Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Macam-Macam Tulisan Ilmiah & Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Tulisan Ilmiah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Macam-Macam Tulisan Ilmiah & Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Tulisan Ilmiah."— Transcript presentasi:

1 Macam-Macam Tulisan Ilmiah & Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Tulisan Ilmiah

2 Macam-macam Tulisan/Karangan Ilmiah Definisi tulisan ilmiah  sebagai suatu karya tulis hasil kegiatan ilmiah yang berupa artikel/hasil penelitian atau berupa makalah yang disajikan pada forum pertemuan ilmiah Sifat Tulisan Ilmiah obyektif, jujur dan tepat. Artikel ilmiah  tulisan atau hasil karya seseorang dalam bentuk tulisan. Artikel bisa bersifat non fiksi maupun fiksi.

3 Artikel ilmiah adalah tulisan yang menyajikan data dan fakta yang sahih dan reliabel dalam lingkup ilmu pengetahuan tertentu serta ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar Jenis artikel ilmiah : laporan kasus (case report),referat (tinjauan pustaka) literature review buku (text book), proceedingsletter to editor laporan penelitian.

4 Macam-Macam Tulisan Ilmiah Forum Ilmiah Jurnal Ilmiah Skripsi Tesis Disertasi

5 Bahasa Indonesia Ilmiah Bahasa Indonesia dalam tulisan ilmiah mempunyai fungsi yang sangat penting Bahasa yang digunakan dalam tulisan ilmiah adalah bahasa Indonesia ilmiah.

6 Bahasa Tulis Ilmiah: merupakan perpaduan ragam bahasa tulis dan ragam bahasa ilmiah. CCCCiri Ragam Bahasa Tulis : 1. K osa kata yang digunakan dipilih secara cermat, 2. P embentukan kata dilakukan secara sempurna, 3. K alimat dibentuk dengan struktur yang lengkap, 4. P aragraf dikembangkan secara lengkap dan padu.  Ciri Ragam Bahasa Ilmiah : 1. Cendekia 2. Lugas 3. Jelas, 4. Formal & Obyektif 5. Konsisten 6. Bertolak dari Gagasan 7. Ringkas & Padat

7 Cendekia Contoh : Dalam menangani individu yang stres yang tidak tepat dapat membuat perilaku yang ingin dicapai akan sebaliknya. Atau Penangan stres yang tidak tepat dapat menimbulkan perilaku yang tidak diinginkan.

8 Lugas Contoh : Didalam berpikirnya, mahasiswa sangat konkret sehingga mahasiswa terlihat idealis. atau Cara berpikir mahasiswa adalah konkret dan idealis

9 Jelas Gagasan akan mudah dipahami apabila : 1. Dituangkan dalam bahasa yang jelas 2. Hubungan antara gagasan yang satu dengan yang lain juga jelas. Kalimat yang tidak jelas, umumnya akan muncul pada kalimat yang sangat panjang.

10 Kata Non Formal Kata Formal CewekKetimbangCumaBikinDipikirinGimanaMentari Formal :

11 Kata Ilmiah Teknis Kata Ilmiah Populer ModernAlibiArgumenInformasiSinopsisUrine

12 Obyektif Contoh : Mahasiswa baru wajib mengikuti program pengenalan program studi di fakultasnya masing-masing. Atau Mahasiswa baru mengikuti program pengenalan program studi di fakultasnya masing-masing.

13 Konsisten Unsur bahasa, tanda baca, dan istilah, sekali digunakan sesuai dengan kaidah maka untuk selanjutnya digunakan secara konsisten.

14 Bertolak dari Gagasan Bahasa ilmiah digunakan dengan orientasi gagasan. Pilihan kalimat yang lebih cocok adalah kalimat pasif, sehingga kalimat aktif dengan penulis sebagai pelaku perlu dihindari.

15 Ringkas dan Padat Ciri padat merujuk pada kandungan gagasan yang diungkapkan dengan unsur- unsur bahasa. Ciri padat merujuk pada kandungan gagasan yang diungkapkan dengan unsur- unsur bahasa. Karena itu, jika gagasan yang terungkap sudah memadai dengan unsur bahasa yang terbatas tanpa pemborosan, ciri kepadatan sudah terpenuhi. Karena itu, jika gagasan yang terungkap sudah memadai dengan unsur bahasa yang terbatas tanpa pemborosan, ciri kepadatan sudah terpenuhi.

16 Kesalahan Umum Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Tulisan Ilmiah Kesalahan pemakaian bahasa Indonesia dalam tulisan ilmiah pada umumnya berkaitan dengan 1) kesalahan penalaran, 2) kerancuan, 3) pemborosan, 4) ketidaklengkapan kalimat, 5) kesalahan kalimat pasif, 6) kesalahan ejaan, dan 7) kesalahan pengembangan paragraf.

17 Matur Suwun


Download ppt "Macam-Macam Tulisan Ilmiah & Penggunaan Bahasa Indonesia dalam Tulisan Ilmiah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google