Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

R EKAYASA P ERANGKAT L UNAK Dr. Ratna Wardani Prodi PTI Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "R EKAYASA P ERANGKAT L UNAK Dr. Ratna Wardani Prodi PTI Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta."— Transcript presentasi:

1 R EKAYASA P ERANGKAT L UNAK Dr. Ratna Wardani Prodi PTI Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

2 Pendidikan dan Latihan Profesi Guru

3 •Tentang Kurikulum 1 •Rekayasa Perangkat Lunak 2 •Tools Pengembangan 3 Materi

4 T ENTANG K URIKULUM

5 IEEE Computing Curricula 2005 •

6 Pembagian Domain Keilmuan •

7 Rekayasa Perangkat Lunak •

8 Kata Kunci •

9 Level SMK di bidang RPL •

10 Pemahaman yang salah tentang RPL •

11 Apa yang Dipelajari dalam RPL •

12 Kendala •

13 R EKAYASA P ERANGKAT L UNAK

14 Tahapan Proses RPL • Tahap umum: – Definisi: Apa yang akan dibangun • Analisis sistem • Perencanaan Proyek • Analisis Kebutuhan – Pengembangan: Bagaimana membangunnya • Desain perangkat lunak • Pemrograman / Coding • Pengujian perangkat lunak – Pemeliharaan: Bagaimana berdaptasi terhadap perubahan • Koreksi • Adaptasi • Peningatan

15 Analisis Sistem

16 • Elemen:

17 Analisis Sistem  Data Dictionary : deskripsi semua objek data dalam S/W  Entity Relationship Diagram : notasi pemodelan data yang menggambarkan hubungan antar objek data  Data Flow Diagram : model fungsional, dengan tujuan  menunjukkan transformasi data saat data bergerak melalui sistem  menunjukkan fungsi-fungsi yg mentransformasi aliran data  State Transition Diagram : model tingkah laku, yg menunjukkan transisi state/tingkah laku sistem akibat kejadian eksternal

18 Analisis Sistem

19 Pemodelan Data • ERD memungkinkan perekayasa S/W mengidentifikasi objek data dan hubungannya menggunakan notasi grafis (data yg dimasukkan, disimpan, ditransformasi dan dihasilkan suatu aplikasi) • ERD hanya berfokus pada data dan bersifat independen thd proses yg mentransformasikan data tersebut • Model data terdiri dari tiga informasi utama : – Objek data – Atribut – Hubungan

20 Objek Data • Objek data adalah representasi dari hampir semua informasi gabungan yg harus dipahami perangkat lunak • Objek data dapat berupa entitas eksternal, benda, event, unit organisasional, tempat atau suatu struktur • Deskripsi objek data menghubungkan objek data dg semua atributnya • Objek data dihubungkan satu sama lain berdasarkan konteks masalah yg dianalisis • Objek data hanya mengenkapsulasi data, tidak ada referensi pd sebuah objek data ke operasi yg bekerja pada data

21 Atribut • Atribut menentukan properti suatu objek data • Atribut digunakan untuk  menamai sebuah contoh dari objek data  Menggambarkan contoh  Membuat referensi ke contoh lain pada tabel yang lain • Contoh : objek data manusia, memiliki atribut : nama, alamat, umur, tinggi badan. • Rangkaian atribut yang sesuai untuk suatu objek data ditentukan melalui pemahaman konteks masalah

22 Hubungan • Objek data dihubungkan satu dan lainnya dengan berbagai cara • Contoh : Antara dua objek data buku dan toko buku dapat dibangun suatu hubungan berdasarkan konteks perangkat lunak yg akan dibangun (dg object-relationship pairs) : – toko buku memesan buku – toko buku menampilkan buku – toko buku menjual buku – toko buku mengembalikan buku

