Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Teknik pengumpulan data merupakan cara untuk memperoleh data penelitian  Jenis teknik pengumpulan data yang dapat digunakan yaitu: 1.Teknik tes, digunakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Teknik pengumpulan data merupakan cara untuk memperoleh data penelitian  Jenis teknik pengumpulan data yang dapat digunakan yaitu: 1.Teknik tes, digunakan."— Transcript presentasi:

1  Teknik pengumpulan data merupakan cara untuk memperoleh data penelitian  Jenis teknik pengumpulan data yang dapat digunakan yaitu: 1.Teknik tes, digunakan untuk memperoleh data tentang keterampilan, pengetahuan, intelegensi, kemampuan atau bakat. 2.Teknik angket, digunakan untuk memperoleh data dari responden tentang pribadinya. 3.Teknik wawancara, digunakan untuk memperoleh data dari terwawancara 4.Teknik observasi, yaitu kegiatan mengamati suatu menggunakan panca indra. Observasi dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu observasi non-sistematis atau observasi sistematis

2 5. Dokumentasi, yaitu kegiatan mengamati atau menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku-buku, majalah, dokumen, perauturan-peraturan, catatan harian, dsb. Metode dukumentasi dapat dilaksanakan dengan:  Pedoman dokumentasi, yang memuat garis-garis besar atau kategori yang akan dicari datanya  Check-list, yaitu daftar variabel yang akan dikumpulkan datanya.

3 NOMETODEINSTRUMEN PENGUMPUL DATA 1Tes TertulisSoal tes 2Tes LisanRambu-rambu pertanyaan 3AngketLembar angket 4WawancaraPedoman wawancara Check-list 5ObservasiLembar observasi 6DokumentasiCheck-list Metode penelitian adalah cara yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data Instrumen penelitian adalah alat atau fasilitas yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data agar pekerjaannya lebih mudah dan hsailnya lebih baik dalam arti lebih cermat, lengkap, dan sistematis sehingga mudah diolah.

4 Prosedur yang ditempuh dalam pengembangan instrumen yang baik adalah: 1.Perencanaan, meliputi: perumusan tujuan, menentukan variabel, dan kategorisasi variabel 2.Penulisan butir soal 3.Penyuntingan, yaitu melengkapi dengan pedoman mengerjakan, kunci jawaban dll yang perlu 4.Uji-coba instrumen 5.Penganalisaan hasil uji-coba 6.Mengadakan revisi terhadap item-item yang dirasa kurang baik berdasarkan hasil uji-coba.

5 Ada 2 macam tujuan ujicoba, yaitu: 1.Uji coba untuk tujuan manajerial dan subtansial Dalam hal ini, tujuan uji coba adalah :  Untuk mengetahui tingkat keterpahaman instrumen  Untuk mengetahui teknik paling efektif  Untuk memperkirakan waktu yang diperlukan responden  Untuk mengetahui apakah item-item pada instrumen sudah memadai dan cocok dengan keadaan di lapangan.

6 2.Uji coba untuk tujuan keandalan instrumen Dalam hal ini, tujuan uji coba adalah untuk keampuhan instrumen yang digunakan sehingga instrumen tersebut baik. Instrumen yang baik harus memenuhi dua persyaratan yaitu valid dan reliabel. Selain itu, untuk instrumen tes, perlu juga dianalisis tingkat kesukaran dan daya pembeda soal.


Download ppt " Teknik pengumpulan data merupakan cara untuk memperoleh data penelitian  Jenis teknik pengumpulan data yang dapat digunakan yaitu: 1.Teknik tes, digunakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google