Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

11 dan 12. PENGUMPULAN DATA A.ARTI PENGUMPULAN DATA Pengumpulan data: mengamati variabel yang akan diteliti dengan metode interviu, tes, observasi, kuesioner,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "11 dan 12. PENGUMPULAN DATA A.ARTI PENGUMPULAN DATA Pengumpulan data: mengamati variabel yang akan diteliti dengan metode interviu, tes, observasi, kuesioner,"— Transcript presentasi:

1 11 dan 12. PENGUMPULAN DATA A.ARTI PENGUMPULAN DATA Pengumpulan data: mengamati variabel yang akan diteliti dengan metode interviu, tes, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Data dapat dikumpulkan dengan berbagai macam cara, disusun dalam berbagai bentuk dan dari sumber yang berbeda. Data yang diungkapkan dalam penelitian dapat dibedakan menjadi 3 jenis: fakta, pendapat, dan kemampuan.

2 B.METODE PENGUMPULAN DATA: 1. TES:  pertanyaan-pertanyaan atau latihan serta alat lain yang digunakan untuk mengukur ketrampilan, pengetahuan, intelegensi, kemampuan / bakat yang dimiliki oleh individu atau kelompok. JENIS-JENIS: -Tes kepribadian -Tes bakat -Tes IQ -Tes minat -Tes prestasi -Tes proyeksi (metode tetesan tinta)

3 2. KUESIONER / ANGKET:  Sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden (tentang pribadi / hal-hal yang diketahui responden) JENIS-JENIS KUESIONER:  Ditinjau dari cara menjawab: 1.Kuesioner terbuka : menjawab dengan kalimat sendiri 2.Kuesioner tertutup: jawaban sudah tersedia  JAWABAN YANG DIBERIKAN: 1.Kuesioner langsung: tentang dirinya 2.Kuesioner tidak langsung: tentang orang lain

4  BENTUKNYA: 1.Pilihan berganda = kuesioner tertutup 2.Isian = kuesioner terbuka 3.Check list 4.Rating scale ANGKET ANONIM Kelebihan: responden bebas mengemukakan pendapat. Kekurangannya: a.Sukar ditelusuri bila ada data yang kurang. b.Tidak dapat melakukan analisis lanjutan (jika ingin memecahkan kelompok berdasarkan karakteristik yang diperlukan)

5 KELEMAHAN ANGKET:  Tidak teliti dalam menjawab pertanyaan (tidak diisi)  Kurang valid  Tidak jujur dalam menjawab  Jika dikirim lewat pos waktu pengembalian tidak bersamaan atau tidak kembali KELEBIHAN ANGKET:  Pertanyaan dapat dibuat terstandar  Dapat dibagikan secara serentak kepada banyak responden  Peneliti tidak harus hadir  Waktu menjawab dapat disesuaikan dengan waktu luang responden  Lebih efisien waktu, tenaga dan biaya

6 3. INTERVIU / WAWANCARA  Sebuah dialog yang dilakukan oleh pewawancara untuk memperoleh informasi dari terwawancara. Gunanya: untuk menilai keadaan seseorang. Wawancara dapat berbentuk terstruktur atau tidak terstruktur, yang dilakukan dengan langsung bertatap muka dengan responden / melalui koresponden / melalui sistem online. SECARA FISIK WAWANCARA DIBEDAKAN ATAS: a. TERSTRUKTUR: materi wawancara telah dipersiapkan secara sistematis, peneliti telah mengetahui informasi apa yang akan diperoleh dari responden.

7 BENTUK TERSTRUKTUR ADA 2: 1.TERTUTUP: pertanyaan telah disediakan alternatif jawaban. 2.TERBUKA: tidak disediakan jawabannya tergantung pada uraian responden saat diwawancarai. B.TIDAK TERSTRUKTUR: materi wawancara tidak dipersiapkan secara sistematis. WAWANCARA DITINJAU DARI PELAKSANAANNYA: 1.BEBAS: pewawancara bebas menanyakan apa saja tapi berhubungan dengan data yang akan dikumpulkan. Tidak membawa pedoman 2.TERPIMPIN = TERSTRUKTUR

8 3.BEBAS TERPIMPIN: pewawancara membawa pedoman yang hanya berisi garis besar tentang hal-hal yang akan ditanyakan. FACE TO FACE INTERVIEWS (Wawancara tatap muka/ wawancara langsung / direct interview) Pewawancara langsung berhadapan dengan responden. Kelebihan: 1.Dapat dibuat catatan serta memotivasi responden. 2.Pertanyaan dapat dijelaskan / menambah pertanyaan. 3.Jawaban non verbal (membaca bahasa tubuh). 4.Dapat menggunakan alat bantu visual untuk menjelaskan pertanyaan.

9 5. Dapat memperoleh informasi / data yang lebih lengkap dan jelas. 6. Dapat mempergunakan “Computer Assisted Personal Interview”. Jawaban dapat langsung dimasukkan dalam laptop. Kekurangan: 1.Meluangkan waktu pribadi. 2.Biaya mahal (bila responden di daerah yang luas, biaya pelatihan wawancara). 3.Pewawancara perlu dilatih (pendidikan dan pengalaman). 4.Subyektif. 5.Responden bisa menghentikan wawancara setiap saat.

10 TELEPHONE INTERVIEWS (Wawancara menggunakan telepon) Dilakukan untuk wawancara terstruktur. Kelebihannya: 1.Lebih murah dan cepat dibanding dengan wawancara tatap muka. 2.Dapat mencakup daerah geografik yang luas. 3.Dapat menghindari dan menutupi responden dari perasaan yang tidak menyenangkan (ditanya soal pribadi). 4.Dapat menggunakan Computer Assisted Telephone Interview. Kekurangan: 1.Jawaban non-verbal tidak dapat dibaca. 2.Waktu wawancara sangat singkat (alasan biaya).

11 3.Mengontak no. telf. yang tidak lagi digunakan / no. telf. Yang belum terdaftar di buku tidak bisa dihubungi. 4.OBSERVASI  Teknik pengumpulan data dengan cara mengamati dengan seksama terhadap fenomena yang sedang berlangsung. Pertimbangan memilih metode orbservasi: 1.Data berkenaan dengan suatu proses prilaku / aktivitas makhluk hidup dan fenomena alam. 2.Sampel atau populasi yang relatif kecil sehingga dapat dijangkau oleh peneliti Untuk mengamati kejadian yang kompleks dan terjadi serentak pengamatan sebaiknya menggunakan alat bantu : kamera, video tape, dll.

12 5. DOKUMENTASI  Peneliti menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku, majalah, dokumen, peraturan-peraturan.  Dokumen bisa juga berupa benda-benda peninggalan sejarah (prasasti, simbol- simbol).


Download ppt "11 dan 12. PENGUMPULAN DATA A.ARTI PENGUMPULAN DATA Pengumpulan data: mengamati variabel yang akan diteliti dengan metode interviu, tes, observasi, kuesioner,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google