23 Kardinalitas • Kardinalitas merupakan spesifikasi dari sejumlah peristiwa dari satu objek yg dapat dihubungkan ke sejumlah peristiwa dari objek lain • Dua objek dapat dihubungkan sebagai : – Satu-ke-satu : suatu kejadian dari objek A dapat berhubungan dg satu dan hanya satu kejadian dari objek B dan sebaliknya – Satu-ke-banyak : satu kejadian dari objek A dapat berhubungan dg satu atau lebih kejadian dari objek B, tetapi satu kejadian dari objek B dapat berhubungan dg hanya satu kejadian dari objek B – Banyak-ke-banyak : sebuah kejadian dari objek A dapat berhubungan dg satu atau lebih kejadian dari objek B, dan satu kejadian dari objek B dapat berhubungan dg satu atau lebih kejadian dari objek A

24 Pemodelan Fungsional dan Aliran Informasi • DFD merupakan teknik grafis yang menggambarkan aliran informasi dan transformasi yang diaplikasikan pada saat data bergerak dari input menjadi output. • DFD memberikan suatu mekanisme bagi pemodelan fungsional dan pemodelan aliran data • DFD dapat menyajikan perangkat lunak pada setiap tingkat abstraksi, karena DFD dapat dipartisi ke dalam tingkat- tingkat yang merepresentasikan aliran informasi yang bertambah dan fungsi ideal.

25 Pemodelan Fungsional dan Aliran Informasi (Analisis Terstruktur) Kasir Pelangga n lingkup/konteks perangkat lunak sumber/tujuan data (entitas eksternal) Aplikasi Cash Register: 24 5 Data yang menjadi masukan PL 1.Menyerahkan barang 2.Mencatat data penjualan 3.Memberikan pembayaran 4.Mencatat data pembayaran 5.Mencetak struk 6.Menerima struk, barang, dan kembalian Data yang menjadi keluaran PL 1 3 6

26 Pemodelan Fungsional dan Aliran Informasi (Analisis Terstruktur) Aplikasi Cash Register Kasir penjualan pembayaran struk

27 Pemodelan Tingkah Laku • STD merepresentasikan tingkah laku sistem dengan menggambarkan keadaan dan kejadian yang menyebabkan sistem mengubah keadaan • Dalam STD, suatu aksi diambil sebagai akibat dari suatu kejadian khusus

28 Pemodelan Tingkah Laku

29 Model to Design

30  Data design  mengubah model informasi (entity relationship diagram dan data dictionary) menjadi struktur data  Architectural design  berisi hubungan antar elemen dalam program  Interface design  menjelaskan bagaimana komunikasi di dalam perangkat lunak, dengan sistem, dan dengan manusia yang menggunakannya.  Sebuah interface mengandung maksud sebuah aliran informasi.

31 Model to Design  Procedural design  mengubah elemen struktural dari arsitektur program menjadi deskripsi prosedural dari komponen perangkat lunak

32 Model to Design  Sebuah desain harus menunjukkan organisasi secara hirarkis  Sebuah desain harus bersifat modular; jadi, sebuah perangkat lunak seharusnya dapat dibagi-bagi secara lojik menjadi beberapa elemen yang melakukan fungsi atau subfungsi secara spesifik  Sebuah desain harus mengandung abstraksi data dan prosedural  Sebuah desain harus mengarah pada modul-modul (prosedur atau subrutin) yang menunjukkan karakteristik fungsional

33 Model to Design  Sebuah desain harus mengarah pada antarmuka yang mengurangi kompleksitas hubungan antar modul dan dengan lingkungan luar  Sebuah desain harus diturunkan menggunakan metode yang berulang yang diarahkan oleh informasi yang dihasilkan pada tahap analisis perangkat lunak

34 Model to Design  Proses desain tidak boleh mengalami “tunnel vision”  Desain harus dapat dilacak ke model analisis  Tidak melakukan desain pada hal yang sama berulang-ulang  Desain harus merepresentasikan masalah pada keadaan nyata  Desain harus memperlihatkan keseragaman dan integrasi

