Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengertian Mengarang Mengarang adalah pekerjaan merangkai kata, kalimat, dan alinea untuk menjabarkan dan atau mengulas topik dan tema tertentu guna memperoleh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengertian Mengarang Mengarang adalah pekerjaan merangkai kata, kalimat, dan alinea untuk menjabarkan dan atau mengulas topik dan tema tertentu guna memperoleh."— Transcript presentasi:

1

2 Pengertian Mengarang Mengarang adalah pekerjaan merangkai kata, kalimat, dan alinea untuk menjabarkan dan atau mengulas topik dan tema tertentu guna memperoleh hasil akhir berupa karangan. Mengarang adalah “keseluruhan rangkaian kegiatan seseorang untuk mengungkapkan gagasan dan menyampaikannya melalui bahasa tulis kepada pembaca untuk dipahami” (Widyamartaya dan Sudiati, 1997:77).

3 Penggolongan Karangan Karangan Ilmiah; Karangan Semiilmiah; Karangan nonilmiah.

4 Gambar Posisi Karangan Karangan semiilmiah Karangan noilmiah Karangan ilmiah

5 lanjutan Menurut Finoza (2006:212) karangan ilmiah antara lain makalah, skripsi, tesis, disertasi; karangan semiilmiah antara lain artikel, editorial, opini, feature, tips, reportase; karangan nonilmiah adalah anekdot, dongeng, hikayat, cerpen, cerber, novel, roman, puisi, dan naskah drama.

6 Ciri karangan ilmiah dan semiilmiah 1. Karangan ilmiah harus merupakan pembahasan suatu hasil penelitian (faktual objektif) Faktual objektif berarti faktanya sesuai dengan objek yang diteliti; Kesesuaian ini harus dibuktikan dengan pengamatan atau empiris; Objektif, pengertian adanya sikap jujur dan tidak memihak; Kebenaran ilmiah harus dapat dibuktikan melalui eksperimen.

7 lanjutan 2. Tulisan ilmiah bersifat metodis dan sistematis, artinya dalam pembahasan masalah, digunakan metode atau cara tertentu dengan langkah- langkah yang teratur (sistematis). 3. Menggunakan laras ilmiah. Laras ilmiah harus baku, formal, dan lugas.

8 Ciri karangan nonilmiah Bersifat subjektif, seperti ilusi, imajinasi, atau emosi. Tidak terikat aturan baku

9 Penggolongan karangan Menurut Cara Penyajian dan Tujuan penyampaiannya 1. Deskripsi; 2. Narasi; 3. Eksposisi; 4. Argumentasi; dan 5. Persuasi.


Download ppt "Pengertian Mengarang Mengarang adalah pekerjaan merangkai kata, kalimat, dan alinea untuk menjabarkan dan atau mengulas topik dan tema tertentu guna memperoleh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google