Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALENIA/PARAGRAF MARGARETA ANDRIANI, M.PD.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALENIA/PARAGRAF MARGARETA ANDRIANI, M.PD."— Transcript presentasi:

1 ALENIA/PARAGRAF MARGARETA ANDRIANI, M.PD.

2 1. PENGERTIAN Alinea atau paragraf adalah satuan bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat. Beberapa kalimat yang digabungkan harus memiliki: a.kesatuan pikiran (kohesi). Sebuah alinea dikatakan mempunyai kesatuan jika seluruh kalimat dalam alinea hanya membicarakan satu ide pokok, satu topik/masalah

3 Contoh kesatuan pikiran Pekerjan Clinton sehari-hari adalah Presiden Amerika. Jabatan ini diperolehnya melalui perjuangan. Clinton termasuk Presiden Amerika yang populer.

4 b.Kepaduan (koherensi). Koherensi alinea akan terwujud jika aliran kalimat berjalan mulus dan lancar serta logis untuk itu cara repetisi, jasa kata ganti dan kata sambung, serta frasa penghubung dapat dimanfaatkan untuk memadukan alinea.

5 Contoh paragraf yang padu Faktur adalah tanda bukti penjualan barang. Faktur ada yang digabungkan dengan kuitansi dan faktur ini disebut faktur berkuitansi. Faktur berkuitansi cocok dipakai untuk penjualan tunai. Faktur yang kedua adalah faktur tanpa kuitansi. Faktur tanpa kuitansi dapat dipakai baik untuk penjualan tunai dan kredit.

6 2. Struktur Alenia Berdasarkan fungsinya kalimat pembentuk alenia dibedakan jadi dua macam, yaitu. a. Kalimat topik kalimat yang berisi ide pokok atau ide utama. Kalimat ini harus ada dalam setiap alenia.

7 Ciri-ciri kalimat topik. 1.Mengandung permasalahan yang potensial untuk dirinci dan diuraikan lebih lanjut, 2.Merupakan kalimat lengkap yang dapat berdiri sendiri, 3.Mempunyai arti yang cukup jelas tanpa harus dihubungkan dengan kalimat lain. 4.Dapat dibentuk tanpa bantuan kata sambung atau penghubung.

8 b. kalimat penjelas. Kalimat yang menjadi pendukung ide utama. Menjelaskan ide pokok. Ciri-ciri 1.Sering merupakan kalimat yang tidak dapat berdiri sendiri, 2.Arti kalimat ini kadang-kadang baru jelas setelah dihubungkan dengan kalimat lain dalam satu alinea,

9 3.Pembentukannya sering memerlukan bantuan kata sambung dan frasa transisi. 4.Isinya berupa rincian, keterangan, contoh, dan data tambahan lain yang bersifat mendukung kalimat topik.

10 Contoh Paragraf Sampah yang setiap hari kita buang sebenarnya bisa disederhanakan menjadi dua macam, yaitu sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik adalah sampah yang mudah membusuk, seperti sisa makanan dan daun-daunan yang umumnya basah. Sampah anorganik adalah sampah yang sulit atau yang tidak bisa membusuk umpamanya plastik, kaca, logam, kain, dan karet.

11 3. Jenis-Jenis Paragraf A.Menurut Posisi Kalimat Topiknya - Alenia Deduktif Alenia yang ide pokoknya ada di awal paragraf. - Alenia Induktif Alenia yang ide pokoknya ada di akhir - Alenia Deduktif Induktif (campuran) Ide pokok ada di awal dan di akhir. - Alenia Penuh Kalimat Topik Semua ide pokok (paragraf deskriptif)

12 B. Menurut Sifat Isinya 1. Alenia persuasif bersifat mempromosikan sesuatu dengan cara mempengaruhi pembaca. 2.Alenia Argumentatif Membahas suatu masalah dengan bukti-bukti atau alasan pendukung

13 3. Alenia Naratif Bersifat menuturkan peristiwa atau keadaan dalam bentuk berita. 4.Alenia Deskriptif Bersifat melukiskan atau menggambarkan sesuatu dengan bahasa. 5. Alenia Ekspositoris Bersifat memaparkan suatu fakta atau keadia tertentu.


Download ppt "ALENIA/PARAGRAF MARGARETA ANDRIANI, M.PD."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google