasanya hanya dilakukan pada waktu tertentu.

10 9 Pihak2 yang membutuhkan akuntansi: Kalangan Internal ( management Badan Air) Kalangan Eksternal (Masyarakat, ARC, Kreditur, Instansi Pemerintah, Organisasi lainnya)

11 10 Pembukuan Pemasukan dan Pengeluaran Semua kegiatan financial dan operasional harus dicatat secara manual di buku kredit/debit (pemasukan/pengeluaran) Dalam training ini kita akan menggunakan tabel sederhana yang sudah mencakup pencatatan pemasukan dan pengeluaran

12 11 Kredit dan Debit  Pemasukan/Kredit: Adalah jumlah uang yang berasal dari Tagihan khususnya, pembayaran oleh pengguna/beneficiaries; juga pendapatan lain termasuk didalamnya sumbangan atau hibah, atau pendapatan yang berasal dari kegiatan pengumpulan dana.  Pengeluaran/Debit: Adalah jumlah uang keluar untuk pembayaran, pembelian, pelayanan tekhnis (tukang pipa), biaya pengeluaran dan perawatan kantor (Sewa, Listrik, telpon, bahan-bahan, dll.)

13 12 Kwitansi: Kwitansi adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh Badan air untuk beberapa transaksi yang mana sistem dana pemasukan dalam perhitungannya ; contoh, ketika panitia menerima pembayaran iuran dari masyarakat. Dokumen ini harus dibagikan atau dicetak dan telah ditandatangani oleh orang yang mengumpulkan uang.

14 13 Proses Penerimaan Kas Setiap uang yang masuk ke rekening atau ke kas Badan air diakui sebagai pendapatan dan dicatat pada kolom Pemasukan/Uang Masuk

15 14 FAKTUR Faktur adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh supplier atau penjual untuk pembayaran produk dan bahan material, mengisi persyaratan informasi yang berhubungan dengan pembayaran/penjualan barang yang keluar. Pengeluaran ini harus didaftarkan dalam kolom pengeluaran/Uang keluar buku perhitungan.

16 15 Proses Penerimaan/Pengeluaran Uang  Pada saat menerima uang, sebagai contoh iuran dari masayarakat, Badan Air harus memberikan tanda bukti berupa kwitansi lengkap dengan stempel badan air, tanggal, tanda tangankedua belah pihak dan nomor kwitansi.  Demikian halnya pada saat mengeluarkan dana/uang dari kas, misalnya untuk pembelian pipa, jika toko yang bersangkutan tidak memberikan tanda terima, badan air yang bersangkutan harus menyediakan kwitansi lengkap dengan stempel dan lain-lain seperti tersebut diatas.

17 16 Kwitansi  Contoh Kwitansi  Bagian-bagian dari kwitansi yang harus diisi  Cara mengisi kwitansi

18 17 Stempel  Pentingnya stempel bagi Badan Air  Bagian-bagian pada stempel  Penomoran pada stempel  Cara pengisian dan penggunaannya

19 18 Penyimpanan Dana  Siapa yang berhak memegang dana kas?  Siapa yang berhak menarik uang di Bank?  Batas dana yang boleh dipegang/simpan oleh Bendahara Badan Air

20 19 Pembukuan  Tabel yang akan digunakan oleh Badan Air  Penjelasan dari tiap-tiap kolom pada tabel  Penjelasan singkat tentang cara pengisian tabel

21 20 Laporan Piutang  Tabel sederhana laporan piutang perbulan  Penjelasan singkat tentang cara penyusunannya

22 21 Laporan Keuangan  Pengertian laporan keuangan  Tujuan laporan keuangan  Tabel singkat tentang laporan keuangan  Penjelasan singkat tentang cara penyusunannya

23 22 Praktek  Contoh soal dan cara pengisian tabel pengeluaran/pemasukan, laporan iuran perbulan dan laporan keuangan


Download ppt "0 Pelatihan Badan Air Tentang Pembukuan Sederhana PEMBUKUAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google