Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 menurut Stewart and Cash (1988), “ Wawancara adalah bentuk paling umum dari komunikasi terencana yang memiliki maksud tertentu”.  Wawancara paling.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " menurut Stewart and Cash (1988), “ Wawancara adalah bentuk paling umum dari komunikasi terencana yang memiliki maksud tertentu”.  Wawancara paling."— Transcript presentasi:

1

2  menurut Stewart and Cash (1988), “ Wawancara adalah bentuk paling umum dari komunikasi terencana yang memiliki maksud tertentu”.  Wawancara paling umum dilakukan dalam suatu organisasi bisnis adalah wawancara pekerjaaan, wawancara survey, wawancara penilaian, wawancara penjualan, wawancara investigasi, dll.

3  Untuk mengumpulkan informasi produk handycam seperti apa yang diinginkan pasar pada saat ini  Penilaian; menilai bagaimana kinerja pegawai bagian tertentu apakah masih baik atau sudah menurun.  Pemecahan masalah ; menggali pendapat dan gambaran tentang suatu masalah sehingga dapat memecahkan masalah.  Counceling; membantu pemecahan masalah pribadi  Kedisiplinan; memulihkan kedisiplinan karyawan  Keluhan; membantu mengetahui keluhan klien mengenai produk dan berusaha mengatasinya., dll

4 1. Perencanaan Wawancara › Tentukan Tujuan › Pelajari topik yang berhubungan dengan tujuan › Seleksi sumber › Rencanakan pertanyaan (menentukan batasan pertanyaan dan membaginya dalam beberapa bagian) › Membuat kesan pertama yang baik › Mengakhiri wawancara (penutup) dengan ekspresi penghargaan anda atas waktu yang telah responden sediakan

5 2. Membuat Pertanyaan Pertanyaan merupakan hal mendasar pada sebagian besar wawancara, apakah pada saat anda memimpin survey, menyeleksi pegawai, melakukan penjualan atau mengumpulkan informasi untuk artikel surat kabar. Oleh karena itu, kemampuan menggunakan pertanyaan secara efektif merupakan kunci keterampilan komunikasi. 2. Membuat Pertanyaan Pertanyaan merupakan hal mendasar pada sebagian besar wawancara, apakah pada saat anda memimpin survey, menyeleksi pegawai, melakukan penjualan atau mengumpulkan informasi untuk artikel surat kabar. Oleh karena itu, kemampuan menggunakan pertanyaan secara efektif merupakan kunci keterampilan komunikasi.

6 a. Pertanyaan Terbuka  Pertanyaan terbuka contoh : Apa yg dapat anda ceritakan kepada saya tentang diri anda  Pertanyaan terbuka terarah contoh: Apa yg dapat anda ceritakan tentang pengalaman penjualan anda? a. Pertanyaan Terbuka  Pertanyaan terbuka contoh : Apa yg dapat anda ceritakan kepada saya tentang diri anda  Pertanyaan terbuka terarah contoh: Apa yg dapat anda ceritakan tentang pengalaman penjualan anda?

7 b. Pertanyaan Tertutup  Pertanyaan isian Contoh : Berapa banyak slot yg dimiliki personal computer CX 1000  Pilihan berganda  Pertanyaan bipolar (memilih diantara 2 jawaban b. Pertanyaan Tertutup  Pertanyaan isian Contoh : Berapa banyak slot yg dimiliki personal computer CX 1000  Pilihan berganda  Pertanyaan bipolar (memilih diantara 2 jawaban

8

9  Pertanyaan – pertanyaan yang diajukan pertanyaan tertutup yang mengarah pada satu tujuan tertentu.  Pewawancara membawa clipboard dan menanyakan sejumlah petanyaan tertutup pada pelanggan. Jawaban ditandai di atas kertas, lalu pewawancara beralih ke pelanggan lain.  Pertanyaan – pertanyaan yang diajukan pertanyaan tertutup yang mengarah pada satu tujuan tertentu.  Pewawancara membawa clipboard dan menanyakan sejumlah petanyaan tertutup pada pelanggan. Jawaban ditandai di atas kertas, lalu pewawancara beralih ke pelanggan lain.

10  Menggabungkan hal terbaik dari 2 jenis pertanyaan terbuka dan tertutup  Dimulai dengan pertanyaan terbuka, lalu terbuka terarah kemudian diakhiri dengan pertanyaan tertutup  Sehingga responden digiring untuk membicarakan masalah semakin khusus  Menggabungkan hal terbaik dari 2 jenis pertanyaan terbuka dan tertutup  Dimulai dengan pertanyaan terbuka, lalu terbuka terarah kemudian diakhiri dengan pertanyaan tertutup  Sehingga responden digiring untuk membicarakan masalah semakin khusus

11  Untuk setiap corong diakhiri dengan daftar pertanyaan dengan pertanyaan ringkas contoh : Pak Drake, adakah hal lain yang dapat bapak katakan tentang keuntungan sistem CX-1000 dalam suatu persaingan?  Untuk setiap corong diakhiri dengan daftar pertanyaan dengan pertanyaan ringkas contoh : Pak Drake, adakah hal lain yang dapat bapak katakan tentang keuntungan sistem CX-1000 dalam suatu persaingan?