35 Model to Design  Desain harus terstruktur untuk mengatisipasi adanya perubahan  Desain bukan coding, coding bukan desain  Penilaian kualitas desain harus dilaksanakan pada saat desain tersebut dibuat  Desain harus di-review untuk meminimasi kesalahan konseptual

36 Konsep Desain  Abstraksi  Modularitas  Arsitektur software  Hirarki kontrol  Pembagian struktural  Data struktur  Software procedure  Penyembunyian informasi

37 Dokumentasi Desain I. Lingkup Sistem II. Desain Data III. Desain Architectural IV. Desain Antarmuka V. Desain Prosedural VI. Catatan Khusus VII. Appendix

38 Data Design  Mengubah objek data yang didefinisikan pada model analisis menjadi struktur data yang ada dalam perangkat lunak  Atribut yang dimiliki objek data, hubungan di antara objek data, dan penggunaannya dalam program, semuanya mempengaruhi pemilihan struktur data

39 Architectural Design  Menggunakan karakteristik aliran informasi dalam model analisis untuk menghasilkan struktur program  Sebuah data flow diagram dipetakan menjadi struktur program menggunakan dua pendekatan :  Transform mapping  Transaction mapping  Transform mapping : diterapkan untuk sebuah aliran data yang menunjukkan batas yang jelas antara data yang masuk dan yang keluar

40 Architectural Design  DFD dipetakan menjadi sebuah struktur yang mengalokasikan kontrol menjadi input, pemorsesan, dan output bersama dengan hirarki modul  Transaction mapping : diterapkan jika sebuah item informasi menyebabkan percabangan  DFD dipetakan menjadi sebuah struktur yang mengalokasikan kontrol menjadi sebuah substruktur yang mendapatkan dan mengevaluasi sebuah transaksi

41 Interface Design  Meliputi antarmuka program internal dan eksternal serta desain untuk antarmuka pengguna  Desain antarmuka internal dan eksternal diarahkan oleh informasi yang diperoleh dari model analisis

42 SADT

43 Pemodelan Fungsional dan Aliran Informasi (Analisis Terstruktur) Kasir Pelanggan lingkup/konteks perangkat lunak sumber/tujuan data (entitas eksternal) Aplikasi Cash Register: 24 5 Data yang menjadi masukan PL 1.Menyerahkan barang 2.Mencatat data penjualan 3.Memberikan pembayaran 4.Mencatat data pembayaran 5.Mencetak struk 6.Menerima struk, barang, dan kembalian Data yang menjadi keluaran PL 1 3 6

44 Pemodelan Fungsional dan Aliran Informasi (Analisis Terstruktur) Aplikasi Cash Register Kasir penjualan pembayaran struk

45 Pemodelan Fungsional dan Aliran Informasi (Analisis Terstruktur) • Merupakan pemerincian (break down) dari Diagram Konteks: level-1, 2, dst. • Proses-proses yang akan dibuat harus sesuai dengan deskripsi kebutuhan fungsionalnya. • Alur dan urutan proses mengikuti mekanisme proses pengolahan data yang nanti akan dilakukan oleh perangkat lunak.

46 Kasir Pelanggan Workflow Penjualan Barang 1. Menyerahkan barang 1 1. barang yang dibeli 1. Catat data penjualan 2 2. penjualan Entry Penjualan Barang X Kode Barang BRG-101 = kode_brg 3 3. Barang + nama_brg + harga + stok Nama Barang KERTAS A4 80 GR. Harga (Rp.) 27,500 Banyaknya2 Jumlah (Rp.) 55,000 + banyak Rekam 1. Baca kode barang 2. Cari dan tampilkan data barang 4. Hitung dan tampilkan jumlah 5. Rekam data penjualan ke basis data; update stok barang 4 4. Jual + banyak 3. Baca banyak barang Diagram Aliran Data (DAD) 1 Catat Data Penjualan penjualan Kasir Barang Jual Kamus Data Spesifikasi Proses Sketsa Tampilan Layar

