Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Paragraf Deduktif dan Induktif  Kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf  Kalimat yang mengandung gagasan penjelasan pada paragraf  Perbedaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Paragraf Deduktif dan Induktif  Kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf  Kalimat yang mengandung gagasan penjelasan pada paragraf  Perbedaan."— Transcript presentasi:

1

2 Paragraf Deduktif dan Induktif  Kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf  Kalimat yang mengandung gagasan penjelasan pada paragraf  Perbedaan paragraf deduktif dan paragraf induktif

3 Kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf  Gagasan Utama adalah merupakan pokok pikiran yang akan dibicarakan pada sebuah paragraf, sehingga pembaca tahu persoalan apa yang ingin disampaikan oleh si penulis  Gagasan utama sering di tuliskan diawal paragraf dan diakhir paragraf, namun gagasan utama juga sering dituliskan secara sekaligus diawal dan diakhir paragraf yang disebut paragraf campuran  Contoh :  Aceh Tamiang adalah salah satu kabupaten pemekaran di Propinsi Aceh, dalam perkembangannya kabupaten yang satu ini banyak mengalami kendala, baik dari infrastruktur pembangunan daerah maupun perekonomian masyarakat, itu semua bisa terjadi disebabkan SDM para pejabat dan masyarakat yang masih rendah, padahal kalau dilihat dari SDA cukup memadai.  Dari paragraf diatas dapat kita beri kesimpulan bahwa, pada kalimat “ Aceh Tamiang adalah salah satu kabupaten pemekaran di Propinsi Aceh.” merupakan kalimat utamanya, kemudian kalimat selanjutnya merupakan penjelas yang menjelaskan tentang permasalahan yang berkaitan dengan kalimat utama.

4 Kalimat yang mengandung gagasan penjelas paragraf  Sebelum dilaksanakan pengamanan lingkungan siskamling, Kompleks Pertamina Tanjung Seumantoh tidak aman. Hampir setiap malam terjadi pencurian. Kadang – kadang pencuri mendongkel pintu. Dengan diberlakukannya siskamling keamanan lebih terjamin.  Paragraf diatas mengemukakan gagasan tentang situasi keamanan di suatu kompleks perumahan. Dimulai dengan mengemukakan seringnya terjadi pencurian sebelum ada siskamling dan diakhiri dengan keadaan aman setelah siskamling.  Dengan demikian, paragraf di atas diawali dengan kalimat – kalimat penjelas dan diakhiri dengan kaliamat utama.

5 Perbedaan paragraf deduktif dan paragraf induktif  Paragraf deduktif adalah paragraf yang dikembangkan dengan meletakkan kalimat utamanya diawal paragraf dan diakhiri dengan kalimat penjelas.  Paragraf Induktif adalah paragraf yang dikembangkan dengan meletakkan kalimat penjelas nya diawal paragraf dan diakhiri dengan kalimat utama.


Download ppt "Paragraf Deduktif dan Induktif  Kalimat yang mengandung gagasan utama pada paragraf  Kalimat yang mengandung gagasan penjelasan pada paragraf  Perbedaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google