12  Penggalian merupakan pertanyaan sekunder yang mencoba untuk memperoleh rincian lebih baik dari pertanyaan primer  Contoh : Menarik sekali! Dapatkah anda memberi tahu lebih banyak tentang hal itu?  Penggalian merupakan pertanyaan sekunder yang mencoba untuk memperoleh rincian lebih baik dari pertanyaan primer  Contoh : Menarik sekali! Dapatkah anda memberi tahu lebih banyak tentang hal itu?

13  Diawali pertanyaan tertutup kemudian penanya memperluas topik dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan terbuka dan membuka respon-respon yang lebih umum

14  Contoh: a. Bagaimana masalah yang anda hadapi dengan firewall? b. Apakah anda mempertimbangkan metode-metode lain untuk meningkatkan keamanan data-data perusahaan? c. Apakah yang anda pikirkan bisa membuat keamanan di sini lebih efektif? d. Umumnya bagaimana perasaan anda tentang keamanan data terhadap pentingnya akses internet?

15  Struktur ini harus dimulai dengan suatu cara khusus, kemudian menentukan hal- hal yang umum dan akhirnya mengarah pada kesimpulan yang sangat spesifik

16  Contoh: a. Apa sajakah lima jenis informasi yang dibawa layanan pengguna website secara gratis seperti yang anda gunakan b. Kegiatan promosional apa yang anda buat fiturnya di website untuk layanan ini? c. Apakah nilai-nilai penggunaan komputer bagi anda sebagai seorang webmaster? d. Apakah item yang mengejutkan berkaitan dengan perilaku pengguna akhir situs anda yang anda temui lewat layanan ini? e. Apakah “cookies” merupakan satu cara yang lebih baik untuk mengukur penggunaan tampilan situs?

17

18  Pertanyaan banyak arti: Tidakkah anda berpikir bahwa waktu yg terbuang untuk bermain-main komputer dapat dihabiskan dengan melakukan hal lain yang lebih baik? Kata bermain-main diabstraksikan tidak netral, sehingga menuntun responden untuk tidak bermain2

19  Pertanyaan penuntun: Apakah anda setuju bahwa Pontiac Grand Prix adalah mobil terbaik yang di buat di Amerika? Pertanyaan di atas tidak banyak arti, tapi jelas menuntun responden dalam menjawab.

20  Bagaimana anda menilai pontiac Grand Prix dibandingkan dengan mobil2 lain buatan Amerika. A) Paling unggul. B) diatas rata2 C) rata-rata D) dibawah rata2 E) rendah mutunya  Apakah anda setuju dengan pernyataan belajar menggunakan komputer itu membuang-buang waktu?

21 3. Pelaksanaan Wawancara  Mengenalkan diri terlebih dahulu  Menjelaskan tujuan wawancara  Menjelaskan peranan yang akan diberikan oleh orang yang akan diwawancarai.  Hilangkan kesan mengintrogasi  Pewawancara harus mendengarkan dengan teliti  Jagalah agar wawancara tetap santai  Jangan memotong omongan orang  Mintalah ide-ide tambahan yang belum diungkapkan  Di akhir wawancara, bacakanlah rangkuman dari hasil wawancara.  Ucapkanlah terima kasih

22 1. Buatlah perencanaan wawancara beserta pertanyaan-pertanyaanya. Pilihlah tema yang tepat dengan responden, staf, dosen, mhs dan pedagang sekitar. 2. Wawancara ke lapangan, buat laporan apa yang dihadapi dilapangan dan hambatannya!

23 Organisasi : Suatu Perusahaan Komputer untuk perkantoran. Tujuan : “Ingin mengetahui peralatan seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan multiguna diperkantoran sekarang” Sumber : orang-orang yang berkompeten di bidang komputer di perusahaan - perusahaan dan siap membantu Rencana pertanyaan :  Pekerjaan apa saja yang diharapkan dapat dikerjakan menggunakan komputer?  Kekurangan apa yang dirasakan dengan komputer yang sudah ada.  Komputer yang seperti apa yang menjadi harapan saudara?

24 Daftar pertanyaan : Pembukaan : “ Selamat siang, saya (sebut nama). Saya mewakili bagian penjualan PT..... Saya ingin meminta kesediaan anda untuk menyisihkan waktu sedikit untuk menjawab beberapa pertanyaan untuk mengetahui peralatan seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan multi guna diperkantoran sekarang”. Isi pertanyaan :  Apakah bapak mengenal personal komputer CX 1000?  Berapa besar slot yang dimiliki komputer tersebut ?  Dari produk perangkat lunak (software) berikut mana yang anda pilih: › program pengolah kata › paket desktop publishing › sistem pengolah dan teks terpadu  Apa pendapat anda tentang keistimewaan terbaik CX 1000?

25  Bagaimana anda menilai ketahanan uji drive hard disk CX 1000?  Dst


Download ppt " menurut Stewart and Cash (1988), “ Wawancara adalah bentuk paling umum dari komunikasi terencana yang memiliki maksud tertentu”.  Wawancara paling."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google