Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Etika dan Teknik Penulisan Liputan Investigasi Farid Gaban | Pena Indonesia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Etika dan Teknik Penulisan Liputan Investigasi Farid Gaban | Pena Indonesia."— Transcript presentasi:

1 Etika dan Teknik Penulisan Liputan Investigasi Farid Gaban | Pena Indonesia

2 Etika Investigasi  Sembilan Elemen Jurnalisme (Bill Kovach dan Tom Rosenstiel.  Tiga elemen pertama.

3 Kebenaran  Jurnalis memiliki tanggungjawab untuk mendapatkan semua fakta serta menyusunkan dalam sebuah konteks.

4 Publik?  Jurnalis harus memiliki "independensi yang penuh keterlibatan", menjadi "pengamat yang committed", dengan loyalitas utama pada publik.  Fokus dari liputan investigatif adalah "the abuses of power" (cultural, political, financial and policy), seperti pelanggaran hukum, conflicts of interest, dan hipokrisi.

5 Disiplin Verifikasi?  Jurnalis "menghargai fakta di atas segalanya" dan berupaya sungguh-sungguh untuk menggali fakta serta melakukan verifikasi.  Liputan investigasi memerlukan kerja keras, ketekunan, passion. Liputan ini juga memerlukan bisa besar dan waktu yang relatif lama. Hanya orang yang punya motivasi kuat bisa melakukan ini.

6 Menulis: Yang Tersulit  Tidak boleh memakai kata “KONON”.  Mengharamkan kata “KABARNYA”

7 Sumber Anonim  Perlu diingat, ketika menyepakati anonimisitas, kita mengambil-alih seluruh tanggungjawab dari pernyataannya. Termasuk kebenarannya dan implikasi hukumnya.

8 Fokus  Kita perlu fokus, pertama-tama dengan merumuskan angle yang tajam bahkan sebelum turun melakukan investigasi (dalam tahap perencanaan). Fokus hanya bisa dicapai jika kita bisa merumuskan angle atau hipotesis dalam satu kalimat sederhana.  Pemerintah berbohong dalam penyaluran subsidi BBM.  Akbar Tanjung dan Golkar memakai perusahaan fiktif untuk memproleh dana yang semula ditujukan buat orang miskin.  Perusahaan X menang tender Migas lewat kolusi.

9 Menyortir Bahan  Otentisitas  Kredibitas sumber

10 Bentuk Tulisan  Narasi (cerita, drama)  Eksposisi (urut-urutan logis)

11 Akurasi. Akurasi. Akurasi  Menguji akurasi


Download ppt "Etika dan Teknik Penulisan Liputan Investigasi Farid Gaban | Pena Indonesia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google