Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Suyanto, S.Sos., M,Sc.  feature adalah artikel yang kreatif, kadang kadang subyektif, yang terutama dimaksudkan untuk membuat senang dan memberi informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Suyanto, S.Sos., M,Sc.  feature adalah artikel yang kreatif, kadang kadang subyektif, yang terutama dimaksudkan untuk membuat senang dan memberi informasi."— Transcript presentasi:

1 Suyanto, S.Sos., M,Sc

2  feature adalah artikel yang kreatif, kadang kadang subyektif, yang terutama dimaksudkan untuk membuat senang dan memberi informasi kepada pembaca tentang suatu kejadian, keadaan atau aspek kehidupan (Wicaksono, 2007). Menurut Santana K. (2005: 11) kisah feature memang orisinal dan bersifat deskriptif. Bisa saja dalam sebuah feature dipenuhi dengan orisinalitas dan deskripsi penulis yang menghibur, dan sedikit informasi. Atau, penulisnya lebih banyak menginformasikan amatanya dengan sedikit menghibur. Tulisan feature yang bagus mengkombinasikan segala aspeknya dengan baik dan proporsional.

3  Feature adalah cerita khas kreatif yang berpijak pada jurnalistik sastra tentang suatu situasi, keadaan, atau aspek kehidupan, dengan tujuan untuk memberi informasi dan sekaligus menghibur khalayak media massa.  Feature adalah cerita atau karangan khas yang berpijak pada fakta dan data yang diperoleh melalui proses jurnalistik.

4  Kedudukan Feature Bagi surat kabar yang dikelola secara profesional, kedudukan feature sebagai salah satu bentuk karya jurnalistik sastra, tidak hanya untuk memenuhi aspek kesemestaan media massa semata. Feature sekaligus dapat meningkatkan citra media di mata khalayak.

5  Fungsi Feature Fungsi feature mencakup lima hal: a. Melengkapi sajian berita langsung (straight news). b. Pemberi informasi tentang suatu situasi, keadaan, atau peristiwa yang terjadi. c. Penghibur dan pengembangan imajinasi yang menyenangkan. d. Wahana pemberi nilai dan makna terhadap suatu keadaan atau peristiwa. e. Sarana ekspresi yang paling efektif dalam mempengaruhi khalayak.

6  Menurut Wolseley dan Campbell terdapat enam jenis feature: 1. Feature minat insani (human interest feature) 2. Feature sejarah (hystorical feature) 3. Feature biografi (biografical feature) 4. Feature perjalanan (travelogue feature) 5. Feature yang mengajarkan keahlian (how to do feature) 6. Feature ilmiah (scientific feature)

7  Fadler membagi jurnalisme baru ke dalam empat pengertian: 1. Advocacy Journalism Advocacy journalism atau jurnalisme advokasi adalah kegiatan jurnalistik yang berupaya menyuntikkan opini ke dalam berita. Diarahkan untuk membentuk opini publik. 2. Alternative Journalism Merupakan kegiatan jurnalistik yang menyangkut publikasi internal dan bersifat lebih personal.

8  3. Precision Journalism Precision Journalism atau jurnalisme presisi adalah kegiatan jurnalistik yang menekankan ketepatan (presisi) informasi dengan memakai pendekatan ilmu sosial dalam proses kerjanya. 4. Literacy Journalism Jurnalisme sastra membahas pemakaian gaya penulisan fiksi untuk kepentingan dramatisasi pelaporan dan membuat artikel menjadi memikat.

9  Penyusunan Adegan Dialog Sudut Pandang Orang Ketiga -

10  Susunan bangunan feature terdiri atas: judul, intro, perangkai, tubuh, dan penutup. Secara garis besar, susunan feature terbagi atas tiga kelompok besar: - pembukaan - penceritaan - penutup

11  Arti dan Contoh Topik Feature Dalam penulisan feature, topik sebaiknya dirumuskan dalam satu kalimat utuh. Syaratnya: kalimat itu tidak bersifat konklusif. Tidak menyimpulkan. Kalimat topik pada cerita feature hanya bersifat memaparkan atau menjelaskan.


Download ppt "Suyanto, S.Sos., M,Sc.  feature adalah artikel yang kreatif, kadang kadang subyektif, yang terutama dimaksudkan untuk membuat senang dan memberi informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google