Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WACANA. PENGERTIAN WACANA Wacana merupakan kesatuan makna antarbagian di dalam suatu bangun bahasa. Wacana terikat oleh konteks. Jenis-jenis wacana.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WACANA. PENGERTIAN WACANA Wacana merupakan kesatuan makna antarbagian di dalam suatu bangun bahasa. Wacana terikat oleh konteks. Jenis-jenis wacana."— Transcript presentasi:

1 WACANA

2 PENGERTIAN WACANA Wacana merupakan kesatuan makna antarbagian di dalam suatu bangun bahasa. Wacana terikat oleh konteks. Jenis-jenis wacana

3 JENIS-JENIS WACANA Berdasarkan fungsi bahasa, wacana dibedakan atas: 1.Wacana ekspresif, suatu wacana yang bersumber pada gagasan penutur atau penulis sebagai sarana ekspresi (wacana pidato). 2. Wacana Fatis, suatu wacana yang bersumber pada saluran untuk memperlancar komunikasi. 3.Wacana informasional, wacana yang bersumber pada pesan atau informasi, contohnya wacana berita dalam media massa 4.Wacana estetik, wacana yang bersumber pada pesan dengan tekanan keindahan pesan, contohnya wacana puisi dan lagu. 5.Wacana direktif, wacana yang diarahkan pada tindakan aau reaksi dari mitra tutur atau pembaca

4 Berdasarkan saluran komunikasi, wacana dibedakan atas: 1.wacana lisan dan 2.wacana tulis. Berdasarkan tanggapan mitra tutur atau pembaca, wacana dibedakan atas: 1.wacana transaksional (adanya pemenuhan oleh mitra tutur/pembaca atas harapan atau keinginan dari penutur/penulis) dan 2.wacana interaksional (adanya tanggapan timbal balik antara penutur dan mitra tutur.

5 Berdasarkan pemaparan, wacana dibedakan atas: 1.Wacana naratif, adanya peristiwa, alur,tokoh 2.Wacana deskriptif, detail suatu hal 3.Wacana ekspositoris, paparan informasi 4.Wacana argumentatif, adanya argumen yang kuat dengan didukung oleh bukti 5.Wacana persuasif, adanya bujukan 6.Wacana hortatoris, kuatnya amanat yang dikandung 7.Wacana prosedural, adanya proses, langkah, tahap.

6 STRUKTUR WACANA ADANYA BERITA KEPADUAN WACANA (KOHESI DAN KOHERENSI).

7


Download ppt "WACANA. PENGERTIAN WACANA Wacana merupakan kesatuan makna antarbagian di dalam suatu bangun bahasa. Wacana terikat oleh konteks. Jenis-jenis wacana."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google