Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bila dua benda yang suhunya berbeda dicampur maka benda yang suhunya tinggi akan memberikan kalor, sedangkan benda yang suhunya rendah akan menerima kalor,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bila dua benda yang suhunya berbeda dicampur maka benda yang suhunya tinggi akan memberikan kalor, sedangkan benda yang suhunya rendah akan menerima kalor,"— Transcript presentasi:

1 Bila dua benda yang suhunya berbeda dicampur maka benda yang suhunya tinggi akan memberikan kalor, sedangkan benda yang suhunya rendah akan menerima kalor, sampai suatu saat suhu kedua benda sama. KALORMETER Untuk melakukan proses pengukuran kalor digunakan kalorimeter. Dalam proses ini berlaku hukum kekekalan energi Kalor yang diberikan/dilepas oleh benda yang suhunya tinggi, sama dengan kalor yang diserap/diterima oleh benda yang suhunya rendah. Prinsip ini dikenal dengan sebutan AZAZ BLACK.

2 Jadi Kalor yang dilepas = kalor yang diserap Q (lepas) = Q (serap) mAcAtAmAcAtA mBcBtBmBcBtB tCtC Tandon A berisi zat cair dengan massa mA, kalor jenis c A dan suhu t A.Tandon B berisi zat cair dengan massa mB, kalor jenis c B dan suhu t B diman suhu t A lebih besar dari suhu t B. Kedua zat cair dituang kedalam sebuah wadah sehingga suhu campuran kedua zat cair menjadi t C

3 Berdasarkan AzasBlack maka berlaku : Q(lepas) = Q (serap) Q A = Q B m A.c A.  t = m B. c B.  t m A.c A. (t A – t C ) = m B. c B. (t C – t B )) (t A – t C ) = perubahan suhu zat cair pada A (t C – t B ))= perubahan suhu zat cair pada B Latihan Enam ratus gram air bersuhu 80 o C dicampur denga dua ratus gram air bersuhu 60 o C. Jika kalor jenis air 1 kal/g o C, berapakah suhu campuran kedua air tersebut.


Download ppt "Bila dua benda yang suhunya berbeda dicampur maka benda yang suhunya tinggi akan memberikan kalor, sedangkan benda yang suhunya rendah akan menerima kalor,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google