Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kepadatan Populasi Manusia Hubungan Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan TujuanPembelajaran: 1. Menjelaskan faktor penyebab pertambahan penduduk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kepadatan Populasi Manusia Hubungan Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan TujuanPembelajaran: 1. Menjelaskan faktor penyebab pertambahan penduduk."— Transcript presentasi:

1

2 Kepadatan Populasi Manusia

3 Hubungan Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan TujuanPembelajaran: 1. Menjelaskan faktor penyebab pertambahan penduduk 2.Menjelaskan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih, udara bersih, kebutuhan pangan, dan ketersediaan lahan. 3.Menjelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan. 4.Menyebutkan usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk.

4 Kepadatan populasi manusia

5 Berdampak terhadap Sulit memperoleh air bersih

6 Pencemaran Udara

7 Pemukiman /rumah susun Sulitnya memperoleh pangan

8 Potret Gizi Buruk

9 Tugas Kelompok Diskusikan dengan teman sekelompokmu: 1. Kepadatan penduduk adalah……… 2.Faktor apa saja yang menyebabkan pertambahan penduduk disuatu daerah semakin meningkat ! 3.Jelaskan Hubungan tingkat populasi manusia dengan kebutuhan air bersih, udara bersih, pangan dan ketersediaan lahan. 4. Jelaskan pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan ! 5. Usaha – usaha apa yang dapat dilakukan untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk ! 6. Kesimpulan !

10 Kepadatan populasi penduduk pada dasarnya tergantung atas beberapa hal, yaitu : a.Natalitas(angka kelahiran) b.Mortalitas( angka kematian) c.Perpindahan penduduk(migrasi ) Kepadatan penduduk adalah : Sejumlah orang yang mendiami suatu tempat/daerah tertentu dalam kurun waktu tertentu.

11 Hubungan tingkat populasi manusia dengan kebutuhan air bersih, udara bersih, pangan, dan ketersediaan lahan. Peningkatan jumlah penduduk mendorong meningkatnya kebutuhan air dan udara bersih,dan disisi lain kemampuan alam untuk menyediakan air bersih terus menurun, sungai,danau,waduk,air tanah dan sumber air lainnya tercemar oleh aktifitas manusia akibatnya masyarakat susah mendapatkan air bersih. Begitu juga untuk memperoleh udara segar sudah semakin sulit,bertambahnya pemukiman penduduk,kawasan industri,serta alat transportasi yang menggunakan bahan bakar bensin dan solar dapat mencemari udara.sementara jumlah pepohonan semakin sedikit.

12 Meningkatnya populasi manusia beresiko meningkatnya pemenuhan lahan tempat tinggal, diberbagai daerah lahan-lahan produktif penghasil pangan terus menyempit dikarenakan lahan digunakan untuk berbagai kepentingan seperti pembangunan gedung perkantoran, perumahan, jalan, pabrik dll. Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, semakin banyak jumlah penduduk maka semakin banyak pula kebutuhannya,terutama kebutuhan pangan. Menurut Thomas Robert Malthus( ) populasi cendrung/lebih cepat meningkat dari pada persediaan makanan(pangan) yang sesuai dengan kebutuhannya.Beberapa negara di benua Afrika setiap tahun terjadi bencana kelaparan karena rendahnya produksi pangan karena tanahnya tandus.

13 Salah satu penyebab terjadinya kerusakan lingkungan adalah karena adanya peningkatan jumlah populasi penduduk. Dengan adanya peningkatan populasi penduduk, maka kebutuhan akan rumahpun semakin meningkat. Karena kekurangan lahan untuk membuat rumah, akhirnya dengan cara membuka hutan dan menebangi pohon untuk bahan baku pembuatan rumah tersebut. Kerusakan lingkungan dapat juga disebabkan oleh penebangan hutan secara liar, yang dampaknya dapat merugikan manusia seperti banjir, longsor,dan erosi, maka seharusnyalah kita wajib menjaga dan memelihara kelestarian hutan.

14 Usaha yang dapat dilakukan untuk mengendalikan lajunya pertumbuhan manusia adalah : • Menggalakkan dan memasyarakatkan program pemerintah yaitu program KB dan NKKBS dengan tujuan membatasi jumlah kelahiran. • Menunda usia perkawinan dengan tujuan menurunkan jumlah kelahiran • Penambahan lapangan pekerjaan. • Peningkatan taraf pendidikan • Pemerataan penyebaran penduduk.

15 Kesimpulan : Kecepatan pertumbuhan populasi penduduk bergantung kepada besarnya Natalitas, motalitas dan perpindahan penduduk. Peningkatan populasi penduduk yang sangat tinggi dapat memunculkan berbagai masalah, seperti kekurangan pangan, makin sempitnya lahan pertanian, sulitnya memperoleh air bersih dan udara bersih, dan menurunnya kesehatan masyarakat.

16


Download ppt "Kepadatan Populasi Manusia Hubungan Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan TujuanPembelajaran: 1. Menjelaskan faktor penyebab pertambahan penduduk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google