Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Wacana/Tuturan Mata Kuliah Metode Penulisan Karya Ilmiah Maret 2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Wacana/Tuturan Mata Kuliah Metode Penulisan Karya Ilmiah Maret 2012."— Transcript presentasi:

1 Wacana/Tuturan Mata Kuliah Metode Penulisan Karya Ilmiah Maret 2012

2 Narasi Adalah karangan yang mengisahkan suatu peristiwa yang disusun secara kronologis (sistematika waktu) dengan tujuan memperluas pengalaman seseorang. Cerita/kisah yang disampaikan bisa fiktif/imajinatif atau nyata/faktual. Fiktif seperti: cerpen, novel hikayat dll. Faktual seperti: sejarah, biografi, otobiografi, cerita pengalaman.

3 Eksposisi Adalah karangan yang menjelaskan, menerangkan, memberitahukan, suatu peristiwa atau obyek dengan tujuan agar orang lain mengetahuinya. Disebut juga karangan bahasan, karena di dalamnya dibahas suatu peristiwa atau suatu obyek. Karangan eksposisi tidak mempunyai tujuan mempengaruhi orang lain.

4 Argumentasi Adalah karangan yang mengutarakan gagasan, pendapat atau ide dengan menyertakan alasan-alasan untuk meyakinkan orang lain terhadap gagasan, pendapat atau ide yang diungkapkan. Bertujuan untuk memahamkan adanya suatu pendapat dan membuat orang lain menerima pendapat yang diungkapkan. Tulisan-tulisan “opini” di media bisa dikategorikan ke dalam jenis karangan ini.

5 Deskripsi Adalah karangan yang melukiskan dan menggambarkan suatu peristiwa atau obyek hasil pengindraan dengan menyertakan bukti- bukti kuat sehingga pembaca seolah-olah terlibat di dalamnya secara langsung. Penggambaran dimaksud menggunakan kalimat-kalimat. Sementara bukti-bukti dimaksud antara lain: peta, gambar, angka, grafik dll.

6 Persuasi Adalah karangan yang mempengaruhi, mengajak, menganjurkan sesuatu pada orang lain untuk berbuat atau bertindak sesuai dengan yang diharapkan. Biasanya digunakan dalam pidato-pidato kampanye, khotbah, iklan dan sejenisnya.

7 Sekian…


Download ppt "Wacana/Tuturan Mata Kuliah Metode Penulisan Karya Ilmiah Maret 2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google