47 47 Entry Penjualan Barang X Kode Barang BRG-101 Nama Barang KERTAS A4 80 GR. Harga (Rp.) 27,500 Banyaknya2 Jumlah (Rp.) 55,000 Rekam 1. Akhiri penjualan Pembayaran 1. Hitung dan tampilkan total Entry Pembayaran X Total (Rp.) 55,000 Jumlah Bayar 1. Memberikan pembayaran 5 5. uang 2. Catat data pembayaran; cetak struk 6 6. pembayaran 60,000 = jml_bayar 2. Baca jumlah bayar 3. Hitung dan tampilkan jumlah kembalian Kembali 5, Rekam data pem- bayaran ke basis data Cetak Struk 7 7. Bayar + tanggal + total 5. Cetak struk 8 8. struk = no_faktur + tanggal + {nama_brg + harga + banyak + jumlah} + total + bayar + kembali 2. Menerima struk, barang dan kembalian 9 9. struk, barang dan kembalian 2 Catat Data Pembayaran & Cetak Struk total pembayaran Bayar struk total = no_faktur + {kode_brg + nama_brg + harga + banyak} + total Workflow Pembayaran Kasir Pelanggan Diagram Aliran Data (DAD) 1 Catat Data Penjualan penjualan Kasir Barang Jual Kamus Data 3. Barang + nama_brg + harga + stok 1. barang yang dibeli 2. penjualan= kode_brg+ banyak 4. Jual + banyak Spesifikasi Proses Sketsa Tampilan Layar

48 Pemodelan Fungsional dan Aliran Informasi (Analisis Terstruktur)

49 Data Store 1. Barang + nama_brg + harga + stok 2. Bayar + tanggal + total 3. Jual + banyak Data Flow 1. pembayaran = jml_bayar 2. penjualan = kode_brg + banyak 3. struk = no_faktur + tanggal + {nama_brg + harga + banyak + jumlah} + total + bayar + kembali 4. total = no_faktur + {kode_brg + nama_brg + harga + banyak} + total

50 Pemodelan Fungsional dan Aliran Informasi (Analisis Terstruktur) Proses 1: Catat Data Penjualan 1. Baca kode barang 2. Cari dan tampilkan data barang 3. Baca banyak barang; Hitung dan tampilkan jumlah 4. Rekam data penjualan ke basis data; Update stok barang Proses 2: Catat Data Pembayaran & Cetak Struk 1. Hitung dan tampilkan total 2. Baca jumlah bayar; Hitung dan tampilkan jumlah kembalian 3. Rekam data pembayaran ke basis data 4. Cetak struk

51 Pemodelan Fungsional dan Aliran Informasi (Analisis Terstruktur)  Dari DFD yang sudah dibuat, identifikasi data yang akan diolah:  Data transaksi penjualan  Data transaksi pembayaran  Data barang  Tentukan data mana yang mewakili entitas:  Penjualan, pembayaran  event  Barang  things  Tentukan relasi antar entitas.

52 Pemodelan Fungsional dan Aliran Informasi ERD (versi Peter Chen) BARANG PENJUALAN PEMBAYARAN dijual-pddilunasi-dg 1 n1 1

53 Pemodelan Fungsional dan Aliran Informasi ERD (versi James Martin (Conceptual Data Model) BARANG PENJUALAN PEMBAYARAN dijual- pd dilunasi -dg

54 T OOLS P ENGEMBANGAN

55 Data Flow Diagram

56 Data Flow Diagrams Symbols Source/ Sink 0.0 Process DATA STORE Data Flow Lines DeMarco & Yourdon Logical Data Flow Diagrams – show the data flow, structure, and requirements of a new system Physical Data Flow Diagrams – show how the current system flows System Analysis and Design System – a group of interrelated procedures used for a business function, with an identifiable boundary, working together for some purpose. Analysis – separation of a whole into its component parts Design – to create, fashion, execute, or construct according to plan

