Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KARYA ILMIAH  Karangan ilmiah  Karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurur metodologi penulisan yang baik dan benar.  Karya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KARYA ILMIAH  Karangan ilmiah  Karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurur metodologi penulisan yang baik dan benar.  Karya."— Transcript presentasi:

1 KARYA ILMIAH  Karangan ilmiah  Karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurur metodologi penulisan yang baik dan benar.  Karya ilmiah terbagi dalam karangan ilmiah dan laporan ilmiah

2 Karangan IImiah Salah satu jenis karangan yang berisi serangkaian hasil pemikiran yang diperoleh sesuai dengan sifat keilmuannya.

3 Syarat karangan ilmiah Penulisannya didasarkan hasil penelitian; Pembahasan masalahnya objektif sesuai dengan fakta; Karangan itu mengandung masalah yang sedang dicari pemecahannya; Baik dalam penyajian maupun dalam pemecahan masalah digunakan metode tertentu; Bahasanya harus lengkap, terperinci, teratur, dan cermat; Bahasa yang digunakan harus benar, jelas, ringkas,dan tepat—tidak ambigu.

4 Hal dan keterampilan yang harus diperhatikan oleh penulis Masalah yang diteliti; Metode penelitian; Teknik penulisan karangan ilmiah; Penguasaan bahasa yang baik.

5 Laporan Ilmiah Laporan suatu wahana penyampaian berita, informasi, pengetahuan, atau gagasan dari seseorang kepada orang lain baik tulis maupun lisan. Laporan ilmiah sejenis karangan ilmiah yang mengupas masalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang sengaja disusun untuk disampaikan kepada orang-orang tertentu dan dalam kesempatan tertentu.

6 Jenis karangan/laporan ilmiah berdasarkan tujuannya: Kertas kerja karangan/laporan yang disampaikan kepada kelompok tertentu dalam suatu pertemuan ilmiah atau untuk melengkapi tugas perkuliahan. Artikel karangan/laporan yang ditulis untuk pembaca tertentu; dimuat dalam majalah ilmiah.

7 Skripsi, tesis, dan disertasi karangan/laporan yang ditulis untuk memperoleh pengakuan tingkat kesarjanaan dalam suatu perguruan tinggi. Laporan tulisan hasil sebuah pengamatan atau kegiatan disebuah perusahaan/instansi yang nantinya digunakan untuk menentukan kebijakan selanjutnya

8 Fungsi laporan Membantu penerima laporan mengambil keputusan; Untuk mengetahui dan mengendalikan perkembangan sebuah perusahaan/instansi/kegiatan; Untuk mempersingkat jarak dan waktu; Sebagai “penyimpan” ilmu atau informasi; Sebagai wahana pemikiran yang inovatif dan kreatif; Sebagai media penilai si penulis laporan.

9


Download ppt "KARYA ILMIAH  Karangan ilmiah  Karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurur metodologi penulisan yang baik dan benar.  Karya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google