Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kelompok 5 : Albertus Andrie Christian / 01 Hans Junian / 17 Juan Aditya / 23 Melisa Teresa / 32 Wacana Persuasif.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kelompok 5 : Albertus Andrie Christian / 01 Hans Junian / 17 Juan Aditya / 23 Melisa Teresa / 32 Wacana Persuasif."— Transcript presentasi:

1 Kelompok 5 : Albertus Andrie Christian / 01 Hans Junian / 17 Juan Aditya / 23 Melisa Teresa / 32 Wacana Persuasif

2 Apa arti wacana? Wacana adalah rentetan kalimat yang berkaitan yang menghubungkan proposisi ( pernyataan yang memiliki nilai benar-salah ) yang satu dengan proposisi yang lain sehingga membentuk kesatuan.

3 Wacana persuasif Wacana persuasif adalah suatu jenis karangan, yang memiliki tujuan, sasaran memengaruhi dan mengajak pembaca untuk melak- ukan sesuatu.

4 Ciri-ciri wacana persuasif Dapat menimbulkan kepercayaan pada pembaca/pendengarnya. Menghindari konflik antar pembaca atau sesama pembaca, dengan tujuan agar kepercayaan tidak menghilang Terdapat fakta dan data-data otentik yang secukupnya demi menunjang ajakan. Terdapat tindakan motorik sebagai reaksi dari pembaca sesuai anjuran penulis

5 Bagaimana penulis dapat memengaruhi pembaca Penulis dapat memengaruhi sang pembaca dengan cara memberikan alasan, contoh serta bukti yang cukup kuat dan meyakinkan, sehingga pembaca mau dan bersedia melakukan ajakan yang bersifat positif demi kepentingan bersama. Dapat disimpulkan, fungsi utama dari wacana atau paragraf persuasif ini adalah untuk membujuk atau meyakinkan pembaca untuk meyakini, mengikuti, atau bahkan melakukan gagasan Anda yang dituangkan dalam tulisan.

6 Kerangka Wacana Persuasif Topik Gagasan pokok Gagasan pendukung

7 Hal-Hal yang Seharusnya Ada Dalam Wacana Persuasi : Topik paragraf Hanya ada satu topik Gagasan utama Merupakan ide pokok paragraf yang akan dijabarkan dalam ide-ide pendukung Gagasan pendukung Merupakan jabaran gagasan utama paragraf, yang sangat menentukan berhasil atau tidaknya paragraf persuasi. Pola pengembangan paragraf oDikembangkan dengan berbagai pola paragraf, seperti deduktif-induktif, dan campuran.

8 Syarat-syarat agar wacana persuasi bisa disebut wacana yang baik : 1. Mampu menggiring pembaca untuk meyakini atau bahkan melakukan hal-hal yang dikemukakan penulis dalam paragrafnya. 2. Hanya mengandung satu topik per paragraf.

9 Macam-Macam Bentuk Wacana Persuasif Bentuk pidato Misalnya propaganda, kampanye lisan Bentuk tulisan Misalnya iklan dan selebaran. Bentuk elektronik Misalnya iklan di TV, bioskop, dan internet


Download ppt "Kelompok 5 : Albertus Andrie Christian / 01 Hans Junian / 17 Juan Aditya / 23 Melisa Teresa / 32 Wacana Persuasif."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google