57 Data Flow Diagrams Symbols Source/ Sink 0.0 Process DATA STORE Data Flow Lines DeMarco & Yourdon Source/Sink – help to establish the boundaries of the system. A source identifies the origin of data inflow to the system. A sink identifies the outflow of a system, many times as information. Sometimes referred to an entity, a source may be a customer, vendor, employee, or even another system. A single entity can be both a source and a sink.

58 Data Flow Diagrams Symbols Source/ Sink 0.0 Process DATA STORE Data Flow Lines DeMarco & Yourdon Processes – are the activities (manual and automated) that transform the inputs, transport data from process to process, stores the data, and produce the outputs of a system. Processes are used on every DFD starting with an over all process on the context level diagram, the system. The system is then decomposed until a primitive level is obtained. The primitive level is the point in which the relevant activities of a process are identified.

59 Data Flow Diagrams Symbols Source/ Sink 0.0 Process DATA STORE Data Flow Lines DeMarco & Yourdon Data Store – is the resting place of the data in a system. A data store can be in the form of paper, a disk file or any other media. Normally the word ‘data’ does not appear in the title of a data store. Some examples of data stores are Customer Order, Payment, Invoice, Time Card……

60 Data Flow Diagrams Symbols Source/ Sink 0.0 Process DATA STORE Data Flow Lines DeMarco & Yourdon Data Flow – is the data in motion. Data can move from the outside (source) into a process. Once the inside of a system data must flow from place to place through a process, the flow lines show this movement. The lines are labeled to provide clarity and meaning to the data moving through the system.

61 Data Flow Diagrams Levels Source/ Sink 0.0 Process DATA STORE Data Flow Lines DeMarco & Yourdon 0.0 Process Source/ Sink Data Flow 2.0 Process Data Flow Source/ Sink Data Flow 1.0 Process 3.0 Process Data Flow Context Level DFD Level 1 DFD

62 Data Flow Diagrams Levels Source/ Sink 0.0 Process DATA STORE Data Flow Lines DeMarco & Yourdon 1.2 Process 1.1 Process Data Flow DATA STORE Data Flow Level 2 DFD (and on) Source Sink

63 Data Flow Diagrams Levels

64 Creating Data Flow Diagrams Steps: 1.Create a list of activities 2.Construct Context Level DFD (identifies sources and sink) 3.Construct Level 1 DFD (identifies manageable sub process ) 4.Construct Level 2- n DFD (identifies actual data flows and data stores )

65 Creating Data Flow Diagrams Lemonade Stand Example

66 Creating Data Flow Diagrams Steps: 1.Create a list of activities 2.Construct Context Level DFD (identifies sources and sink) 3.Construct Level 1 DFD (identifies manageable sub processes ) 4.Construct Level 2- n DFD (identifies actual data flows and data stores ) Example The operations of a simple lemonade stand will be used to demonstrate the creation of dataflow diagrams.

67 Creating Data Flow Diagrams 1.Create a list of activities Example Think through the activities that take place at a lemonade stand. Customer Order Serve Product Collect Payment Produce Product Store Product

68 Creating Data Flow Diagrams Example Also think of the additional activities needed to support the basic activities. Customer Order Serve Product Collect Payment Produce Product Store Product Order Raw Materials Pay for Raw Materials Pay for Labor 1.Create a list of activities

69 Creating Data Flow Diagrams Example Group these activities in some logical fashion, possibly functional areas. Customer Order Serve Product Collect Payment Produce Product Store Product Order Raw Materials Pay for Raw Materials Pay for Labor 1.Create a list of activities

70 Creating Data Flow Diagrams 0.0 Lemonade System EMPLOYEECUSTOMER Pay Payment Order Context Level DFD Example Create a context level diagram identifying the sources and sinks (users). Customer Order Serve Product Collect Payment Produce Product Store Product Order Raw Materials Pay for Raw Materials Pay for Labor VENDOR Payment Purchase Order Production Schedule Received Goods Time Worked Sales Forecast 2.Construct Context Level DFD (identifies sources and sink) Product Served

71 Creating Data Flow Diagrams Level 1 DFD Example Create a level 1 diagram identifying the logical subsystems that may exist. Customer Order Serve Product Collect Payment Produce Product Store Product Order Raw Materials Pay for Raw Materials Pay for Labor 3.Construct Level 1 DFD (identifies manageable sub processes ) 2.0 Production EMPLOYEE Production Schedule 1.0 Sale 3.0 Procure- ment Sales Forecast Product Ordered CUSTOMER Pay Payment Customer Order VENDOR Payment Purchase Order Order Decisions Received Goods Time Worked Inventory Product Served 4.0 Payroll

72 Creating Data Flow Diagrams Level 2 DFD Example Create a level 2 decomposing the processes in level 0 and identifying data stores. 4.Construct Level 2- n DFD (identifies actual data flows and data stores ) 1.3 Produce Sales Forecast Sales Forecast Payment Customer Order Serve Product Collect Payment Produce Product Store Product Order Raw Materials Pay for Raw Materials Pay for Labor 1.1 Record Order Customer Order ORDER 1.2 Receive Payment PAYMENT Severed Order Request for Forecast CUSTOMER

73 Creating Data Flow Diagrams Level 2 DFD Example Create a level 2 decomposing the processes in level 0 and identifying data stores. 4.Construct Level 2 (continued) Customer Order Serve Product Collect Payment Produce Product Store Product Order Raw Materials Pay for Raw Materials Pay for Labor 2.1 Serve Product Product Order ORDER 2.2 Produce Product INVENTORTY Quantity Severed Production Schedule RAW MATERIALS 2.3 Store Product Quantity Produced & Location Stored Quantity Used Production Data

74 Creating Data Flow Diagrams Level 2 DFD Example Create a level 2 decomposing the processes in level 0 and identifying data stores. 4.Construct Level 2 (continued) Customer Order Serve Product Collect Payment Produce Product Store Product Order Raw Materials Pay for Raw Materials Pay for Labor 3.1 Produce Purchase Order Order Decision PURCHASE ORDER 3.2 Receive Items Received Goods RAW MATERIALS 3.3 Pay Vendor Quantity Received Quantity On-Hand RECEIVED ITEMS VENDOR Payment Approval Payment

75 Creating Data Flow Diagrams Level 2 DFD Example Create a level 2 decomposing the processes in level 0 and identifying data stores. 4.Construct Level 2 (continued) Time Worked Customer Order Serve Product Collect Payment Produce Product Store Product Order Raw Materials Pay for Raw Materials Pay for Labor 4.1 Record Time Worked TIME CARDS 4.2 Calculate Payroll Payroll Request EMPLOYEE 4.3 Pay Employe e Employee ID PAYROLL PAYMENTS Payment Approval Payment Unpaid time cards

76 Process Decomposition 4.1 Record Time Worked 4.2 Calculate Payroll 4.3 Pay Employe e 3.1 Produce Purchase Order 3.2 Receive Items 3.3 Pay Vendor 2.1 Serve Product 2.2 Produce Product 2.3 Store Product 1.1 Record Order 1.2 Receive Payment 2.0 Production 1.0 Sale 3.0 Procure- ment 4.0 Payroll 0.0 Lemonade System Level 1Level 2Context Level

77 Creating Data Flow Diagrams Lemonade Stand Example END


Download ppt "R EKAYASA P ERANGKAT L UNAK Dr. Ratna Wardani Prodi PTI Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google